-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Cek IJOP Sekolah/Madrasah
author photo
By On
Cara Cek IJOP Sekolah/Madrasah

Cara cek masa berlaku ijin perpanjangan operasional sekolah SMA Swasta atau Madrasah (IJOP). Perlu update data SK Operasional Sekolah/Madrasah!.


Bagi operator sekolah atau madrasah ketika di minta data untuk pendataan IJOP Maka harus melihat dokumen fisik IJOP karena terkait memasukkan data masa berlakunya. Tentu, Anda harus meminta dokumen fisik ke kepala sekolah. Namun hal ini bisa Anda lakukan tanpa meminta langsung ke kepala sekolah.


Untuk melihat masa berlaku ijin perpanjangan operasional sekolah/madrasah secara online sekaligus mengunduh dokumen fisik IJOP, Anda bisa melakukan langkah di bawah ini:


1. Silahkan akses laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id


2. Silahkan klik pada menu "Data Master Pendidikan" kemudian pilih sub menu "Perijinan".


3. Untuk lebih cepatnya pencarian. Silahkan masukkan "Nama Satuan Pendidikan / NPSN" pada kolom "Pencarian Data". Tekan enter maka akan muncul data referensi satuan penddikan sekolah/madrasah Anda.


4. Selanjutnya pilih menu "Dokumen dan Perijinan".


5. Silahkan unduh "File SK Operasional" dengan meng-klik tautan.


Pada menu "Dokumen dan Perijinan" akan di tampilkan secara lengkap data IJOP dan data Akreditasi sekolah. Ini artinya bahwa operator sekolah/madrasah sudah pernah melakukan verval SP.


Sebaliknya, jika data yang di tampilkan tidak ada dan muncul keterangan "Perlu Update" maka pihak sekolah/madrasah perlu melakukan update SK Operasional melalui laman verval SP https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id


Perlu diperhatikan untuk update SK Operasional di butuhkan dokumen SK IJOP yang terbaru masa berlakunya.


Oleh karena itu, Ijin Operasional (IJOP) yang masa berlakunya sudah habis maka harus melakukan perpanjangan Ijin Operasional.


Pengajuan perpanjangan Izin Operasional Pendirian Sekolah Swasta di naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan silahkan akses laman dinas pemprov wilayah masing-masing. 


Untuk pengajuan perpanjangan Izin Operasional Pendirian RA dan Madrasah Swasta Kementerian Agama Republik Indonesia silahkan akses laman https://ijopmadrasah.kemenag.go.id/


Demikian Cara Cek masa berlaku IJOP Sekolah/Madrasah secara online.

Click to comment