Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Kode registrasi

Apakah kode registrasi berubah di versi 2020.b?

Tidak. Secara default, kode registrasi sekolah tidak mengalami perubahan. Namun jika ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal (keamanan data), sekolah dapat melakukannya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Meski demikian, diharapkan hati-hati dalam me-reset kode registrasi karena aplikasi kode registrasi lama akan ditolak oleh sistem pada saat sinkronisasi.

Apa yang dimaksud dengan kode registrasi?

Sebuah kode unik dan rahasia yang dibuat oleh sistem sebagai kunci aktivasi Aplikasi Dapodik. Kode ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah memiliki kode registrasi yang berbedabeda.

Apa fungsi kode registrasi?

Untuk melakukan aktivasi ketika sekolah akan memulai entri data sekolahnya. Kode ini juga dapat digunakan untuk mengunduh data prefill dan melihat data individu sekolah di progres pengiriman laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/ Selain itu juga untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.

Di mana sekolah saya bisa mendapatkan kode registrasi?

Cara mendapatkannya adalah dengan menghubungi Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK Datadik) di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Propinsi setempat.

Apa syarat mendapatkan kode registrasi?

Syaratnya, sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di dalam referensi Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP-K) Kemendikbud. Apabila belum terdaftar, segera perbaharui ke PDSP atau menghubungi dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Cek data NPSN bisa dilakukan di referensi.data.kemdikbud.go.id >> Data Master >> pilih jenjang yang diinginkan.

Jika tidak memiliki NPSN, apakah sekolah kami bisa mendapatkan kode registrasi?

Tidak. Solusinya adalah dengan mengurus NPSN terlebih dahulu. Setelah memiliki NPSN, otomatis bisa didaftarkan agar mendapatkan kode registrasi. Hal ini dimaksudkan agar keabsahan sekolah tersebut resmi terdaftar di Kemendikbud.

Apakah NPSN sementara dengan format NPxxxxx bisa dibuatkan kode registrasinya?

Ya, Karena itu NPSN sementara yang dikeluarkan PDSP.

Apa yang harus dilakukan jika lupa dengan kode registrasi sekolah?

Solusinya bisa segera menanyakan kode registrasi sekolahnya kepada dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

Apa akibatnya jika kode registrasi diketahui oleh sekolah lain/pihak lain?

Kode registrasi itu bersifat rahasia. Jadi jangan sampai diberitahukan ke sekolah lainnya karena menyangkut data masingmasing sekolah. Dikhawatirkan kalau sampai diketahui oleh sekolah/pihak lain, maka data sekolahnya akan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Apakah kode registrasi tahun ajaran 2019/2020 ini sama dengan tahun sebelumnya?

Ya. Namun jika sekolah ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal, maka dapat diubah melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

Apa fungsi lain dari kode registrasi?

Selain untuk kode aktivasi juga dapat digunakan untuk mengunduh data prefill persekolah melalui http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/data prefill. Di samping itu juga untuk memeriksa data individu sekolah di
progres pengiriman untuk memastikan datanya sudah sama dengan di server.

Untuk sekolah baru, bagaimana prosedur mendapatkan kode registrasi?

Melalui dinas pendidikan kabupaten/kota. Ajukan nomor NPSN ke PDSP dengan melampirkan dokumen-dokumen kelengkapan administrasi perizinan sekolah dan SK izin operasional. Setelah mendapatkan NPSN maka dapat mengajukan kode registrasi ke Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Apa akibat bila kode registrasi dipakai oleh dua sekolah atau lebih?

Akibatnya akan fatal. Data kedua sekolah tersebut akan bercampur menjadi satu. Ini sangat tidak dianjurkan. Karena itu, pastikan kode registrasi tersebut benar-benar milik sekolah tersebut dan tidak diketahui oleh orang lain.

Bila sudah telanjur, solusinya adalah generate ulang prefill dan lakukan prosedur instalasi seperti semula dengan menggunakan data prefill yang baru. Bersihkan data berganda tersebut lalu lakukan sinkronisasi. Untuk sekolah yang kedua minta ke dinas kabupaten/kota untuk dibuatkan kode registrasi baru.

Apakah dapat mengubah kode registrasi?

Ya , melalui fasilitas ubah/reset kode registrasi di dinas kabupaten/kota. Fitur ini dimaksudkan ketika kode registrasi diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab atau pergantian operator, maka perubahan ini dapat dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Reset kode registrasi tidak menghilangkan data. Namun yang perlu diingat, kode registrasi lama yang sudah direset tidak dapat melakukan sinkronisasi.

Kode registrasi ini apakah untuk keperluan administrasi kelembagaan?

Tidak. Kode registrasi ini hanya untuk kebutuhan teknis operasional penggunaan Aplikasi Dapodik saja, bukan sebagai nomor administratif seperti Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Peserta didik Nasional (NISN) maupun Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Data prefill Apa definisi data prefill?

Prefill adalah data sekolah beserta isinya yang telah “compressed” menjadi .prf file. Prefill ini adalah database sekolah hasil pengiriman terakhir Dapodik. Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran sebelumnya dapat berlanjut ke data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar operator sekolah tidak melakukan input data untuk kedua kalinya.

Apakah fungsi data prefill?

Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi data-data sekolah yang telah dimasukkan pada aplikasi sebelumnya.

Dimana bisa mendapatkan data prefill?

Data prefill bisa didapat di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/data_prefill Pastikan data prefill tersebut yang terbaru (update) melalui generator prefill, dengan menggunakan 3 item yaitu; username dapodik, password dapodik dan kode registrasi.

Apa yang dimaksud dengan generate data prefill?

Updating data awal prefill dengan hasil sinkronisasi terakhir ke server. Sehingga data prefill menjadi ter-update dengan data kiriman ke server terakhir.

Jika komputer bermasalah (hilang, rusak, atau ganti komputer) apa yang harus dilakukan?

Lakukan generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan prosedur instalasi seperti prosedur awal instalasi. Dengan demikian, pada aplikasi lokal sekolah akan mucul data hasil kiriman sekolah yang terakhir. Hal ini penting dan perlu dilakukan agar operator tidak menginput data dari awal lagi. Jika prosedur ini tidak dilakukan dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi, karena data di server sudah pernah ada.

Apakah dapat menggunakan data prefill tahun ajaran sebelumnya?

Tidak, karena struktur berbeda dan data tahun sebelumnya sudah melalui proses “cleansing”/pembersihan data. Pastikan Anda menggunakan data prefill terbaru untuk melakukan proses input data di tahun ajaran baru.

Apa yang terjadi setelah registrasi dengan file prefill ini?

File terebut akan hilang dengan sendirinya setelah registrasi berhasil. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan file ini hanya satu kali saja setelah sekolah melakukan proses input data. Selanjutnya menggunakan mekanisme generate ulang prefill.

Peringatan sebagian data tidak masuk, apa yg harus dilakukan?

Silakan lakukan generate ulang prefill dan registrasi ulang. Bila belum berhasil, silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat.

Instalasi aplikasi Dimana bisa didapatkan master installasi Aplikasi Dapodik?

Master Aplikasi Dapodik bisa diunduh lewat alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/.

Bagaimana cara melakukan uninstall Aplikasi Dapodik?

Buka control panel > Program and Features> Dapodik > klik uninstall. Kemudian akan muncul kotak kecil berisi pernyataan menghapus aplikasi > pilih Ya. Tunggu sampai muncul keterangan Aplikasi Dapodik berhasil dihapus dari komputer Anda.

Aplikasi Dapodik paling baik diinstall di PC atau di laptop?

Disarankan diinstal pada laptop karena mobilitasnya lebih baik. Jika terjadi sesuatu dengan Aplikasi Dapodik, laptop bisa dibawa untuk konsultasi perbaikan data dan aplikasi.

Jika ingin berpindah komputer atau laptop untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik, apa yang harus dilakukan?

  • Di komputer yang baru: generate ulang prefill baru, lalu instal aplikasi dan registrasi seperti biasa. Maka akan muncul data hasil sinkronisasi terakhir;
  • Di komputer yang lama lakukan uninstall aplikasi;
  • Jika tidak dilakukan tahapan seperti di atas, akan terjadi data berganda.

Apakah aplikasi ini masih bersifat mampu bekerja dalam keadaan offline?

Ya, mekanisme tersebut masih tetap berlaku di versi ini untuk meakomodir untuk sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan akses internet.

Apakah username dan password harus diganti dengan yang baru?

Tidak, tetap menggunakan username dan password yang lama, tapi jika menemukan masalah yang mengharuskan, maka bisa mengganti username dan password di dinas Pendidikan setempat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk jenjang SD dan SMP di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan untuk jenjang SMA SMK di Dinas Pendidikan Propinsi.

Bagaimana tahapan update aplikasi ke versi 2020.b?

  • Unduh aplikasi versi terbaru (installer versi 2020.b) di laman resmi Dapodikdasmen: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  • Instal aplikasi versi 2020.b
  • Buat folder di direktori C:/ prefill_dapodik
  • Generate prefill lalu unduh dan simpan di folder prefill_dapodik
  • Buka aplikasi dapodik
  • Registrasi dengan prefill yang baru (online atau offline)
  • Selesai

Bagaimana cara update aplikasi menggunakan patch tanpa harus hapus aplikasi lama?

  • Unduh patch aplikasi versi terbaru (patch versi 2020.b) di laman resmi dapodikdasmen: http//dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/
  • patch bisa digunakan dengan syarat aplikasi sebelumnya sudah menggunakan installer versi 2020.a 
  •  instal patch versi 2020.b
  • ikuti tahap installer hingga selesai
  • selesai

Registrasi Data apakah yang diinputkan saat registrasi?

  • Username (email)
  • Password ü Konfirmasi Password
  • Kode Registrasi
  • Nama : Lakukan input sesuai nama lengkap operator sekolah sebagai PIC (penanggung jawab teknis data sekolah)
  • Username (email) : usahakan unik, maksudnya 1 sekolah menggunakan 1 email yang berbeda dengan yang lain.
  • Nomor telepon : ini adalah nomor handphone operator sekolah, diawali 08xxx… ini sebagai narahubung jika ada informasi
  • Kode registrasi : pastikan kode registrasi ini adalah milik sekolah Anda.

Apa yang harus dilakukan jika saat registrasi muncul keterangan “kode registrasi tidak ditemukan”?

Cek kembali ke validan kode registrasi yang sudah di distribusikan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi.

Apa yang harus dilakukan jika saat registrasi muncul keterangan “beberapa data tidak masuk’’

Hubungi KKDatadik kabupaten masing-masing atau hubungi Customer Service Dapodik pusat.

Setelah registrasi selesai muncul error “mencari sekolah tidak ditemukan”?

Klik OK dan lanjutkan dengan login sesuai dengan username dan password yang sudah di regtistrasikan.

Pada saat registasi online muncul keterangan “username dan password tidak ditemukan”?

Laporkan ke dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi terkait permasalahan akun dapodiknya, jika memungkinnkan mengharuskan di reset bisa dilakukan oleh dinas terkait.

Beranda Apa yang harus dilakukan jika nama sekolah di aplikasi tidak sesuai?

Perbaikan dilakukan melalui http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id. dengan menggunakan login yang sudah didaftarkan melalui laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id. atau bisa hubungi dinas pendidikan sesuai dengan jenjangnya.

Apa yang harus dilakukan jika nama kabupaten/kota di aplikasi tidak sesuai?

Silahkan hubungi dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi untuk melakukan perubahan wilayah melalui http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

Apa yang harus dilakukan jika nama kecamatan di aplikasi tidak sesuai?

Silahkan hubungi dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi untuk melakukan perubahan wilayah melalui http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

Apa yang harus dilakukan jika di Beranda terdapat keterangan “kepsek belum dipilih”?

Silakan buka Aplikasi Dapodik, lalu pada tab PTK pilih nama Kepseknya, lalu klik tombol ubah. Lihat pada bagian rincian data PTK pada tab Tugas Tambahan, di situ klik tambah lalu masukkan data kepseknya. Setelah semua data selesai diinput, dan pastikan TST tidak terisi kemudian klik simpan dan reload aplikasi.

Kenapa jumlah ruang kelas, jumlah guru, jumlah tendik, jumlah peserta didik, jumlah rombongan belajar kosong?

Itu terjadi karena adanya cache pada browser masing-masing leptop anda, silahkan lakukan reload dengan cara tekan bersamaan CTRL+F5.

Bagaimana cara merubah nama operator sekolah?

Pilih menu profil pengguna >> update identitas operator sekolah >> simpan.

Input data Bagaimana prosedur input data yang benar?

Penginputan data yang benar sesuai dengan yang ada di lapangan dan teratur, dimulai dari input data sekolah, sarana prasarana, peserta didik, PTK, Rombel, dan sesuai dengan SOP yang sudah ada.

Di mana bisa didapatkan formulir pendataan Aplikasi Dapodik?

Formulir bisa didapat melalui website atau pusat unduhan di sub menu aplikasi dapodik.

Apakah di aplikasi terdapat panduan pengisian data?

Di aplikasi ada panduan dalam pengisian data berupa tombol “help” berupa tanda Tanya (?). Tombol tersebut berfungsi untuk memberitahu operator kalau ada inputan yang tidak diketahui bisa dilihat melalui bantuan tersebut, bisa dibaca juga panduan dan SOP yang sudah ada di aplikasi dan di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/.

Dapatkah 1 komputer digunakan untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah?

Bagi lembaga yang menaungi dua sekolah atau lebih bisa mengerjakan pengisian data dalam 1 laptop.
Cara pengerjaannya:
  • Siapkan kode registrasi dan file prefill semua sekolah yang akan dimasukkan;
  • File prefill kedua sekolah tersebut dimasukkan ke folder dengan nama prefill_dapodik di drive C;
  • Siapkan user/email yg berbeda untuk setiap sekolah, jangan menggunakan user dan password yang sama; ü Lakukan registasi sekolah pertama;
  • Login menggunakan user dan password sekolah pertama;
  • Lakukan registrasi peserta didik, dan isi penugasan PTK terlebih dahulu;
  • Lakukan registrasi sekolah kedua;
  • Login menggunakan user dan password sekolah kedua;
  • Isi registrasi peserta didik, da nisi penugasan PTK;
  • Dst.

Dapatkah entri satu data sekolah dikerjakan oleh beberapa operator pada laptop berbeda?

Untuk mempermudah pengerjaan satu sekolah bisa dikerjakan oleh beberapa orang operator dengan menggunakan laptop yang berbeda. Caranya dengan menggunakan LAN yang di-share oleh Laptop/PC server. Akan tetapi untuk melakukan sinkronisasi hanya bisa dilakukan oleh komputer utama yang dijadikan server.

Apa solusinya jika terjadi kesalahan input nama, tanggal lahir, dan NISN peserta didik?

Bisa diedit atau diperbaiki melalui http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ Setelah melakukan edit data, silakan sinkronisasi agar perubahan turun ke lokal (Aplikasi Dapodik di sekolah).

Kenapa data individu Peserta Didik, PTK, dan rombongan belajar berbeda antara Aplikasi Dapodik dan server?

Kesalahan jumlah biasanya terjadi karena pengisian data di aplikasi double, atau terjadi duplikasi data di server. Cara menormalkannya, silakan lakukan generate prefill, lalu instal ulang aplikasinya dan lakukan registrasi dengan menggunakan username dan password yang sama. Setelah itu lakukan sinkronisasi.

Bagaimana cara mendapatkan kembali data yang telah kita isi bila laptop dan PC terkena virus atau hilang?

Data bisa diambil kembali apabila sekolah pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya. Data bisa diambil dengan melakukan generate prefill yang bisa dilakukan sekolah sendiri atau melalui dinas kabupaten/kota. Setelah di generate, silakan instal aplikasinya dan lakukan registrasi dengan username dan password yang sama.

Kirim data Apakah fungsi menu update versi sinkronisasi?

Tombol tersebut fungsinya untuk memperbarui perubahan aplikasi syncronisasi yang ada di aplikasi lokal dengan di server.

Apa resikonya pada saat syncronisasi salah satu data tidak dicentang?

Dapodik tidak bisa melakukan syncronisasi/kirim data.

Bagaimana parameter sinkronisasi yang berhasil?

Pada kotak perubahan apa saja yang sebelumnya berisi pemberitahuan data yang sudah ditambah, update, hapus akan tertera di situ. Jika parameter sinkronisasi berhasil maka kota perubahan tersebut hilang.

Apa parameter/ciri-ciri data telah berhasil terkirim semua ke server?

Bisa dilihat dari tabel perubahan, datanya menjadi kosong. Kemudian cek laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, data hasil sinkronisasi telah muncul berikut tanggal sinkronisasi terakhir.

Menu singkronisasi hilang saat menggunakan login operator sekolah?

Menu singkronisasi pada versi 2020.b pindahkan kepada akun kepala sekolah, jika akan melakukan singkronisasi maka satuan pendidikan mengharuskan login sebagai kepala sekolah dengan cara tukar pengguna pada pengaturan.

Sekolah Bagaimana untuk sekolah baru, sekolah merger dan sekolah yang sudah tutup?

Laporkan ke dinas pendidikan kab/kota untuk dilakukan penggabungan melalui PDSP-K.

Jika ada sekolah berganti nomenklatur, apa yang harus dilakukan?

Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan melakukan perubahan nomenklatur sekolah melalui http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis data di Aplikasi Dapodik akan berubah mengikuti data yang sudah di rubah oleh PDSP-K.

Jika terjadi kesalahan identitas sekolah yang dikunci di Aplikasi Dapodik seperti NPSN, alamat sekolah, kecamatan, SK Izin Operasional, desa, dll, apa yang harus dilakukan?

Hubungi dinas kabupaten/kota/propinsi setempat, lalu dinas akan mengubah identitas sekolah tersebut melalui http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id dan otomatis akan memperbarui data di Aplikasi Dapodik saat melakukan sinkronisasi.

Sekolah saya ada didaftar validasi pada laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, apa yang harus dilakukan?

Lakukan perbaikan sesuai dengan informasi data invalid.

Jika sekolah saya masuk ke dalam validasi Rombel berganda, apa yang harus dilakukan?

  • Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
  • Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda tersebut;
  • Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel dapat dihapus.

Tidak muncul nama Bank Pada saat pemilihan Nama Bank pada menu Nomor Rekening BOS?

Silahkn koordinasi dengan dinas atau tim helpdes pusat.

Akreditasi di dapodik masih akreditasi yang lama meski sudah mengajukan usulan di vervalSP?

Basis data akreditasi berasal dari BAN-SM, untuk perbaikan melalui BAN-SM dan untuk melihat sudah terbaru atau belum sk akreditasi bisa di lihat pada laman http://referensi.data.kemdikbud.go.id cari sekolah menggunakan NPSN kemudian cek pada menu dokumen.

Peta koordinat sekolah salah posisi?

Lakukan pembaharuan data malalui laman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id, login menggunakan akun SDM yang sudah diregistrasikan kemudian singkronisasi pada aplikasi dapodik.

Gagal menyimpan DUDI? 

Terjadi dikarenakan pada saat pengisian kecamatan pada data DUDI tidak “memilih” dari pilihan yang sudah disediakan. Pilih kecamatan sesuai dengan pilihan yang sudah disediakan.

Setelah login aplikasi dapodik sebagai PTK tampilan menjadi “blank”?

Silahkan reset ulang email PTK tersebut dengan yang lain dengan menggunakan login operator sekolah.

Sarana prasarana Bagaimana cara hapus ruang yang sudah tidak ada di sekolah, sedangkan pada aplikasi mengharuskan menghapus data turunan?

  • Buat bangunan baru (bangunan sementara) pada menu bangunan
  • Masuk menu ruang, pilih ruang yang akan di hapus
  • Ubah ruang tersebut dengan merubah lokasi bangunan ruang tersebut dengan ruang yang baru saja di buat (bangunan sementara)
  • Simpan, dan ruang sudah berpindah lokasi dari bangunan lama ke bangunan baru (bangunan sementara)
  • Kembali ke menu bangunan
  • Pilih bangunan yang akan di hapus
  • Pilih hapus pembukuan bangunan
  • Selesai
Menghapus ruang menggunakan metode ini secara otomatis menghapus semua alat dan buku pada ruang tersebut tanpa harus hapus satu persatu.

Bagaimana jika tidak memiliki sertifikat tanah?

Silahkan mengurus suratnya dinas yang mengurusi bagian pertanahan. Jika statusnya milik Pemda silahkan koordinasi dengan Pemda setempat dan untuk dapodik pada aplikasi semester genap tahun ajaran 2019/2020 masih bisa di kosongkan.

Bagaimana jika ada bangunan yang sudah roboh?

Silahkan perbaharui kondisi bangunan pada aplikasi dapodik pada input kondisi mejadi rusak berat.

Bagaimana jika ada ruang yang alih fungsi, apakah hapus lalu buat baru?

Untuk yang alih fungsi tidak dihapus melainkan diganti jensis prasanannya pada apliksi dapodik sudah di sediakan, caranya;
  • Pilih ruang yang akan di ubah/alih fungsi
  • Pilih ubah
  • Pada menu Jenis Prasarana silahkan di sesuaikan dengan ruangan yang saat ini
  • Klik simpan

Apa yang harus dilakukan jika pada menu “Daftar buku pusat kurikulum dan perbukuan” tidak ada?

Jika tidak muncul pilihan pada referensi daftar buku jenis Text atau Nontext silahkan hubungi helpdesk pusat.

Saat pilih menu sarpras >> ruang > ruang praktik/bengkel muncul isian berwarna orange, apa itu harus buat datanya semua?

Isian berwarna orange itu adalah format otomatis dari aplikasi, silahkan isi sesuai kondisi sekolah ( jika data tidak ada, maka silahkan kosongkan).

Peserta didik

Untuk peserta didik pindah ke sekolah lain bagaimana ?

Tidak dihapus, tapi registrasikan peserta didik tersebut, isi alasan keluar (sesuaikan dengan pilihan) di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke tabel peserta didik keluar dengan alasan sesuai pilihan.

Bagaimanakah mekanisme mutasi?

Terkait mutasi pastikan sekolah baru sudah mendapatkan surat mutasi hasil output dapodik yang sudah dibawa oleh orang tua/wali murid pindahan, untuk sekolah baru bisa melakukan tarik peserta didik pindahan melalui manajemen sekolah pada laman http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id menggunakan login operator sekolah.

Bagaimana cara penambahan peserta didik pindahan dari MI, MTs dan MA?

Penambahan peserta didik diluar kemdikbud bisa di lakukan di laman http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id dengan menggunakan fitur “Tambah Peserta didik luar Dapodik”.

Muncul keterangan NIK sudah dipakai oleh peserta didik lain, pada saat penambahan peserta didik dimanajemen sekolah?

Silahkan koordinasikan dengan dinas pendidikan dan catat no NIK tersebut dipakai oleh siapa dan dari sekolah mana sesuai dengan informasi yang tertera pada manajemen sekolah tersebut. Dan selanjutnya dinas pendidikan koordinasi dengan tim helpdesk pusat.

Bagaimana cara menarik peserta didik, sedangkan sekolah asal belum melakukan mutasi?

Laporkan ke dinas pendidikan kab/kota dan provinsi sesuai dengan jenjang sekolahnya, dinas bisa melakukan mutasi peserta didik secara sepihak pada manajemen dinas.

Kenapa “Sts” peserta didik bertanda seru (!) dan berwarna merah?

Karena peserta didik tersebut belum diregistrasikan, maka silakan registrasikan peserta didik tersebut sesuai tanggal masuk ke sekolahnya.

Bagaimana cara untuk meluluskan peserta didik tingkat akhir?

Untuk meluluskan peserta didik tingkat akhir dilakukan terpusat, dan hanya bisa di luluskan pada saat semester genap berhakhir.

Untuk peserta didik tinggal kelas bagaimana?

Koordinasikan dengan dinas pendidikan setempat untuk melakukan pemetaan ulang terhadap peserta didik yang tinggal kelas.

Untuk peserta didik yang keluar atau putus sekolah bagaimana ?

Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan peserta didik tersebut, isi alasan keluar karena putus sekolah di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke tabel peserta didik keluar dengan putus sekolah.

Kenapa peserta didik pindahan diatas tingkat 1,7 dan 10 tidak bisa di mapping kedalam kelas yang sebenarnya?

ada 2 metode yang bisa dilakukan oleh sekolah, yaitu:
  • Untuk mapping peserta didik pindahan dilakukan pada saat menarik peserta didik dari sekolah asal pada manajemen sekolah sebelum menekan tombol simpan
  • Laporkan kepada dinas pendidikan untuk memindahkan ke dalam rombel yang sebenarnya.

Bagaimana jika ada kesalahan pengisian nama dan tanggal lahir peserta didik di tabel peserta didik ?

Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun yang sudah registrasi di http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

Apakah PD harus di-mapping ulang di dalam tabel Rombel?

Ya, Jika menggunakan fasilitas action menu kenaikan kelas maka peserta didik tidak perlu di mapping ulang dengan catatan peserta didik tidak diacak atau dirandom. Bila menggunakan pilihan buat rombel baru maka peserta didik harus dimapping ulang didalam rombel.

Apakah penerbitan Nomor Induk Peserta didik Nasional (NISN) masih menggunakan Aplikasi Dapodik?

Ya. Mekanisme pengumpulan datanya masih tetap dengan Aplikasi Dapodik dan vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Pindah kompetensi keahlian setelah satu semester tingkat X?

masih memungkinkan untuk pindah kompetensi keahlian selama masih dalam satu program keahlian yang sama dengan syarat harus ada matrikulasi nilai. Dapodik masih belum melakukan pembatasan.

Data prakerin sudah dientri tapi masih invalid di validasi?

Periksa kembali pengisian data prakerin:
  • Periksan kembali isian pembimbing prakerin.
  • Periksa kembali isian jenis aktivitas PD, harus memakai “prakerin peserta didik SMK”.
  • Penulisan judul MOU yang benar. (disertakan nama DUDI, contoh : “prakerin 2018 genap PT. AAA. ü Nama DUDI harus sama dengan nama DUDI di menu relasi dunias usaha.

Kenapa nama peserta didik tidak hilang setelah dilakukan mapping ke dalam daftar tempat prakerin?

Secara default fitur tersebut di buat seperti demikian karena untuk memungkinkan peserta didik melaksanakan prakerin di dua tempat yang berbeda.

Peserta didik memiliki 2 NISN yang aktif, mana yang dipakai?

Bisa melakukan perubahan NISN (claim NISN) pada laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

Data manakah yang dijadikan acuan, ijazah atau KK?

Ijazah. Karena ijazah dokumen yang tidak bisa di ubah.

Peserta didik sudah keluar, dan ingin kembali bersekolah disekolah yang sama?

Bisa dilakukan perubahan melalui dinas pendidikan dengan membawa dokumen penerimaan peserta didik tersebut.

Pendidik dan tenaga kependidikan 

Bagaimana jika PTK tersebut keluar atau mutasi dari sekolah induk?

Untuk PTK yang keluar/mutasi dari sekolah induk tidak boleh langsung dihapus, akan tetapi PTK tersebut harus diubah di penugasannya. Di sana terdapat beberapa pilihan di antaranya: PTK keluar karena mutasi, pensiun, wafat, dll. Isi pula tanggal keluar atau mutasinya.

Bagaimana mekanisme jika ada kesalahan penulisan Nama, tanggal Lahir, NUPTK pada data PTK?

Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun yang sudah registrasi di http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

Apakah pengisian data rinci harus per bulan atau per semester?

Setiap data rinci itu diisi bila ada perubahan, baik itu per bulan ataupun per semester, disesuaikan dengan kondisi riil di lapangan. Terdapat di tabel Action Menu, bisa dipilih lanjutkan data periodik untuk mempermudah pengerjaan.

Mengapa data info GTK saya tidak bisa dicek?

Karena ada perbedaan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), nama PTK, dan tanggal lahir yang dientri di Aplikasi Dapodik dengan database Pusat.

kenapa ketika mengecek data PTK di info GTK data sekolah induk tidak ditemukan?

Ada dua kemungkinan. Pertama, PTK tersebut terdaftar sebagai PTK induk di dua sekolah. Kedua, PTK tersebut tidak dipilih sekolah induknya.

Mengapa masa kerja golongan atau pangkat PTK tidak sesuai dengan yang dientrikan?

Masa kerja golongan atau pangkat diambil dari tabel riwayat pangkat dan golongan pada Tanggal Mulai Tugas (TMT) golongan atau pangkat. Bila TMT Golongan lebih muda dari Pangkat, maka Masa Kerja Golongan yang diambil. Akan tetapi bila TMT Pangkat lebih muda, maka Masa Kerja Golongan yang diambil.

Kenapa pada saat ubah PTK dan Save tidak berhasil muncul keterangan “field masih ada yang merah’’?

ini biasanya terjadi pada sekolah swasta, ganti status pegawaian menjadi PNS dan cek kembali pada isiannya seperti NIP, SK CPNS, SK PNS jika masih ada yang merah dihapus, setelah itu pilih kembali ke status pegawainnya yang asli seperti GTY.

Apakah PTK harus di-mapping ulang di dalam tabel Rombel?

PTK harus dimapping kembali didalam rombel karena dipembelajaran untuk semester yang sekarang kosong kembali.

Jika ada PTK yg mutasi (pindah sekolah atau baru), bagaimana mekanismenya?

Silakan diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi atau pindahnya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi.

Solusi bagi guru mapel bahasa asing laiinya yang mimiliki sertifikat pendidik dna kekurangan jam mengajar di SMK?

Mata pelajaran bahasa asing lainnya di SMK diakomodir pada kurikulum 2013 reisi tingkat 12 dan pada tingkat 10 untuk bidang keahlian pariwisata.

Kendala penambahan guru honorer di dapodik karena belum memiliki SK Gubernur?

Sekolah bisa berkoordinasi dengan dinas pendidikan provinsi masingmasing yang mimiliki wewenang untuk penambahan guru dengan analisis kebutuhan guru. Syarat penambahan PTK di masing-masing provinsi berbeda.

PTK yang pernah mutasi ingin kembali ke sekolah asal. Apakah bisa? Penambhan dan edit penugasan dilakukan di dinas pendidikan. Pastikan isian sekolah induk dan non induk sudah benar.

Pengakuan tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler?

Pembina ekstrakulikuler bisa diakui dengan catatan kebutuhan guru pada matapelajaran yang diampu tidak kelebihan guru dan data ekstrakulikuler sudah terisi lengkap di dapodik.

Pengajuan NUPTK bagi guru honorer/GTT di sekolah negeri?

Sesuai Petunjuk Teknis pengajuan NUPTK, bisa dilakukan selama memenuhi persyaratan yang elah ditentukan.

Ada PTK yang mutasi ke sekolah, tapi belum ada surat mutasi resmi dari sekolah awal?

PTK tersebut harus segera mengurus SK mutasi agar dinas pendidikan bisa memutasikan ke sekolah baru.

PTK terdeteksi memiliki 2 sekolah induk?

Cek data registrasi ptk pada masing-masing aplikasi dapodik sekolahnya. Jika terjadi kesalahan, perbaikan data melalui dinas pendidikan.

Jika ada PTK mutasi/mencari jam tambahan di sekolah lain apa yang harus dilakukan?

Bisa menggunakan fitur mutasi PTK online (tarik PTK online melalui laman http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id) . Agar sekolah baru tidak perlu menambahkan/input ptk di sekolah baru/sekolah ke 2 secara manual, selanjutnya pihak dinas yang akan proses verifikasi penyetujuan atau penolakan untuk penambahan jam di sekolah lain.

Linieritas Matpel Guru Bersertifikat Pendidik?

Linieritas matpel guru bersertifikat pendidik masing berpedoman pada Permendikbud 46 tahun 2016 dan Permendikbud 16 tahun 2019.

Alur Kerja InfoGTK?

Sesuai dengan Permendikbud no. 19 tahun 2019.

Bagaimana cara mengedit SK penugasan yang salah pada PTK?

Perubahan dilakukan melalui dinas pendidikan.

Apakah riwayat gaji berkala harus di isi oleh setiap PTK yang statusnya PNS?

Ya, karena data digunakan sebagai acuan pangkat golongan pada info gtk.

Untuk dimenu penugasan No. Surat tendik dan guru di isi No Surat SK apa?

Jika PNS diisi SK CPNS (jika pengangkatan awal), diisi SK mutasi (jika status mutasi PNS). Untuk guru honor, sesuai dengan sk honor.

Apakah keaktifan PTK perlu di centang semua?

Dicentang sesuai kondisi sekolah.

Rombel

Bagaimana cara membuat rombongan belajar (Rombel)?

Sama seperti tahun sebelumnya. Namun jika Rombel tersebut berlanjut ke tingkat selanjutnya, gunakan fasilitas kenaikan kelas dengan asumsi peserta didik tetap, tidak di acak atau random. Namun jika diacak kembali, maka buatlah Rombel baru seperti prosedur awal.

Kurikulum apa saja yang dipilih?

Secara keseluruhan sudah menggunakan kurikulum 2013 sedangkan untuk kurikulum KTSP tinggal menyisakan tingkat akhir semester genap tahun ajaran 2019/2020, adapun untuk sekolah SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama) menggunakan kurikulum internasional.

Bagaimana cara pengaturan Jumlah Jam Mengajar (JJM) di dalam Rombel?

Ikuti peraturan pada pengaturan jam sesuai dengan peraturan menteri tentang kurikulum dan pelajari modul validasi pengisian data PTK dari Direktorat GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

Bagaimana cara menambahkan program keahlian untuk SMK di dapodik?

Penambahan kurikulum hanya bisa dilakukan melalui dinas pendidikan provinsi sesuai dengan dokumen perizinan yang sudah ada.

Bagaimana langkah mengganti kurikulum agar tidak perlu menghapus Rombelnya?

  • Silakan pilih Rombelnya, ganti kurikulum yang sesuai dengan mengklik kolom kurikulum. Setelah diganti, klik simpan. • reload atau tekan CTRL + F5.
  • Klik Rombelnya, lalu klik pembelajaran
  • Setelah muncul pembelajarannya, silakan edit sesuai dengan struktur kurikulum yang digunakan baik itu KTSP atau Kurikulum 2013 lalu klik simpan.
  • Jika Kurikulum 2013 SMP diganti ke KTSP SMP, selain mengganti pembagian jam mengajar juga harus menghapus mata pelajaran prakarya.
  • Jika KTSP SMP diganti ke Kurikulum 2013 SMP (sekolah terpilih Kurikulum 2013 SMP), hapus mata pelajaran TIK.

Apakah mata pelajaran dirombel, JJM dan guru yang mengajar harus terisi semua?

Diisi sesuai dengan kondisi sekolah.

Bagaimana kalau ada salah satu rombel yang JJM belum terisi dikarenakan kekurangan guru? 

Dapodik tidak bisa melakukan singkronisasi.

Bagaimana jika JJM dispektrum tidak sama dengan di rombel dapodik?

Laporkan ke dinas atau ULT terkait jam tersebut tidak sesuai dengan spektrum.

Bagaimana pemilihan kurikulum untuk rombel kelas X, XI dan XII?

Isi program keahlian dan kompetensi keahlian sesuai struktur perdirjen no. 7 tahun 2018 (untuk kurikulum 2013 revisi), pada menu sekolah >> program yang dilayani, kemudian buat rombel dan pilih program keahlian/kompetensi keahlian dan pilih kurikulumnya.

Bagaimana batasan Jumlah peserta didik untuk kelas X, XI dan XII jika sekolah dengan peserta didik yang kurang?

Perhitungan jumlah peserta didik menggunakan sistim rasio rombel, penjelasan lebih lanjut ada pada Manual Aplikasi.

Berapa rombel Max yang boleh untuk suatu sekolah?

72 rombel. Sesuai dengan Permendikbud 22 tahun 2018.

Pada Tingkat X, terdapat 3 kompetensi keahlian dengan program keahlian yang sama, tapi peserta didiknya hanya 60. Sehingga kena validasi peserta didik dan harus mengurangi rombel. Mohon solusi?

Untuk SMK kelas X peminatan sesuai dengan program keahlian, sehingga rasio jumlah rombelpun berdasarkan program keahlian. Saat kelas XI dan XII peminatan berdasarkan kompetensi keahlian.

Nilai Guru baru belum bisa masuk ke dapodik, sehingga tidak bisa input nilai?

Pengimputan nilai bisa melalui E-rapor atau Majesti yang sudah mengakomodir pengisian nilai oleh guru yang belu masuk di dapodik.

Kendala pengisian nilai UKK yang berbasis LSP, karena nilai LSP berupa kompetensi, bukan berupa nilai?

Pengisian nilai berbasis LSP belum terakomodir di daapodik.