-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Sebelum memutuskan untuk pindah sekolah atau mutasi siswa sebaiknya pihak sekolah menyarankan orang tua ataupun siswa perlu mempertimbangkan berbagai hal dalam memilih ke sekolah menengah atas atau kejuruan. Kalau sejak awal ragu, biasanya di tengah jalan putus. Ataupun memikirkan tentang sekolah dengan tujuan yang baru, terutama lintas sekolah jurusan yakni SMA ke SMK.
Mengatasi Siswa Mutasi Tidak Bisa di Tarik Ke Dapodik
D sekolah yang baru pun tak sepenuhnya langsung diterima. Dikarenakan siswa terlebih dahulu harus melewati masa matrikulasi. Masa matrikulasi ini tergantung dari berapa lama siswa itu tertinggal mata pelajarannya. Dan ini biasa yang menghambat proses kenaikan kelas.

Perpindahan peserta didik sudah diatur dalam permendikbud nomor 14 tahun 2018 pada bab IV pasal 20 dan seterusnya. Setiap sekolah memiliki aturan tambahan yang berbeda mengenai mutasi siswa. Apalagi untuk sekolah negeri maka akan semakin ketat aturannya. Namun jika mencari cara amannya untuk mutasi siswa diusahakan dari sekolah yang sama dan kurikulum yang sama.

Proses mutasi siswa selain diberlakukan berkas secara manual (offline) juga harus dilakukan secara online melalui aplikasi Dapodik. Proses mutasi siswa secara online masih sering terjadi masalah seperti siswa tidak bisa ditaik ke sekolah tujuan karena masih berstatus aktif di sekolah asal.

Bagaimana cara mengatasi siswa mutasi tidak bisa di tarik ke Dapodik?

Perlu diperhatikan bahwa proses mutasi siswa butuh kerjasama antar sekolah asal dan sekolah tujuan serta operator yang berperan penting untuk mengekseskusi data siswa secara online. Jika terjadi miskomunikasi maka data siswa yang yang mutasi akan bermasalah dan tidak bisa ditarik ke sekolah tujuan.

Jadi, langkahnya untuk sekolah asal adalah :
  1. Operator sekolah asal melakukan pemutasian data siswa melalui aplikasi dapodik, caranya : pilih siswa yang akan dimutasikan ⇒ Klik pada menu registrasi ⇒ gulung ke bawah silahkan isi data " Di isi saat sudah keluar" ⇒ Simpan dan tutup
  2. Cetak surat mutasi untuk Dapodik 2019 bisa dilakukan pada alamat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  3. Jika siswa tidak mutasi maka harus dikeluarkan caranya: login di manajemen data dikdasmen  ⇒ Pada menu peserta didik pilih siswa bersangkutan ⇒ Kik pada ikon bulat (biodata) ⇒ Di sebelah kiri pada tabel registrasi tekan tombol "Keluarkan" Ikuti proses selanjutnya sampai selesai.
  4. Lakukan sinkronisasi Dapodik (jika siswa dropout)
Langkahnya untuk sekolah tujuan adalah :
  1. Operator sekolah tujuan melakukan tarik data pindah/mutasi di laman manajemen data dikdasmen. caranya;
  2. Pada menu peserta didik tekan tombol "tambah peserta didik"
  3. Pilih menu Pindah / Mutasi
  4. Cari sekolah asal tekan tampilkan
  5. Pilih tujuan rombel
  6. Pilih siswa bersangkutan
  7. Simpan ikuti proses selanjutnya termasuk cetak mutasi
  8. Lakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik
Setelah data berhasil masuk lakukan perubahan jika ada perbaikan data pada peserta didik bersangkutan, selanjutnya lakukan sinkronisasi ulang.

Tahap selanjutnya login di laman verval PD, siswa yang muasi akan masuk pada menu status pengajuan mutasi ⇒ Ajukan mutasi siswa ⇒ cetak surat mutasi serahkan ke Dinas setempat.

Proses tarik data siswa berbeda dengan siswa yang dikeluarkan (drop out) yakni langsung melalui menu peserta didik baru. Caranya: Pilih sekolah asal ⇒ Tampilak data siswa ⇒ Pilih rombel tujuan ⇒ Centang siswa bersangkutan ⇒ Simpan dan lanjut ⇒ Hubung OPS Dinas setempat ⇒ Lakukan sinkronisasi Dapodik.

Tapi ingat! lakukan hal ini pada semester ganjil jika tidak maka data semester ganjil siswa bersangkutan bisa hilang meskipun data siswa bisa masuk di semester genap.

Jadi, kunci utama siswa bisa ditarik pindah/mutasi ke sekolah tujuan ada pada operator sekolah asal. Jika masih menemui kendala pada masalah siswa mutasi tidak bisa di tarik ke aplikasi Dapodik, silahkan berkomentar, akan saya jawab semampu saya.

27 komentar

avatar

mohon ijin pak, apabila akan menarik kembali siswa yg sudah terlanjur dikeluarkan di dapodik, namun pada menu sekolah asal tidak ada nama sekolah. kira2 itu knp dan bagaimana solusinya.. terimakasih

avatar

Jika sekolah tidak terdaftar di dapodik maka sekolah tidak muncul. Maka untuk menarik siswa dg menggunakan metode tambah siswa diluar dapodik.

Sebelumnya anda harus memastika dulu siswa yg anda keluarkan dimenu pd keluar dan web data dikdasmen sudah tidak ada jika karena ini juga mempengaruhi penarikan siswa.

avatar

Mohon pencerahannya pak,anak saya pindahan dari swasta ke sekolah dasar negeri,no dapodik dari sekolah asal swasta sudah dikeluarkan tapi ko di sekolah negeri sekarang tidak keluar no induk siswa nasional tidak muncul,,kenapa ya pak..

avatar

NISN harus melalui verval pak, yg punya hak akses adalah operator. Mohon kordinasikan dengan aporator sekolahnya

avatar

Kalau untuk dapodik guru dan siswa sekolah yang baru berdiri dan sedang proses mengurus perizinan, Apakah harus ikut ke sekolah induk?
Ketika nanti sekolah sudah mandiri, apakah dapodiknya bisa di tarik dari sekolah induk?

avatar

Ya masih ikut pada sekolah induk. Jika sudah mandiri dilakukan maping ulang siswa ke sekolah aslinya.

avatar

Selamat siang pak, anak saya lulus TK tahun Lalu terus lanjut home schooling, ters tahun ini saya masukan SD negeri dikelas 1 seumpama anak saya tidak mau sekolah formal kembali ke home schooling dikelas 2 apakah data dapodik itu mempengaruhi ketikan ujian paket A trimkasih

avatar

Tidak..

Anda bisa membaca di http://jdih.kemdikbud.go.id/asbodoku/media/peruu/permendikbud_tahun2014_nomor129.pdf

avatar

Terimakasih pak sudah memberikan pencerahan atas kekwatiran saya

avatar

Mau nanya, Pak. Kalo pindah dari SMA IPA ke SMK bisa ngga ya?

avatar

Bisa saja...
Lihat jurusannya pak, karena anak harus melakukan matrikulsai mapel yg tidak diajarkan

avatar

Maaf pak,jika anak sudah dikeluarkan dr dapodik sekolah asal, kemudian ditarik ke sekolah baru kemudian disinkronkan tapi tetap tidak mau masuk ke sekolah baru, mohon penjelasannya

avatar

Meskipun sudah dikeluarkan dari sekolah asal namun jika sekolah asal belum menyinkron datanya maka tidak bisa ditarik oleh sekolah tujuan.

Suruh sekolah asal untuk lakukan sinkronisasi dulu

avatar

Saya Operator SDN CILANDA BARAT 15 PAGI Ijin bertanya, siswa mutasi masuk sudah berhasil didaftarkan ke rombel tujuan, dapodik sudah sinkron. Tapi ketika masuk ke peserta didik anak tersebut tidak muncul mohon pencerahannya. Terima kasih salam satu data

avatar

Yang anda maksud siswa tersebut belum masuk aplikasi dapodik?. Kasus yg sering terjadi siswa mutasi masuk ke rombel kelas bawah. Jika iya kordinasikan dengan dinas.

avatar

Assalamualaikum, saya OPS SDN Cilandak Barat 15 Pagi mohon solusinya. Saya sudah menarik peserta didik mutasi masuk dengan mengikuti aturan yang berlaku. namun sampai dengan saya sinkron anak tersebut tidak tampil di data peserta didik. Saat ini Dapodik saya sudah versi 2021a. Terima kasih sebelumnya

avatar

Kasus nasional....mungkin masih ada bugs di aplikasi 2021.a. ada yg menyarankan install ulang dengan memakai prefill baru.

avatar

Ini pak saya mau tanya anak saya sudah di keluarkan atau di mutasikan di sekolah asalnya tapi tidak bisa di tarik namanya disekolah barunya itu kenapa ya pak

avatar

Sekolah asal harus sinkron dulu pak/bu. Meskipun sudah dimutasikan tapi sekolah asal belum sinkron siswa tidak bisa ditarik oleh sekolah tujuan.

avatar

Anak saya pindah dr sd kab.bdg ke kota bdg, sudah diterima di sekolah baru dan dilaporkan ke sekolah asal, dan di sekolah asalpun sudah dimutasikan tapi ketika mau print surat mutasi tidak bisa eror terus, dicek di data sekolah asal di siswa aktif sudah tidak ada, dan di siswa yg tdk aktif/pindah kosong tidak ada data sama sekali,,,jd harus bagaimana?sampai sekarang masih belum bs dicetak surat mutasi anak sy, kl begitu apakah tdk bs dimasukan datany ke sekolah baru?dan bagaimana kalo sampai akhir semester masih eror tidak bs diproses?apa yg harus dilakukan?takutnya data anak sy malahan ilang ga terdaftr dmna2,,,minta pencerahnnya terima kasih

avatar

Untuk surat mutasi bisa dibuat secara manual.

Jika sekolah asal dan sekolah penerima sama sama SD. data siswa bisa langsung ditarik. Namun jika beda sekolah bisa dientri secara manual.

avatar

terima kasih atas pencerahannya tapi secara manual pun tetap tidak bisa langsung ngelink yg online sedangkan yg online masih eror terus, ternyata di sekolah barupun ada yg pindah ke sekolah asal anak saya samajuga kendalanya seperti itu, apakah aplikasinya yg eror atau bagaimana?

avatar

Jika masih demikian. Pihak operator sekolah bisa berkordinasi dengan Operator cabang dinas/upt.

avatar

Anak saya pindah sekolah dari sekolah negri kelas 2 SD kesekolah negri yang baru,dalam satu dalam jangka 1 tahun,belum ditarik oleh sekolah yang baru sedang sekolah yang lama udah mengeluarkan data anak saya,dan disaat anak sekolah baru menarik data anak saya dari sekolah lama tidak ditemukan data anak saya pak solusinya gemana ya pak....?

avatar

Rekam Jejaknya bisa dilhat melalui aplikasi dapodik UPT Dinas pak. Coba kordinasikan dulu. Jika tidak ditemukan bisa tambah manual kemudian laporkan ke UPT Dinas.

Click to comment