Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Apa penyebab rombel tidak terbaca di info GTK sehingga guru terbaca tidak mengajar? Masalah ini penyebabnya bukan dari kasus rombelnya. Rombel memliki validasi yang paten jadi Anda tidak bisa melakukan sinkronisasi jika rombel masih invalid. Rombel yang sudah divalidasi dan berhasil disinkronisasi maka bisa dilihat pada laman info GTK.
Rombel Tidak Terbaca di Info GTK
Guru tidak terbaca mengajar karena guru tersebut tidak mengampu mata pelajaran artinya bahwa data PTK tersebut tidak diinputkan pada tabel entri data pembelajaran di rombel utama (reguler) maupun rombel teori, dalam hal ini meskipun guru tersebut tercatat dalam aplikasi Dapodik.

GTK yang tidak memiliki jam mengajar pada rombongan belajar baik reguler maupun teori masih bisa dilakukan sinkronisasi aplikasi dapodik karena status validasinya hanya warning bukan invalid.

Sebelum mengisi data pembelajaran tentunya kita harus menambahkan data rombongan belajar terlebih dahulu. Pembuatan rombongan belajar ini berlaku bagi semua jenjang. Penginputan data rombongan belajar dilakukan selambat-lambatnya setiap semester atau jika ada pembaruan.

Setiap rombongan belajar yang dibentuk wajib memiliki anggota rombel. Pada Aplikasi Dapodikdasmen setiap jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB memiliki aturan pengisian jumlah anggota rombel yang sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku dalam Permendikbud.

Setelah rombel dibuat dan sudah memiliki anggota rombel (siswa) selanjutnya adalah entri data pembelajaran. Pembelajaran mencatat pembagian tugas mengajar guru pada setiap kelas. Pemetaan guru pada menu pembelajaran disesuaikan dengan SK pembagian beban jam mengajar yang telah diatur dan disepakati di sekolah.

Selanjutnya adalah pengisian jadwal. Pengisian jadwal memiliki keterkaitan dengan isian pada menu prasarana, rombongan belajar dan pembelajaran. Sehingga pengisian menu jadwal sangat bergantung dari isian yang sudah diinputkan dari ketiga menu tersebut.

Jika Anda sudah melakukan alur diatas dengan benar maka saharusnya GTK sudah terbaca mengajar di Info GTK. Jika Anda lihat sementara rincian pemebelajaran di Info GTK tidak ditampilkan secara otomatis alasannya untuk meringankan beban server. Untuk melihat status rombel maka cukup menekan tombol tampilkan rombel.

Jika kasusnya berbeda silahkan komentar dibawah.

Click to comment