-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Tugas guru yang berat selain mendidik adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang tepat guna (inovatif). Hal ini merupakan kewajiban yang tidak terbantahkan lagi karena sebuah tuntutan dari kemdikbud yang mesti harus dilaksanakan.
RPP INOVATIF : Rujukan Membuat RPP Berdasarkan Model Pembelajarannya
Membuat RPP yang baik dan benar (inovatif) tidak semudah yang seperti kita bayangkan selain harus mengerti kondisi latar belakang peserta didik, mempertimbangkan sarana dan prasarana juga harus melihat KD dari materi pembelajaran. Sisi lain, RPP juga bermanfaat sebagai pedoman bagi guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, RPP yang inovatif mutlak diperlukan agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan mampu mendorong siswa untuk belajar dengan baik.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada situs ini https://psbsekolah.kemdikbud.go.id/pjj/rpp.php kita bisa jadikan rujukan dalam membuat RPP Inovatif  berdasarkan model pembelajaran-nya. Disana Anda bisa pelajari semua RPP Pembelajaran Inovatif berdasarkan model pembelajarannya, seperti : Sole, Flipped Classroom, Blanded Learning (Blog), Discovery Inquiry, Project Based Learning, serta Game Based Learning.

Selain mendapatkan beberapa contoh RPP Inovatif, Anda juga bisa melihat Video pengantar penjelasan tentang apa itu model-model pembelajaran seperti yang saya utarakan diatas. Anda bisa melihat video tutorial dasar melalui tautan berikut https://psbsekolah.kemdikbud.go.id/pjj/tutorial-dasar.php

Agar Anda tidak bingung dan mutar-mutar mencari file pendukung di dalam situsnya, berikut ini saya salinkan tautan filenya yang bisa Anda pelajari;

Deskripsi dan langkah pembelajaran SOLE (SELF ORGINIZED LEARNING ENVIRONMENT) Big Question, Plan, Investigation, Review, lihat beberapa contoh RPP Sole.

Lihat pengantar Model Pembelajaran Flipped Classroom secara lengkap teknik dan implementasinya (Persiapan, Pelaksanaan, Tindak Lanjut). lihat beberapa contoh RPP Flipped Classroom.

Lihat teknik dan implementasi Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media Blog. Pencarian Informasi (Online), Elaborasi Informasi (Tatap Muka), Elaborasi Informasi (Online), Menyimpulkan Informasi (Tatap Muka), Menyimpulkan Informasi (Online). Lihat beberapa contoh RPP Blanded Learning (Blog).

Discovery Inquiry (Stimulasi, Identifikasi Masalah, Pengumpulan Informasi, Pengolahan Informasi, Verifikasi Hasil, Generalisasi). Lihat beberapa RPP Discovery Inquiry.

Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pengenalan Masalah, Mendesain Perencanaan Kegiatan, Penyusunan Jadwal Kegiatan, Monitoring Pelaksanaan Kegiatan, Menguji Hasil (Presentasi Kegiatan), Evaluasi dan Refleksi. Lihat beberapa contoh RPP Project Based Learning.

Model Pembelajaran Berbasis Game Guru Mengidentifikasi dan mempelajari game, Pengetahuan awal, Siswa Memainkan Game, Siswa mengumpulkan informasi dari hasil bermain game edukatif, Evaluasi. Lihat beberapa conoh RPP Game Based Learning.

Silahkan di explore dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Click to comment