-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Memindahkan aplikasi RKAS ke PC/Laptop yang lain akan lebih baik dari pada harus menginstall ulang aplikasi RKAS yang baru. Kenapa? Jika Anda menginstall ulang aplikasi RKAS maka Anda akan dimeminta registrasi ulang dan memasukkan kode aktivasi lagi dari dinas setempat.
Cara Pindah Aplikasi RKAS Ke PC/Laptop Lain Tanpa Registrasi Ulang
Untuk memindahkan aplikasi RKAS sekolah dari suatu PC/Laptop ke PC/Laptop yang lain, maka langkah yang harus kita lakukan pertama adalah backup terlebih dahulu Database Lokal kemudian copy ke flashdisk.

Proses Backup ini adalah proses bagaimana kita akan mengamankan database yang ada di komputer kita (database lokal). Proses backup ini boleh dilakukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Namun alangkah lebih baik jika dilakukan secara berkala atau dilakukan setiap ada perubahan pada database. Kemudian database tersebut simpan kedalam media memori yang lebih aman. Hal ini juga selain untuk mengamankan data, tetapi juga bisa digunakan ketika proses memindahkan aplikasi RKAS dari satu komputer ke komputer lain.

Berikut langkah-langkahnya Backup Database RKAS
  1. Klik Kanan pada menu windows, kemudian Buka windows explorer / File Explorer.
  2. Kemudian Ketikan : %appdata% pada bagian direktorinya.
  3. Klik enter, setelah itu buka folder berikut : \ArtTech\RKAS\.
  4. Cari file database lokal "RKASClient2019.db". File itulah yang harus kita backup secara berkala dalam memori yang lebih aman. 
Cara Pindahkan RKAS Ke PC/Laptop Lain.
Proses ini tidak jauh berbeda dengan proses Backup diatas, karena ketika kita akan memindahkan aplikasi RKAS ke PC yang baru maka tahapan yang pertama adalah backup terlebih dahulu databasenya. Setelah melakukan backup data base berikut langkah selanjutnya:
  1. Install aplikasi RKAS di Komputer yang baru.
  2. Setelah selesai install jangan dulu dijalankan, karena kalau dijalankan, aplikasi akan minta aktivasi baru.
  3. Setelah itu buka File Explorer dan ketikan : %appdata% pada direktorinya kemudian enter.
  4. Setelah itu buka folder berikut : \ArtTech\RKAS\.
  5. Copykan / Timpakan database yang sudah kita backup sebelumnya ke folder \ArtTech\RKAS\
  6. Setelah selesai baru kemudian jalankan aplikasinya.
Maka secara otomatis aplikasi tidak akan meminta aktivasi dan user atau sekolah bisa langsung login ke aplikasi RKAS sesuai dengan username dan password pada Komputer sebelumnya.

Click to comment