-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Panduan Penilaian Kinerja & Panduan Tes Tertulis ini mungkin berguna bagi Bapak/Ibu guru dalam membuat format penilaian untuk siswa di kelas. Silahkan unduh panduannya di link bagian akhir tulisan ini.


Penilaian di kelas bertujuan untuk mengumpulkan informasi (mengumpulkan, mengolah, menginterpretasikan, dan memanfaatkan) tentang berkaitan dengan perkembangan dan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kurikulum yang menjadi target pembelajaran. 

Pelaksanaan penilaian ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai bentuk penilaian sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang akan diukur ketercapaiannya.


Pelaksanaan penilaian aspek pengetahuan dapat dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur. Tes tertulis dilakukan dengan berbagai bentuk antara lain uraian, isian singkat, dan pilihan ganda.


Bentuk penilaian di kelas yang telah dikenal, antara lain tes tertulis, tes lisan, dan penilaian kinerja. Penilaian kinerja merupakan salah satu bentuk penilaian yang perlu ditingkatkan penggunaannya di kelas.


Buku ini disusun secara praktis sebagai salah satu panduan bagi pendidik dalam melakukan penilaian kinerja maupun penilaian tes tertulis.


Baca juga : Buku Evaluasi pembelajaran dan Buku asesmen Diaknosis Kognitif


Buku ini merupakan pengembangan dari buku yang pernah diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Pada buku ini disajikan contoh-contoh soal atau tugas untuk penilaian kinerja. Contoh-contoh tersebut diharapkan memberi wawasan, inspirasi kepada pendidik bagaimana penilaian kinerja bermanfaat tidak hanya untuk menilai kompetensi yang sesuai tetapi juga dapat mendorong berpikir tingkat tinggi.


Buku ini berisi panduan bagi pendidik dalam melakukan penilaian tertulis sehingga pendidik dapat lebih mudah melaksanakan proses penilaian dan dapat lebih memfokuskan bentuk tes yang lebih otentik dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti bentuk tes uraian.


Sebagai bahan referensi, jika Anda berkenan silahkan download Panduan Penilaian Kinerja & Panduan Tes Tertulis.

Click to comment