-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, tahun 2020 akan menjadi tahun terakhir pelaksanaan ujian nasional (UN). UN pada tahun 2021 akan diganti dengan Asesmen (Penilaian) Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter.


Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.


Langkah Mendikbud ini ternyata didukung alam semesta (mestakung) dengan adanya pandemi Covid-19. Pandemi tersebut membuat UN 2020 pun ditiadakan. Setahun lebih awal dari rencana Mas Menteri.


Tantangan bagi seorang guru boleh dibilang tidak lebih ringan. Menyiapkan siswa menghadapi UN berat, untuk menghadapi AKM juga tidak ringan. Ini termasuk belum terbiasanya kita dalam hal literasi, numerik, dan tentunya karakter.


Seorang di tempat yang baru dikunjungi, seperti bandara, terminal, atau stasiun atau mal, biasanya memilih untuk bertanya kepada security atau pengunjung lain untuk mengetahui letak toilet. Kebanyakan dari kita lebih suka bertanya, dibanding membaca petunjuk arah yang banyak tersebar dan bisa menuntun kita ke toilet. Ini hanya contoh kecil saja, rendahnya literasi yang kita miliki, dengan kata lain kita bangsa yang enggan membaca.


Apa Itu Asesmen?

Asesmen merupakan kegiatan untuk mengungkapkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Banyak yang mencampuradukkan pengertian antara evaluasi (evaluation), penilaian (assessment), pengukuran (measurement), dan tes (test), padahal keempatnya memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda.


Evaluasi adalah kegiatan mengidentifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakan telah tercapai atau belum, berharga atau tidak, dan dapat pula untuk melihat tingkat efisiensi pelaksanaannya. Evaluasi berhubungan dengan keputusan nilai (value judgement).


Penilaian (assessment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) siswa. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang siswa.


Pengukuran (measurement) adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi numerik dari suatu tingkatan dimana seorang siswa telah mencapai karakteristik tertentu. Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif dan nilai kuantitatif. Pengukuran berhubungan dengan proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut.


Tes adalah cara penilaian yang dirancang dan dilaksanakan kepada siswa pada waktu dan tempat tertentu serta dalam kondisi yang memenuhi syarat-syarat tertentu yang jelas. Hubungan antara berbagai istilah tersebut adalah sebagai berikut

Latihan Membuat Asesmen Kompetensi Minimal (AKM)

Bagaimana Menyusun Soal AKM?

Soal AKM yang disusun ini berdasarkan materi pelajaran dan berusaha untuk memasukkan unsur literasi, numerik dan karakter. Soal dapat dilihat di https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSezQNGPL-IRO4XNqdhF5Jsi-ndhM7tzvxu1TI_vcL7FSSsRUw/viewform


Sebelum memberikan soal, tentunya juga disiapkan materi. Materi disediakan dalam bentuk PDF. Dalam materi tersebut berisi peta, data kasus Covid-19, dan materi mengenai Covid-19.


Soal dan materi ini berkaitan dengan pemetaan dan Covid-19. Dalam situasi seperti sekarang ini, kita tidak bisa hanya mengajarkan dan melakukan asesmen mengenai materi pelajaran dalam bentuk kompetensi dasar saja. Perlu usaha kontekstual untuk mengkaitkan dengan  kasus yang sekarang menjadi tantangan buat siswa dan masayarakat. Ini mungkin juga bisa dimanfaatkan sebagai dasar membuat AKM yang berisi tes literasi, numerik, serta karakter. (source pembinaan pengawas)


1. https://ainamulyana.blogspot.com/2019/12/contoh-soal-asesmen-kompetensi-minimal.html
2. https://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/laporan/contoh-soal
3. https://www.jalurppg.id/2020/02/contoh-latihan-soal-tes-akm-asesmen.html
4.http://bakingupforlosttime.blogspot.com/2020/04/contoh-soal-akm-guru-smp.html

Click to comment