-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Buku Evaluasi Pembelajaran Dengan Pedekatan Kurikulum 2013 : Berhasil atau tidaknya pendidikan dalam mencapai tujuannya dapat dilihat setelah dilakukan evaluasi terhadap out put atau lulusan yang dihasilkannya. Jika output lulusan, hasilnya sesuai dengan apa yang telah digariskan dalam tujuan pendidikan, maka usaha pendidikan itu dapat dinilai berhasil, tetapi jika sebaliknya, maka ia dinilai gagal.

Evaluasi Pembelajaran Dengan Pedekatan Kurikulum 2013


Pendidikan memiliki peran sangat penting dalam pembangunan bangsa, kiranya tidak ada yang meragukan. Namun tentu harus difahami, pendidikan yang mampu mendukung pembangunan adalah pendidikan yang bermutu, yaitu pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik, sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang dihadapinya.


Konsep pendidikan seperti itu terasa semakin penting ketika seseorang harus memasuki dunia kerja dan kehidupan di masyarakat, karena yang bersangkutan harus mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk menghadapi probiema yang dihadapi dalam kehidupan seharihari.

Melalui pendidikan kecakapan/keterampilan hidup, kita ingin menyempurnakan pendidikan di Indonesia, sehingga mampu mengembangkan potensi peserta didik demi perannya sebagai pribadi yang mandiri, sebagai anggota masyarakat dan warga negara, sebagai bagian dari lingkungan dan tentu saja sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa.


Baca juga : Buku Saku Asesmen Diagosis Kognitif Berkala Kondisi Siswa


Pendidikan keterampilan termasuk didalam salah satu mata pelajaran yang diajaran disekolah dari tingkat dasar sampai tingkat menengah atas. Bila kita lihat maksud dan tujuan pendidikan keterampilan mebentuk para siswa mempunyai suatu keahlian, yang tujuan akhirnya dapat dipergunakan untuk kehidupan dirinya kelak dikemudian hari.


Tapi tidak bisa kita pungkiri untuk saat ini pendidikan keterampilan kurang dikembangkan didunia pendidikan kita secara maksimal. Pihak pendidikan banyak berorentasi anak didiknya untuk mencapai nilai-nilai tertinggi didalam mata pelajaran tertentu yang diujikan secara nasional, padahal secara konsep dasar dunia pendidikan adalah pencapaian kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor.


Buku ini disajikan sangat sederhana dan mudah untuk difahami. Buku ini sangat berguna dan dapat membantu para pembaca dalam mendalami pengetahuanya tentang pendidikan keterampilan hidup, yang diawali dari perlunya basic life skill, kemudian berturut-turut membahas konsep prinsisp dasar keterampilan hidup, pengenalan didiri, pencarian peluang, penetapan cita-cita, focus sasaran, mengurai rencana sampai detit, menyusun proses pencapaian tujuan, penyusunan peta hidup, pengelolaan waktu, perluasan wawasan dari pikiran/pengalaman orang laian.


Pada bagian akhir buku ini, dilengkapi dengan beberapa model pengembangan pendidikan keterampilan serta dilengkapi pula dengan pentingnya pengembangan potensi akademik dan non akademik secara seimbang di era global. (pengantar)


Click to comment