-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Mengatasi Siswa Mutasi Tidak Bisa di Tarik Ke Dapodik
author photo
By On
Sebelum memutuskan untuk pindah sekolah atau mutasi siswa sebaiknya pihak sekolah menyarankan orang tua ataupun siswa perlu mempertimbangkan berbagai hal dalam memilih ke sekolah menengah atas atau kejuruan. Kalau sejak awal ragu, biasanya di tengah jalan putus. Ataupun memikirkan tentang sekolah dengan tujuan yang baru, terutama lintas sekolah jurusan yakni SMA ke SMK.
Mengatasi Siswa Mutasi Tidak Bisa di Tarik Ke Dapodik
D sekolah yang baru pun tak sepenuhnya langsung diterima. Dikarenakan siswa terlebih dahulu harus melewati masa matrikulasi. Masa matrikulasi ini tergantung dari berapa lama siswa itu tertinggal mata pelajarannya. Dan ini biasa yang menghambat proses kenaikan kelas.

Perpindahan peserta didik sudah diatur dalam permendikbud nomor 14 tahun 2018 pada bab IV pasal 20 dan seterusnya. Setiap sekolah memiliki aturan tambahan yang berbeda mengenai mutasi siswa. Apalagi untuk sekolah negeri maka akan semakin ketat aturannya. Namun jika mencari cara amannya untuk mutasi siswa diusahakan dari sekolah yang sama dan kurikulum yang sama.

Proses mutasi siswa selain diberlakukan berkas secara manual (offline) juga harus dilakukan secara online melalui aplikasi Dapodik. Proses mutasi siswa secara online masih sering terjadi masalah seperti siswa tidak bisa ditaik ke sekolah tujuan karena masih berstatus aktif di sekolah asal.

Bagaimana cara mengatasi siswa mutasi tidak bisa di tarik ke Dapodik?

Perlu diperhatikan bahwa proses mutasi siswa butuh kerjasama antar sekolah asal dan sekolah tujuan serta operator yang berperan penting untuk mengekseskusi data siswa secara online. Jika terjadi miskomunikasi maka data siswa yang yang mutasi akan bermasalah dan tidak bisa ditarik ke sekolah tujuan.

Jadi, langkahnya untuk sekolah asal adalah :
  1. Operator sekolah asal melakukan pemutasian data siswa melalui aplikasi dapodik, caranya : pilih siswa yang akan dimutasikan ⇒ Klik pada menu registrasi ⇒ gulung ke bawah silahkan isi data " Di isi saat sudah keluar" ⇒ Simpan dan tutup
  2. Cetak surat mutasi untuk Dapodik 2019 bisa dilakukan pada alamat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  3. Jika siswa tidak mutasi maka harus dikeluarkan caranya: login di manajemen data dikdasmen  ⇒ Pada menu peserta didik pilih siswa bersangkutan ⇒ Kik pada ikon bulat (biodata) ⇒ Di sebelah kiri pada tabel registrasi tekan tombol "Keluarkan" Ikuti proses selanjutnya sampai selesai.
  4. Lakukan sinkronisasi Dapodik (jika siswa dropout)
Langkahnya untuk sekolah tujuan adalah :
  1. Operator sekolah tujuan melakukan tarik data pindah/mutasi di laman manajemen data dikdasmen. caranya;
  2. Pada menu peserta didik tekan tombol "tambah peserta didik"
  3. Pilih menu Pindah / Mutasi
  4. Cari sekolah asal tekan tampilkan
  5. Pilih tujuan rombel
  6. Pilih siswa bersangkutan
  7. Simpan ikuti proses selanjutnya termasuk cetak mutasi
  8. Lakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik
Setelah data berhasil masuk lakukan perubahan jika ada perbaikan data pada peserta didik bersangkutan, selanjutnya lakukan sinkronisasi ulang.

Tahap selanjutnya login di laman verval PD, siswa yang muasi akan masuk pada menu status pengajuan mutasi ⇒ Ajukan mutasi siswa ⇒ cetak surat mutasi serahkan ke Dinas setempat.

Proses tarik data siswa berbeda dengan siswa yang dikeluarkan (drop out) yakni langsung melalui menu peserta didik baru. Caranya: Pilih sekolah asal ⇒ Tampilak data siswa ⇒ Pilih rombel tujuan ⇒ Centang siswa bersangkutan ⇒ Simpan dan lanjut ⇒ Hubung OPS Dinas setempat ⇒ Lakukan sinkronisasi Dapodik.

Tapi ingat! lakukan hal ini pada semester ganjil jika tidak maka data semester ganjil siswa bersangkutan bisa hilang meskipun data siswa bisa masuk di semester genap.

Jadi, kunci utama siswa bisa ditarik pindah/mutasi ke sekolah tujuan ada pada operator sekolah asal. Jika masih menemui kendala pada masalah siswa mutasi tidak bisa di tarik ke aplikasi Dapodik, silahkan berkomentar, akan saya jawab semampu saya.

205 komentar

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 205   Newer›   Newest»
avatar

mohon ijin pak, apabila akan menarik kembali siswa yg sudah terlanjur dikeluarkan di dapodik, namun pada menu sekolah asal tidak ada nama sekolah. kira2 itu knp dan bagaimana solusinya.. terimakasih

avatar

Jika sekolah tidak terdaftar di dapodik maka sekolah tidak muncul. Maka untuk menarik siswa dg menggunakan metode tambah siswa diluar dapodik.

Sebelumnya anda harus memastika dulu siswa yg anda keluarkan dimenu pd keluar dan web data dikdasmen sudah tidak ada jika karena ini juga mempengaruhi penarikan siswa.

avatar

Mohon pencerahannya pak,anak saya pindahan dari swasta ke sekolah dasar negeri,no dapodik dari sekolah asal swasta sudah dikeluarkan tapi ko di sekolah negeri sekarang tidak keluar no induk siswa nasional tidak muncul,,kenapa ya pak..

avatar

NISN harus melalui verval pak, yg punya hak akses adalah operator. Mohon kordinasikan dengan aporator sekolahnya

avatar

Kalau untuk dapodik guru dan siswa sekolah yang baru berdiri dan sedang proses mengurus perizinan, Apakah harus ikut ke sekolah induk?
Ketika nanti sekolah sudah mandiri, apakah dapodiknya bisa di tarik dari sekolah induk?

avatar

Ya masih ikut pada sekolah induk. Jika sudah mandiri dilakukan maping ulang siswa ke sekolah aslinya.

avatar

Selamat siang pak, anak saya lulus TK tahun Lalu terus lanjut home schooling, ters tahun ini saya masukan SD negeri dikelas 1 seumpama anak saya tidak mau sekolah formal kembali ke home schooling dikelas 2 apakah data dapodik itu mempengaruhi ketikan ujian paket A trimkasih

avatar

Tidak..

Anda bisa membaca di http://jdih.kemdikbud.go.id/asbodoku/media/peruu/permendikbud_tahun2014_nomor129.pdf

avatar

Terimakasih pak sudah memberikan pencerahan atas kekwatiran saya

avatar

Mau nanya, Pak. Kalo pindah dari SMA IPA ke SMK bisa ngga ya?

avatar

Bisa saja...
Lihat jurusannya pak, karena anak harus melakukan matrikulsai mapel yg tidak diajarkan

avatar

Maaf pak,jika anak sudah dikeluarkan dr dapodik sekolah asal, kemudian ditarik ke sekolah baru kemudian disinkronkan tapi tetap tidak mau masuk ke sekolah baru, mohon penjelasannya

avatar

Meskipun sudah dikeluarkan dari sekolah asal namun jika sekolah asal belum menyinkron datanya maka tidak bisa ditarik oleh sekolah tujuan.

Suruh sekolah asal untuk lakukan sinkronisasi dulu

avatar

Saya Operator SDN CILANDA BARAT 15 PAGI Ijin bertanya, siswa mutasi masuk sudah berhasil didaftarkan ke rombel tujuan, dapodik sudah sinkron. Tapi ketika masuk ke peserta didik anak tersebut tidak muncul mohon pencerahannya. Terima kasih salam satu data

avatar

Yang anda maksud siswa tersebut belum masuk aplikasi dapodik?. Kasus yg sering terjadi siswa mutasi masuk ke rombel kelas bawah. Jika iya kordinasikan dengan dinas.

avatar

Assalamualaikum, saya OPS SDN Cilandak Barat 15 Pagi mohon solusinya. Saya sudah menarik peserta didik mutasi masuk dengan mengikuti aturan yang berlaku. namun sampai dengan saya sinkron anak tersebut tidak tampil di data peserta didik. Saat ini Dapodik saya sudah versi 2021a. Terima kasih sebelumnya

avatar

Kasus nasional....mungkin masih ada bugs di aplikasi 2021.a. ada yg menyarankan install ulang dengan memakai prefill baru.

avatar

Ini pak saya mau tanya anak saya sudah di keluarkan atau di mutasikan di sekolah asalnya tapi tidak bisa di tarik namanya disekolah barunya itu kenapa ya pak

avatar

Sekolah asal harus sinkron dulu pak/bu. Meskipun sudah dimutasikan tapi sekolah asal belum sinkron siswa tidak bisa ditarik oleh sekolah tujuan.

avatar

Anak saya pindah dr sd kab.bdg ke kota bdg, sudah diterima di sekolah baru dan dilaporkan ke sekolah asal, dan di sekolah asalpun sudah dimutasikan tapi ketika mau print surat mutasi tidak bisa eror terus, dicek di data sekolah asal di siswa aktif sudah tidak ada, dan di siswa yg tdk aktif/pindah kosong tidak ada data sama sekali,,,jd harus bagaimana?sampai sekarang masih belum bs dicetak surat mutasi anak sy, kl begitu apakah tdk bs dimasukan datany ke sekolah baru?dan bagaimana kalo sampai akhir semester masih eror tidak bs diproses?apa yg harus dilakukan?takutnya data anak sy malahan ilang ga terdaftr dmna2,,,minta pencerahnnya terima kasih

avatar

Untuk surat mutasi bisa dibuat secara manual.

Jika sekolah asal dan sekolah penerima sama sama SD. data siswa bisa langsung ditarik. Namun jika beda sekolah bisa dientri secara manual.

avatar

terima kasih atas pencerahannya tapi secara manual pun tetap tidak bisa langsung ngelink yg online sedangkan yg online masih eror terus, ternyata di sekolah barupun ada yg pindah ke sekolah asal anak saya samajuga kendalanya seperti itu, apakah aplikasinya yg eror atau bagaimana?

avatar

Jika masih demikian. Pihak operator sekolah bisa berkordinasi dengan Operator cabang dinas/upt.

avatar

Anak saya pindah sekolah dari sekolah negri kelas 2 SD kesekolah negri yang baru,dalam satu dalam jangka 1 tahun,belum ditarik oleh sekolah yang baru sedang sekolah yang lama udah mengeluarkan data anak saya,dan disaat anak sekolah baru menarik data anak saya dari sekolah lama tidak ditemukan data anak saya pak solusinya gemana ya pak....?

avatar

Rekam Jejaknya bisa dilhat melalui aplikasi dapodik UPT Dinas pak. Coba kordinasikan dulu. Jika tidak ditemukan bisa tambah manual kemudian laporkan ke UPT Dinas.

avatar

mau tanya pak/buk anak saya sebelum nya sekolah sd di sumatera utara kota medan karena saya asli orang medan, karena saya bekerja di cirebon jawa barat jadi anak saya saya bawa dan saya pindah kan ke sekolah di cirebon, tapi dalam waktu kurang lebih 5 bulan anak saya minta balik ke medan milih tinggal sama nenek nya, jadi saya pindah kan lagi sekolah anak saya ke sekolah yang awal dia masuki,pihak sekolah yang di cirebon ingin mutasi anak saya tapi kenapa data diri sekolah anak saya bisa terdaftar di sekolah yg berbeda yg tidak pernah saya mendaftarkan nya, solusi nua gimana ya

avatar

Pakai surat mutasi manual. Asalkan sekolah tujuan saat menarik data siswa tidak ada masalah

avatar

Selamat siang pak anak saya kan sudah keluar dr SMK terus masuk ke SMAN melalui online usia.pertanyaan saya kenapa data Nya msh ada di sekolah lama

avatar

1. Mungkin di sekolah lama belum dimutasikan atau belum dikeluarkan.

2. Aplikasi dapodik sekolah lama belum disinkronisasi.


Solusinya ninta dimutasikan/dikeluarkan lalu aplikasi dapodiknya di sinkronisasi.

avatar

Selamat sore pak.
Anak saya kelas 4 sd mau pindah disemester 2 ini apa masih bisa pak?
Sedangkan kata operator sekolah belum bisa karna dapodiknya sudah tutup.
Mohon pencerahannya pak.
Terimakasih

avatar

Betul pak/bu, dapodik masih ditutup untuk sinkronisasi karena persiapan rilis semester genap.

Sebaiknya menunggu setelah rilis terbaru agar tidak terjadi kendala saat penarikan data/mutasi data.

avatar

Untuk dapodik dibukanya apa ada pemberitahuan berapa lama pak ?
Terimakasih atas jawabannya

avatar

Ya setiap update pembaruan mesti ada pemberitahuan baik melalui surat edaran maupun melalui laman resminya. Namun untuk berapa lama kita belum tahu pasti.


Sebenarnya siswa bisa secara langsung pindah/mutasi, sedangkan untuk penarikan data onlinenya bisa menunggu rilis dapodik terbarunya. Namun semua kembali pada kebijakan sekolah masing2.

avatar

ass..pak mau tanya saya tarik siswa dha beberapa kali ngk bisa..siswa tersebut dulu pernah sekolah di SD saya kemudian pindah ke SD lain...sekarang kembali lgi ke SD sya..bagaimana cara tariknya ya mohon solusinnya

avatar

SD lain mengeluarkan dulu siswa tersebut kemudian jika sudah di sinkronkan, anda bisa menarik datanya.

avatar

Saya ops smp dari flores. Kasus saya, Saya sudah tarik siswa mutasi dari sekolah asal tapi tidak muncul di dapodik. Walaupun saya sudah berkali kali sinkron

avatar

Untuk siswa mutasi tetap harus menghubungi OP Dinas Pak.

avatar

mutasi siswa luar dapodik...sudah aku isi semua....tetapi tidak terbaca si dinas....gimana solusinya

avatar

Kalau pengisian di laman manajemen sekolah (sp.datadik) berhasil mestinya sudah bisa terkoneksi dengan manajemen dinas. Kalau di dinas tidak ditemukan Barangkali pangaruh server pusat.

Atau coba entri ulang barangkali data belum tersimpan.

avatar

Maap PK ank saya klas 6 pindah sekolah dan dari sekolah lama ,dari dapodik nya sudah di keluarkan atau mutasi,tapi knpa ketika di data mau ujian gk ad data anak ny ktny belum di keluar kan dari skolah lama ny ,STLH saya konfir skolah lma ny ,kpla skolah mengklem anak sudah di keluar kan ,bagaimana itu PK, kasus ny,apkah nanti semester awal mengulang daptar lagi ap bisa terdapat dan ikut ujian,trimakasih dari kalteng

avatar

Sebaiknya di kroscek melalui admin dinas pak/bu. Jika di dinas tidak ditemukan datanya, minta di entrikan manual.

avatar

Maaf Pak, izin bertanya. Ada permasalahan peserta didik pindah ke Klaten di kelas 3 semester 2, ketika akan ditarik ke sekolah baru, data anak tidak ditemukan. Dan NISN anak ini juga tidak ditemukan. Sekolah asal merupakan Yayasan Islam di Bogor (TK juga disana). Kemungkinan apa penyebabnya Pak? dan bagaimana solusinya? Kalau harus mengulang dari kelas 1 sangat kasihan.

avatar

Pastikan bahwa sekolahnya dibawah naungan kemdikbud bukan kemenag. Sekolah dibawah naungan kemenag meskipun sudah sinkron dengan dapodik namun belum bisa dioperasikan secara sempurna.

Jika dibawah naungan kemenag maka harus menambahkan peserta didik secara manual kemudian berkoordinasi dengan op dinas.


Jika sama dinaungan kemdikbud maka langkah pertama sekolah asal memutasikan/mengeluarkan siswa tersebut kemudian sinkron tunggu 2x24 jam agar data terbaca oleh server pusat.

Kemudian sekolah tujuan tarik data PD melalui laman manajemen.

avatar

Anak saya sekolah di MI kabupaten pada th 2016 saat kelas 2 mutasi ke MI kota, setelah kelas 6 br nyadar cek NISN ternyta statusnya tidak aktif. Tanya operator sekolah asal katanya sudah dikeluarkan, tanya operator sekolah baru ada kendala di aplikasi. Apakah tarik data bisa dilakukan oleh operator kota /kemenag. Atau ada solusi lain

avatar

Kalau mutasi sebaiknya dimutasikan datanya jangan dilakukan dropout/keluar. Kalau mau tarik data harus dilakukan verval dulu. Coba lakukan verval dulu jika tidak bisa maka harus menghubungi pusat data NISN

avatar

Saya ada siswa mutasi
Dulu kls 1 awal ada di lembaga saya sdgkn pd saat semester 2 pindah ke luar propinsi sekarang anaknya sudah kelas 4 kembali lagi ke lembaga saya.
Tetapi setelah saya tarik datanya tidak bisa masuk ke aplikasi padahal saya sudah syncron berkali2.

avatar

Dilakukan 2 arah sekolah asal memutasikan kemudian sinkron. Sekolah tujuan tarik data dan sinkron.

Jija masih terjadi kendala tidak bisa masuk maka busa dilakukan dengan akun op dinas

avatar

Anak sy pindah dari SD ke MI tahun 2019, namun sy baru sadar kalau status nisn anak saya tidak aktif. Mohon masukan dan solusinya..trm ksh

avatar

Diverval dulu oleh operator. Jika masih blm aktif ajukan ke pusat data nisn dg bukti fisik nisn

avatar

saya mau tanya pak. anak saya th 2020 keluar dr sekolah krn mau lanjut HS utk selanjutnya ikut ujian persamaan paket A. tp dr pihak sekolah menolak cabut berkas karna saya tdk mengajukan mutasi, kalo saya mengajukan mutasi sekolah menuntut biaya 900rb yg menurut saya tdk masuk akal. sementara utk ikut ujian paket status anak saya di dapodik harus di nonaktifkan dl. utk bs didaftarkan di PKBM. apa yg hrs saya lakukan pak ?

avatar

Karena sekarang itu by sistem agar tidak terjadi kesalahan yang fatal untuk lebih validnya informasi sebaiknya sebaiknya konsultasikan ke dinas pendidikan / UPT.

Masalah administrasi setiap sekolah memiliki kebijakan masing2 dan administrasi itu pasti ada rinciannya. πŸ™

avatar

Maaf pak saya izin bertanya...tahun lalu anak saya masuk sekolah SD tapi dsemester 1 berhenti pak...kmdian tahun ini mau daftar lg tp lain sekolah bgmna pak? Dr sekolah SD dulu katanya udah dikeluarkan bgmn nnti d sekolah baru mohon dijawab pak Terimaksih

avatar

Bisa dimasukkan secara manual...

avatar

Terimakasih jwbn nya pak....

avatar

mohon dibantu pak..anak saya sekolah disdit daerah bojong gede yg blm terdaftar didiknas katanya msh dalam proses perizinannya didiknas,saat ini sy sedang mengajukan pindah sekolah ke daerah tangerang.apakah proses pindahnya akan sulit dan apakah bisa diterima disekolah yang baru..terimakasih

avatar

Karena sekarang sistemnya zonasi Sebaiknya anda konfirmasikan terlebih dulu ke sekolah tujuan.

avatar

Pak anak saya mau ngulang kls 1 thn ini lewat ppdb skrg bisa gak? Makasih

avatar

Maaf pak mohon ijin mau tanya..anak saya mau pindah dr SDN giriharjo Jawa timur ke SDN Kademangan tangsel, akan tetapi dapodik sudah ditutup.apakah bisa masuk ke sekolah yg baru dengan mutasi manual, baru dapodiknya menyusul setelah tahun ajaran baru dirilis.mohon pencerahannya..terimakasih pak

avatar

Untuk lebih jelasnya silahkan langsung berhubungan dengan sekolah bersangkutan...

avatar

Maaf pak izin.saya ops SD mau nanya pak saya ada siswa mutasi sejak kelas 4 SD tapu saya belum pernah tarik pak. Nah sekarang sudah naik kelas 5 SD, apa rombel tujuan yg saya pilih pak. Apakah tidak masalah jika selama kelas 4 siswa saya tidak terdaftar di dapodik saya pak..makasih

avatar

Sebaiknya berhubungan dengan op dinas biar mudah nemasukkan ke rombel tujuannya

avatar

saya mau tanya... anak saya dr kelas 7 swasta mau mutasi ke smp negeri,dr skolah swasta saya minta nilai rapor semester akhir katanya gk bisa diprint menunggu dapodik terbaru,jadi sampai skrg blom dapet skolahan, karena syaratnya rapor itu belum lengakp.gmn solusinya ? terima kasih

avatar

Mohom maaf ya, kok nilai semester akhir blm diprint semestinya sudah dibagikan ke orang tua.

Bisa menggunakan salinannya terlebih dulu.

avatar

Mau nanya..aplikasi dapodik 2022 sekarang itu ops tidk perlu meluluskan siswa krn akan lulus dan dikeluarkan secra otomatis oleh pusat.
Yg jd persoalan adlah di dapodik paud kami itu setelh ops menginstal dapodik 2022 dan mau input data ternyata peserta didik yang lama semuanya masih ada/ blm keluar secara otomatis dr dapodik..ini kira bagaimana ya agar suswa yg sudah lulus bisa keluar dr dapodik kami..krna kami takut nti ops SD komplein karna siswax blm keluar dr dapodik paud

avatar

Dlm registrasi siswa keluarpun tidak ada pilihan" Lulus", hanya pilihan DIKELUARKAN, MUTASI, WAFAT, DLL.
kalau seandainya siswa yg sudah lulus namun namax msh ada di dapodik paud itu kami keluarkan dengan pilihan DIKELUARKAN bisa ngga? Kira2 datanya bisa ditarik ops SD dimana anak2 itu masuk SD dr dapodik paud nda?
Kira2 dgn cara itu bisa jd bermasalah ngga?

avatar

Sebelumnya kami mohon maaf karena blm pernah mengoperasikan dapodik paud.

Sebaiknya Jangan gegabah mengeluarkan siswa yg lulus...

Pastikan apakah aplikasi dapodiknya sudah sesuai jenjang.

Lebih baik konsultasikan ke op dinas terlebih dahulu.

avatar

Maaf saya mau tanya pak, adek saya kan tadinya daftar di SMK tahun ajaran ini baru daftar saja belum daftar ulang padahal tapi mau pindah SMA sudah diterima, tapi pada saat sudah di SMA malah data adek saya ada di sekolah swasta di Kudus. padahal tidak pernah mendaftar disana lalu kata guru SMA datanya harus di keluarkan dari dapodik di Kudus sana tapi dikudus tidak ada data adek saya pak, jadi saya bingung bagaimana ini

avatar

Dari MA Kudus tidak ada data adek saya, tapi pada saat SMA mau memasukan data adek saya malah terdaftar di MA Kudus tsb, kan jadi bingung mau minta dikeluarkan dari data dapodik tapi tidak terdaftar di Kudus ini bagaimana ya, dari SMA bilang input data siswa paling lambat tgl 31 Agustus 2021. Tolong pak solusinya

avatar

MA Kudus lakukan verval DO dan LTM dulu.

Jika masih tidak bisa maka bisa dilakukan melalui OP Dinas bawa data siswa agar ditracking.

avatar

Jika nantinya pihak SMA mengusahakan melalui dinas pendidikan provinsi langsung apakah bisa pak?

avatar

Bisa, pasti ada solusi. Semangat

avatar

Amiin semoga saja bisa dipermudah pak. Terimakasih penjelasannya pak

avatar

Selamat siang pak,mohon maaf mau tanya anak saya kan saya pindahakan najk kls 5 dari prop.Jatim ke prop.DIY,namun sebelumnya dinas jatim melarang terkait nama anak saya sdh terdaftar di sekolah lama sejak kls 4 untuk mengikuti AKM,dan setelah saya komunikasikan sama sekolah baru dan sekolah baru tanya ke dinas DIY katanya siswa harus dilepas dulu dari jatim baru DIY bisa menarik siswa...nah kendalanya pak tgl 5 agustus kemaren saya di konfirmasi sekolah yg baru agar sekolah yg lama segera melepas siswa sedangkan sdh saya konfirmasi sekolah lama sudah melepas pak,tp di sekolah yg baru belom ada pak,mohon pencerahannya pak apakah ada hubungannya denga AKM yg awal di atas pak yg di jadikan alasan anak saya jgn pindah,sedangkat saya sdh pindah domisili di Yogya jd mau tidak mau anak saya juga harus ikut pindah pak...terimakasih banyak sebelumnya pak����

avatar

Lakukan mutasi jangan DO Jika DO maka harus verval DO

Sekolah lama setelah melakukan mutasi maka lakukan sinkronisasi. Biasanya 2×24 jam namun bisa lebih lama 7 hari tergantung lalulintas server pusat.

Jika selama itu tidak ketemu maka bisa ditracking melalui OP dinas.

avatar

maaf pak tanya siswa pindahan ke sekolah kami sudah 2 tahun, namun belum dikeluarkan dari sekolah asal padahal sudah bolak-balik di hubungi setiap saya tarik online siswa tesebut masuih di sekolah lama, adakah solusi tarik siswa tanpa dilepas sekolah asal?

avatar

tidak bisa harus di lepas, mungkin bisa dicoba melalui tracking OP Dinas

avatar

Anak saya pindahan dari non dapodik ke dapodik,prosesnya sudah hampir satu bulan yang lalu,namum hari ini operator dan kepala sekolah tsb menghubungi saya dan bilang data anak saya tidak bisa ditarik karena masih berstatus aktif disekolah asal padahal sudah dilakukan mutasi di sekolah asal,solusinya bagaimana ya?

avatar

Pindahan non dapodik jika sekolah asal tidak terkoneksi dengan dapodik bisa di input diluar dapodik. Jika sekolah asal terkoneksi dg dapodik maka harus dimutasikan kemudian sinkron. Sekolah tujuan tarik data dari sp datadik. Setelah itu tarik data si aplikasi dapodik.

Jika masih tdk bisa kordinasi dengan op dinas.

avatar

Apa berarti sekolah asal anak saya belum mensinkronkan saat proses mutasinya?Sehingga datanya masih terdaftar sebagai siswa aktif?

avatar

Ya. Bisa jadi...sekolah asal bisa melihat di verval DO dan LTM untuk diverifikasi.

avatar

Maaf min mau nanya, anak sy umur 4th masuk tk tp hy 1bulan gak mau lagi sekolah, sekarang masuk tk yg berbeda daerah tp data mutasi gak ada di sekolah asal, gimana caranya kami harus mengurusnya karena jarak sekolah asal di sulawesi sekarang di yogya, terima kasih

avatar

Jika bisa di entri pd baru...lakukan entri data baru saja...

avatar

selamat pagi pak. ijin bertanya saya mau narik peserta didik pindahan dari dari kalimantan. saya juga sudah mengisi datanya dari provinsi, kabupaten, kecamatan, sd, kemudian saya tampilkan. tetapi tidak ada nama peserta didik tersebut. solusinya bagaimana ya pak? mohon bantuannya pak. terima kasih

avatar

sp datadik biasanya terkendala di jaringan internetnya sehingga loading tampilannya tidak sempurna.

Atau mungkin salah data alamat sekolah. Coba diteliti sesuai dengan surat mutasinya.

Jangan2 bukan mutasi tapi dropout πŸ™

Jika bukan karena itu, bisa ditracking melalui op dinas.

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

Selamat pagi pak, anak saya kan baru lulus SD terus melanjutkan ke MtSN, pas mau penarikan NISN katanya tidak bisa tertarik karena masih terdaftar sbg murid di SD, padahal sudah lulus, bagaimana ya pak kalo seperti itu?

avatar

Operator sekolah bisa kordinasi ke operator dinas

avatar

Selamat malam pak mau tanya data dapodik saya belum dikeluarkan dari sekolah lama tpi saya sudah daftar disekolah baru,mau minta dikeluarkan datanya dari sekolahan lama tpi harus melunasi kekurangan administrasinya gimana ya pak?

avatar

Kalau kebijakan sekolah seperti itu, ya prosedurnya diikuti.agar sama2 mudah πŸ™

avatar

Selamat malam pak, izin bertanya, kenapa bisa nisn saya terdaftar di sekolah lain yang berbeda kabupaten dengan saya, padahal saya tidak pernah daftar di sekolah tersebut juga saya tidak kesana?

avatar

Banyak kasus seperti itu. Mungkin sistem matching dulunya salah. Tapi tdk apa2 bisa divervalkan oleh OPS.

avatar

Tahun Lalu anak saya TK A di Kendal, Tahun ini ia saya daftarkan ke TK B di Semarang (pd bulan in), ia sudah masuk data dapodik, ketika saya meminta pencabutan berkas dan sinkronisasi dapodik dari TK asal. saya dikenai biaya (-SPP, -admnistrasi 1th, -akta notaris, sumbangan) total 500rb .

Apakah itu aturan resmi Dari Diknas padahal kami belum mendaftar atau daftar ulang kelompok TK A pada TK asal dan belum pernah masuk sekolah sampai Bulan ini..?

Mohon pencerahannya...Terimakasih

avatar

maaf pak mau tanya
kan saya punya siswa pindahan dari kecamatan lain, lalu lembaga sana sudah mutasi anak tersebut dan sudah sinkron 2x tapi dari lembaga saya mau tarik data di sp.datadik kenapa kok gak muncul anak tersebut pak?

avatar

Pak teguh hariadi. Mungkin itu biaya komite (sekolah). Setiap sekolah memiliki kebijakan masing2.πŸ™

avatar

Mutasi dan DO prosesnya berbeda, jika mutasi sdh pasti akan tampil siswanya jika nama sekolahnya ada. Selanjutnya tinggal daftarkan siswa tersebut ke rombel tujuan.

Contoh di sp datadik.
Mutasi masuk peserta didik
Propinsi: Prov.
Kabupaten/Kota : Kab.
Kecamatan : Kec.
Nama Sekolah : sekolah
Rombel Tujuan : 11 IIS

Pilih siswa
Daftarkan

avatar

anak saya pindah sekolah dari SMK ke M A,pas sya mau tarik dapodik nya,kata gurunya harus melunasi sangkutan seperti spp nya.padahal anak saya sudah keluar sekolah sudah lama,itu gmna mohon info nya

avatar

DO dan mutasi itu beda. Kalau siswa DO berarti data siswa by sistem di sekolah asal sdh keluar. Tapi kalau mutasi data siswa di system maaih aktif di sekolah asal.

Proses mutasi harus mengikuti kebijakan sekolah masing2.

Jika DO maka siswa tdk bisa pindah ke sekolah lain dg masuk ke tingkat kelas yg sama ditahun berjalan, harus mengulang dikelas yang sama pada tahun sebelumnya.

avatar

Apabila siswa mutasi sdh dpt surat mutasi dr kepala sekolah asal tp Dapodiknya tdk mau dikeluarkan krn alasan siswa msh ada tunggakan , apakah tindakan ini di benarkan. Dan jika sdh berkali kali ortu sdh memohon utk dikeluarkan dapodik anaknya apakah ada cara lain ?

avatar

Jika siswa sdh dapat surat mutasi dr kepala sekolah asal tp dapodiknya tdk mau dikeluarkan krn alasan siswa msh ada tunggakan , apakah tindakan sekolah ini benarkan . Dan jika sdh berkali kali ortu sdh memohon utk dikeluarkan dapodik anaknya tp tetap tidak dikeluarkan , apakah ada cara lain ?

avatar

Tidak benar.

Anda bisa langsung ke operator dinas untuk di mapping dari sana..silahkan bawa berkas mutasi dan berkas pendukung lainnya.

avatar

Assalamualaikum pak anak saya sekarang di SD formal kelas 2 ini akan saya pindah ke home schooling apakah harus mengajukan surat pindah untuk menarik nisn nya pak terimakasih

avatar

Prosesnya sama bu/pak...

avatar

prosesnya sama artinya kalau mau mutasi ke (home schooling) yang tercatat di sistem dapodik maka harus ada surat mutasi

avatar

Asskum, anak saya daftar di SMA magetan dijanjikan kalo ad yg mengundurkan diri br di trima, trus daftar di SMA madiun, ternyata di SMA magtn di trima tp trnyata dapodiny udh terdaftar di madiun, tp anakny sekolahny di magetan ga mau di madiun. Pihak sekolah mgt minta saya mengurus surat pindah dr sek madiun tp ternyata ga di kasih ga boleh pindah. Sedangkan ank saya ga mau sekolah di madiun tiap hari masuk sekolahnya di magetan. Gmn mbk solusinya, saya udh bingung, udh 5 kali ke SMA madiun ga di respon, intiny ga boleh pindah, krn sekolahnya kayakny kekurangan murit, tolong mbk gmn ini

avatar

Bismillah, ijin bertanya pak, anak sy sdh dikeluarkan dari dapodik sekolah lama, sdh cetak mutasi dan sinkron. Tp knp di emis (kemenag) wktu akan tarik data munculnya siswa msh aktif di sekolah asal y pak? Mohon pencerahannya, apakah bisa input manual dr sekolah baru (emis)?. Terimakasih

avatar

Proses mutasi masuk peserta didik dilakukan melalui laman sp.datadik. pastikan bahwa sekolah asal sdh melakukan sinkron data minimal 2x24 jam.

Pastikan bahwa sekolah asal sdh mengeluarkan peserta didik dengan benar melalui menu registrasi.

Jika proses diatas sdh benar dan masih terdeteksi siswa aktif disekolah asal silahkan konfirmasi dg op dinas.

Tidak disarankan untuk menginput data secara manual jika data PD sdh aktif secara online karena akan terjadi data ganda

avatar

Tp apakah akan bermasalah di dapodik sekolah asal ya pak apabila tdk ditindaklanjuti, sdgkan sptnya dr pihak ops sekolah asal msh kurang merespon krn merasa data pd sdh dimutasikanπŸ™

avatar

Meskipun sdh di mutasi tapi kalau blm di sinkron maka peserta didik masih terdeteksi aktif oleh karena itu sekolah asal harus lakukan sinkron setelah itu tunggu 2x24 jam untuk penarikan data siswa mutasi masuk dari lama sp.datadik.kemdikbud.go.id

Tidak ada masalah untuk sekolah asal jika sudah memutasikan dan sinkronisasi.

avatar

Assalamualaikum.. permisi pa
Mohon maaf..
Jika ada siswa yang pindah..secara status di sekolah asal tidak aktif dan keterangan di surat pindah sudah tidak berlaku,sedangkan di sekolah tujuan dapodik belum masuk...bagaimana solusinya?
Terimakasih

avatar

Biasanya ya di tracking melalui op dinas nanti di mapping juga ke rombel tujuan. Jika di input manual maka akan terdeteksi sebagai siswa baru shg hanya bisa masuk ke rombel kelas awal.

avatar

Terimakasih pakπŸ™

avatar

Selamat siang admin, izin bertanya
Anak saya dari PKBM yang belum menggunakan Dapodik dan NISN, mengajukan pindah ke sekolah formal yang menngunakan Dapodik dan NISN. Apakah hal tersebut bisa dilakukan? Terimakasih

avatar

Bisa, siapkan berkas2 yg dibutuhkan oleh sekolah penerimanya.

avatar

Ijin bertanya pak,,anak saya pindah SMA dari kota Payakumbuh ke Padang jadi udah hampir 2 bulan data dapodik anak saya belum juga singkron kata operator sekolah yang lama sedangkan kata nya sudah di keluarkan dari dapodik sekolah lama, sedangkan dari sekolah baru suda menagih ke saya,,, Terimakasih πŸ™πŸ™πŸ™

avatar

Saat tarik data siswa di sekolah tujuan pastikan data siswanya sdh muncul. Jika tdk ada/tidak ketemu bisa di tracking melalui operator dinas.

avatar

mohon bimbingan pak...saya dapat kabar ada siswa yang mutasi ke sd saya padahal dari sd pindahan sudah singkron,yang saya tanyakan kenapa sudah singkron ko belum muncul di spdatadik samapai sekarang sudah 1 minggu belum muncul

avatar

Kalau sudah sinkron dan benar cara mutasinya mestinya 2×24 jam data siswa sudah terlihat di sp.datadik. dg catatan pilihan sekolahnya benar. Untuk data siswa mutasi/keluar silahkan ditampilkan semuanya. Atau bisa dishorter by nama.

Jika memang tdk ada silahkan di tracking melalui op dinas.πŸ™

avatar

Halo pak..jdi saya dri pesantren pak ..saya baru"ini pindah ke sma krna ingin mengambil ijazah jurusan IPA ..saya sudah kelas 12 pak..

Saya sudah pindah ke sma sudah 2 bulan..tetapi sya gak pernah masuk pelajarannya krna saya msih dipesantren sya begitupula dipesantren saya semenjak nama saya sudah di mutasi sya jga tdk pernah ikut pembelajaran di pesantren saya selama 2 bulan

Tetapi sya ingin kembali ke pesantren sya pak sya ingin ujian dan sekolah seperti biasa di pesantren saya..apakah itu msih bisa pindah pak??

avatar

Sebaiknya langsung dikonfirmasikan ke sekolah bersangkutan agar tidak terjadi kesalahan data.

avatar

mohon bimbingannya pak, apakah bisa mearik siswa smk ke sma, permasalahnnya siswa smknya sudah di keluarkan olek sekolah dengan status mutasi, sedangkan dari pihak sma bilang tidak bisa di tarik dari smk ke sma hohon penjelasannya pak terimakasih banyak

avatar

bisa, cuma ada mapel matrikulasi yang harus dipenuhi karena ada mapel yang berbeda....

namun, prosedur mutasi juga tergantung pada sekolah penerimanya.

avatar

Izin bertanya pak, saya mendaftar di sekolah Man 2, pas di cek lagi data siswa saya terdaftar di sekolah Man 1, padahal saya tidak mendaftar di MAN 1, bisa tidak pak data siswa saya dikeluarkan atau dipindahkan dari Man 1 ke MAN 2,kalo bisa gimana caranya pak?

avatar

Bisa. Minta ops man 2 mengeluarkan data siswa dg alasan salah input/entri. (Bukan drop out).

avatar

Maksudnya ops MAN 1 bukan OPS MAN 2

avatar

Pak anak saya tidak jadi pindah sekolah ,tapi sudah terlanjur di keluarkan dari sekolah yang lama. Apa masih bisa di tarik kembali kesekolah itu ?

avatar

Bisa, hanya saja tergantung kebijakan sekolahnya masih mau menerima atau tidak.

avatar

Assalamualaikum pak,saya mau bertanya,anak saya sekolah kelas 5 SD dan berhenti tidak mengikuti pelajaran selama 1semester,dan saya orang tua pindah ke luar kabupaten,dan anak saya menerus kan sekolah nya di sekolah yg baru,setelah pihak sekolah yg baru mau menarik data dari sekolah lama kok nama nya tidak ada di daftar mutasi siswa, dan ahir nya saya menghubungi pihak sekolah yg lama,agar mengeluar kan/memutasikan anak saya,kepsek sekolah yg lama mengklaim anak bapak sudah saya keluarkan dari depodik dengan status mengundur kan diri katanyaa""Nahh yg ingin saya tanya kan ,1.kenapa walaupun sudah di mutasikan tapi sekolah yg baru belum bisa menarik data anak saya tsb,2.dan walaupun sudah di keluarkan tapi saya belum menerima surat mutasi,mohon pak pencerahan nya....???

avatar

Mengundurkan diri itu bukan mutasi pak/bu,sebaiknya berkordinasi dg ops dinas

avatar

Keterangan dari kepsek yg lama,sudah dikeluarkan dari depodik,namun status nya mengundur kan diri,terus bagai mana langkah selanjut nya agar anak saya bisa di mutasikan dan data nya bisa ditarik oleh sekolah yg baru, langkah untuk berkoordinasi ke ops dinas itu,apa kah saya selaku orang tua/kepala sekolah yang lama....??mhon pak pencerahan nya....

avatar

Jika mengundurkan diri maka data peserta didik menjadi dropout. Hal ini berbeda dengan mutasi oleh karena itu data siswa tidak terbaca di data mutasi.

Sekolah baru (penerima) bisa berkordinasi dengan OP dinas.

avatar

Maaf..bgmn jika status anak sy tdk aktif di satuan pendidikan(stlh cek NISN di dapodik)...pdhl sdh belajar di SDN 1 Abepura dr awal klas 1 semester 1 ajaran 2019/2020.lah br di tanyakan dikelas 2..krn akan dibagikan hsl rapor semester 1 kls 2 ini..
Mohon pencerahannya..

avatar

Silahkan di verval pd untuk dibuatkan NISN yang baru

avatar

Mau tanya pak,anak saya mau pindah sekolah dari SMA ke SMA tpi terkendala di KKM yg berbeda dari sekolah asal ke sekolah tujuan apakah solusinya pak???

avatar

Secara teknis harusnya dilakukan matrikulasi mapel dan ini tidak mudah prosesnya. Namun silahkan dilakukan sesuai dengan kebijakan sekolah.πŸ™

avatar

Punteun mau tanya pak..
Anak saya sekolah SD sekarang di kabupaten jawa timur.. dan untuk nanti smp nya ada rencana mau meneruskan sekolah SMP ke kabupaten bandung..
Untuk persyaratanya apakah sulit yaa..
Soalnya di jawatimur anak masih ikut KK nenek nya
Tolong dibantu solusinya pak ��

avatar

Mudah, yang penting di ikuti juknis ppdb dari sekolah tujuannya. Untuk KK bisa diubah melalui dukcapil

avatar

Maaf mau tanya pak, anak sy kelas 1 SD. waktu semester 1 sekolah di sekolah non formal yg menginduk ke sebuah PKBM ketika itu saya cek sudaj ada NISN nya dg status aktif. Nah, ketika masuk semester 2 anak sy pindah ke SD Negeri barusan sy coba cek NISN lagi keterangannya status siswa tidak aktif itu kenapa ya pak? Dan bagaimana solusinya? Terimakasih

avatar

Maksudnya dibagian status aktif keterangannya "status tidak aktif di satuan pendidikan"

avatar

Silahkan hubungi Operator sekolahnya bu/pak supaya dilakukan verval pd.

avatar

Terimakasih pencerahannya.. sy Sudah menghubungi oparator sekolah barusan, katanya sedang ada troble di dapodik sekolah yg bersangkutan dan sekarang sedang di konsultasikan dg dinas pendidikan katanya

avatar

assalamualaikum pak mau bertanya..saya mau menarik siswa pindahan di sp datadik..dan siswa sudah dimutasi dari sekolah asal..saat saya mau menarik dan semua data sudah diisi tetapi rombel tujuan tidak muncul pak..tolong pak itu gimna solusinya? terima kasih

avatar

Biasanya itu pengaruh dari masalah jaringan atau server pusat saja. Lakukan reload dan sabar mengisi kembali πŸ™

avatar

anakku pindah sd ,sudah dinonaktifkan oleh sd lama, tp di sd baru status aktifnya "tidak aktif dalam satuan pendidikan " sudah hubungi TU katanya memang ada kendala dr sana saat penginputan, dan apakah status tidak aktif dalam satuan pendidikan bisa berpengaruh penerimaan kjp?? karna di dtks nik ada , tp pas pengumuman tidak ada nama anak saya

avatar

Selain terdaftar di dtks, syarat lainnya siswa juga harus aktif (terdaftar di sekolah)

Catatan : untuk pindah (mutasi) data siswa tidak boleh di non aktifkan.

avatar

Mohon ijin pak bertanya. Apakah boleh kembali lagi ke sekolah yang lama setelah pindah ke sekolah yg baru pak? Mohon arahannya bapak..

avatar

Mohon dilihat kebijakan/peraturan tentang mutasi masuk dan mutasi keluar di sekolahnya, karena setiap sekolah memiliki kebijakan yang berbeda.

Atau sebaiknya bapak/ibu tanyakan ke unit layanan di sekolah tersebut.

avatar

maaf ijin tanya, anak saya pindah dari SMA swasta ke negeri kelas 10 semester ganjil..saya sdh urus semua sampai ke diknas...utk memastikan bahwa data dan nilai raport semester ganjil anak saya sdh masuk sebagai data raport nanti masuk PTN jalur SNMPTN, harus kmn dan bgmn..terimaksih

avatar

Ibu cecilia, jika pihak sekolah sdh menggunakan eraport online anda bisa memantau perkembangan nilai anak anda, hal ini anda bisa tanyakan ke pihak sekolah mengenai user dan passwordnya.

Jika pihak sekolah blm menggunakan erapot online maka bpm bisa melihat trackingnya.

Biasanya nilai raport akan dimasukkan secara manual di aplikasi PDSS untuk kepentingan SNMPTN dan lainnya.

Silahkan bertanya ke wali kelas atau BP/BK

avatar

Maaf izin bertanya,anak saya kelas 10 di sekolah swasta.mau mengulang mendaftar dikelas 10 sekolah negeri ,apakah mendaftar sebagai siswa baru sekolah negeri tetap harus mengurus surat kesekolah lamanya?

avatar

Ya, agar sekolah tidak salah saat mengeluarkan siswa. Dan bagi sekolah baru agar mudah saat melakukan tracking tarik data

avatar

Mw tany kk. Maaf sy ortu siswa sd. Gni k ank sy pindah sekolah antr kabupaten bulan 3 2022 kmren..setelah lebaran to ternyt anak sya memilih kembali ke SD asal dia sekolah.
Stelah tny2 ke SD asal ktny dapodik anak sdah dikeluarkn dr SD asal. Dan blm bisa menerima kembali disemester genap.
Masih bisakah anak saya kembali ke SD Asal?

avatar

Kebijakan sekokah biasanya ketika mengeluarkan (mutasi) siswa tidak menerima kembali siswa yang sudah dimutasikan..

Sebaiknya dikoordinasikan lebih lanjut dg pihak sekolah barangkali masih bisa/mau menerima πŸ™

avatar

mau bertanya, anak saya berasal dari MIN, kemudian melajutkan ke pesantren di pamulang hanya sampai kelas 7 semester 1, semester 2 tidak tuntas karena pindah pesantren ke dekat rumah dan mengulang dari kelas 7. proses pindah dari pesantren pamulang sudah tuntas. Namun di pesantren yang baru, anak saya dikeluarkan saat akhir semester 2 karena ada pelanggaran. kami tidak diberikan rapot dan data anak saya katanya sudah dicabut dari emis. sekarang anak saya daftar di pkbm dapodik diknas bukan madrasah, katanya pkbm tidak dapat input manual dapodik karena berasal dari madrasah, harus dilakukannya tahun depan ajaran baru, saat kelas 8. bagaimana nasib rapot semester 2 anak saya di pkbm apakah tidak diakui ? padahal rencananya kami mau pindahkan ke sekolah formal saat kelas 8. dengan asumsi, rapot kelas 7 anak saya sudah lengkap semester 1 dan 2. status nisn anak saya adalah aktif, namun npsn sekolah tidak ditemukan. apakah anak saya bisa terinput manual di dapodik saat ini ?

avatar

Kok aneh ya, mutasi kelas 7 dilakukan di kelas 8 nya (tahun ajaran baru)? Bagaimana prosedurnya ini? Mestinya harus dilakukan di tahun semester berjalan serta berkonsultasi dg dinas pendidikan, dan data siswa sdh harus terdaftar di dapodik. πŸ™

avatar

Mohon infonya pak, anak saya ada 3 orang di PKBM A. 1 orang sudah dpt ijazah SD/Paket A, dan sudah sekolah diponpes tapi pihak ponpes memberitahu NISN anak saya tsb tidak bisa di cek online. Lalu 2 anak saya yg lainnya saya pindahkan ke PKBM B, tapi tidak bisa juga di cek NISN nya, setelah saya datangi ke PKBM A, ternyata mereka bohongi saya saat bilang data anak2 saya sudah dipindah. Setelah saya protes, data anak saya yg 2 org ini muncul di cek nisn online tapi statusnya tidak aktif di satuan pendidikan..dan tetap tidak bisa didaftarkan ke PKBM B. Mohon masukannya PakπŸ™πŸ» Terimakasih.

avatar

Secara umum harus dilakukan verval NISN, untuk melihat trackingnya di verval pd. Hal ini bisa dilakukan oleh OPS.

avatar

Mohon ijin bertanya, anak saya kelas 2 SD naik kelas 3, ingin pindah sekolah dr swasta ke negeri karena alasan ekonomi. Namun pihak sekolah lama (swasta) tidak mau memutasi anak saya (mungkin takut kehilangan siswa karena jumlah siswa sedikit).

Sementara tgl penerimaan murid baru berakhir tgl 14 bulan ini. Langkah apa yg harus saya lakukan??.

avatar

Prosedurnya harus mutasi namun harus membawa surat penerimaan dari sekolah tujuan πŸ™

avatar

Untuk sekolah tujuan sih kooperatif... Masalahnya sekolah lama (swasta) tidak boleh ada siswa yg mutasi ke sekolah lain... Jika demikian, saya harus menghubungi siapa untuk menyelesaikan masalah ini...???

avatar

Saya juga punya kendala yang sama pak. Saya juga sudah mendapatkan surat penerimaan siswa pindahan. Tp kepala sekolah lama tidak mengizinkan pindah. Mgkn krn sekolah mereka kurang murid. Kasus nya sama persis seperti diatas pak.
Pindah sekolah dari swasta ke negeri. Padahal sy sudah beri tahu kalau saya tidak sanggup lagi bayar uang sklh. Dan sekolah yg lama cukup jauh dari tempat tinggal. Mohon pencerahannya pak

avatar

Waduh kok bisa begitu? πŸ™, Coba kordinasikan dg operator sekolah dan operator dinasnya pak/bu πŸ™

avatar

izin bertanya pak
anak saya pindah sekolah saat kenaikan kls 2...sama2 sd islam dan dikota yg sama.....surat keterangan pindah sudah d terima..dan anak saya sudah sekolah ditempat yg baru namun sampai saat ini surat dapodiknya blm ada..saat sekolah yg baru mau menarik data anak saya tidak bisa....saya tanya ke sekolah asal jawabannya blm bisa..kenapa ya pak kira2..kendalanya dimana..bagaimana nnti data anak saya ya

avatar

Sementara bisa tetap lanjut sekolah dulu, mungkin aplikasi dapodiknya belum beres. Atau bisa langsung menghubungi OP dinas..supaya bisa di tracking dan di mapping. πŸ™

avatar

izin bertanya,saya adalah siswa mutasi sekolah sma baru 2 hari masuk sekolah, nisn saya berstatus tidak aktif apakah hal yang lumrah? apakah status tersebut bisa berubah kembali aktif?

avatar

Tidak apa-apa nanti bisa di lakukan verval

avatar

Bolehkah kita pindah sekolah satu kabupaten?

avatar

Saya mutasi sekolah baru satu Minggu masuk sekolah, boleh kah saya pindah lagi lain sekolah?😭

avatar

Mutasi sah-sah saja, namun alangkah baiknya sebelum menentukan sekolah tujuan dipikirkan matang2. Jika tidak ada alasan yang urgen kenapa harus mutasi.

Sering mutasi sekolah akan membawa dampak pada data anda bahkan ketika anda mutasi tidak bisa lagi diterima di sekolah asal.

avatar

kan saya anak mutasi, nisn saya berstatus tidak aktif dalam satuan pendidikan,saya tanya ke guru dia bilang pas pemindahan data dapodik saya baik baik, lancar lancar saja mengapa demikian?.

avatar

Seperti yang admin bilang. Mutasi sah dan boleh.

NISN yang tidak aktif bisa di sebabkan:
1. Sekolah yang beda naungan, kasus ini sering terjadi pada siswa madrasah.
2. Pusdatin masih melakukan sinkronisasi pemadanan NISN, biasanya kasus ini terjadi saat ajaran baru.

Setelah data masuk di sekolah tujuan mutasi, jika masih blm aktif minta operator untuk melakukan tracking data melalui laman verval PD untuk memastikan masalah NISN tersebut.

avatar

Kak saya mau tanya siswa harus nya saya input ke data siswa baru. Namun saat cetak surat mutasi siswa lainnya ditemukan data siswa A tersebut yang keterangan nya mutasi tahun 2021 dari sps. Buka spdatadik dengan akun sekolah. Jadi bagaimana yah kak solusinya? Soalnya waktu input kosong data saat ditampilkan

avatar

Maksudnya mencetak surat mutasi keluar? Untuk saat ini laman sp datadik kayaknya belum normal loading nya.

Surat mutasi keluar juga bisa dibuat manual oleh sekolah. selain itu, keterangan mutasi tertera dilembar tarakhir raport siswa.

avatar

Halo pak
maaf mau bertanya

ini adik saya dulu saat di pesantren dia pindah ke smp swasta, dan data segala macemnya masih tertinggal di pesantren dan langsung di urus sampe clear. nah di smp swasta ini sudah aman datanya

tapi sekarang ketika sma, diurus data untuk dapodik tulissnnya masih tertinggal di pesantrennya dulu padahal sudah di urus bolak balik waktu pindah ke smp

apakah ada solusi bagaimana mengurusnya ? terimakasih

soalnya yang saya lihat bagian kepengurusan di sekolahnya tidak paham mencari solusinya hanya tau input input saja

avatar

setelah di tarik di sp datadik berapa lama harus menunggu untuk sinkron data pak?

avatar

Pengalaman admin sih hanya sehari.

avatar

permisi pak numpang tanya, berapa lama proses perpindahan data siswa dari dapodik ke emis, soalnya siswa saya pindah ke MTSN dari SMP, saya sudah memutasikannya dari dapodik, tapi sampai sekarang (sudah 3 hari) belum bisa ditarik/terbaca ke Emis

avatar

Jika proses mutasinya benar maka siswa berhasil ditambahkan.πŸ™

avatar

Izin bertanya, tanggal 1 September kemarin saya baru pindah sekolah, nah rencananya bulan depan saya mau balik lagi ke sekolah lama, apakah bisa pak, posisi saya sekarang kelas 11 SMK, alasan saya pindah sekolah kemarin karena pindah rumah, disekolah lama pun saya cukup dikenal guru sebagai siswa yang aktif dalam pembelajaran sehari hari, tolong dijawab yah pak

avatar

Mohon infonya ,,ank sy SD Kelas 2 pindah dari sd A pindah ke sd B..lalu karna tdk krasan minta pindah lg ke sekolah A,sekolah yg lama..apakah bisa diterima lg di sd A..?

avatar

Silahkan langsung dikonfirmasi dengan pihak sekolah, karena kabijakan Sekolah berbeda...πŸ™

avatar

@Eiskyy silahkan hubungi sekolah langsung, ya... karena yang memiliki kebijakan diterima atau tidak adalah sekolah....πŸ™

avatar

Assalamualaikum pak, izin brtnya, tnggal 25 Agustus sy pindah sklh, nah rencananya sy ingin pindah sklh lgi ap ka bisa? Posisi saya sekarang kls 11 SMA, Tolong di jwab pakπŸ™

avatar

Mutasi siswa masuk dan siswa keluar bisa dilakukan. sebelum melakukan mutasi, mohon dipelajari terlebih dahulu ketentuan mutasi masuk/keluar di masing-masing satuan pendidikan.

avatar

Maaf pak saya mau tanya nih, ada siswaku mutasi masuk dari sekolah lain, setelah saya tarik keterangan muncul siswa berhasil registrasi tetapi setelah saya buka didapodik siswa bersangkutan tidak ada padahal saya sudah sinkron berkali2 pak, mohon solusinya

avatar

Halwin...
Kasus tersebut juga pernah kami alami dan solusinya:
1. Kami memastikan dulu siswa tersebut masuk di aplikasi manajemen sekolah (sp.datadik) sebagai siswa terdaftar.
2. Kami lakukan uninstall ulang aplikasi Dapodik dan melakukan registrasi prefil secara online.
3. Dan siswa kami secara otomatis sudah masuk dapodik.

Jika siswa tersebut blm masuk di manajemen sekolah (sp.datadik) silahkan berkordinasi dengan operator Dinas agar di tracking.

Selamat mencoba semoga berhasil.πŸ’ͺ

avatar

Maaf pak. Mau tanya. Saya ops baru d sklh saya saat ini. Ada siswa mutasi masuk ke sekolah saya sdh dri september 2021, tp sepertinya ops yg lama blm menarik data ny dari sklh yg lama, karena data ny tdk ada d dapodik sklh saya. Apakah saat ini masih bisa d lakukan penarikan data mutasi masuk ny? Mengingat siswa tsb sdh lama pindah dan masuk ke sklh saya saat ini

avatar

Bu Gita Monika masih bisa dilakukan tarik ulang...

avatar

Siswa ny skrg sdh naik ke kls 4, brrti nanti rombel tujuan ny ambil yg kls 4 atau gmna pak?

avatar

ya, bu. pilih rombel sesuai tujuan. namun jika nantinya masuk ke rombel kelas 1 silahkan minta operator dinas untuk melakukan mapping. semoga tidak masuk di rombel kelas 1. jika muncul warning siswa baru abaikan saja biasanya semester genap akan hilang sendiri.

avatar

Selamat siang kak. Anak saya masih TK B, dan saat ini saya kasih pindah sekolah karena alasan tertentu, tapi sekolah lama tidak mau melakukan mutasi terhadap data anak saya, apa yang harus saya lakukan dan melapor kemana terkait hal tersebut.

avatar

Prosedurnya anda harus membawa surat penerimaan dari sekolah (TK tujuan) terlebih dahulu untuk proses mutasi. Namun jika dalam proses mutasi Sekolah asal tidak mau memutasikan maka tindakan tersebut kurang benar. Anda bisa melaporkan ke dinas pendidikan (UPT) terkait.πŸ™

avatar

Maaf saya mau bertanya, sebelumnya anak saya sekolah di sekolah dasar A. Kemudian pindah karena harus pindah tempat tinggal, jadi kami mengurus surat pindah sekolah, untuk mendaftar ke sekolah baru, dan setelah di terima di sekolah baru, selama 1 setengah tahun, anak saya akan mengikuti sekolah paket A, karena saat masuk di sekolah SD A, anak saya di suru ngulang ke kelas satu, padahal sudah kelas 2 SD sebelumnya. Jadi sekarang saat daftar di sekolah paket, anak saya ternyata masih terdaftar di sekolah dasar A. Bukan sekolah dasar B. Jadi ini bagaimana ya kalau boleh tahu, seperti seolah olah di permainkan di Sekolah Dasar A dari awal. Rasanya saya sudah banyak nangis karena saya kasih melihat anak saya seperti ini, seperti di susahkan sekolah nya.

avatar

Ibu Novi Riyanti. Melihat kronologis nya ada kesalahan sistem pada prosedur mutasi di sekolah awal. Mestinya anda seharusnya mendapatkan surat mutasi yg di cetak dari sistem pendataan online.

Hal ini dilakukan agar ketika diterima di sekolah yang baru. sekolah yang baru tsb bisa menarik data siswa dan meneruskan ke jenjang berikutnya.

Jika sekolah baru menginputkan data yang baru tanpa proses menarik data siswa maka yang terjadi adalah siswa itu akan masuk pada rombel tingkat awal meskipun keadaan siswa itu sudah kelas 2. Dan hal ini juga akan menimbulkan data ganda nantinya.

Jika sampai sekarang anak anda itu masih terdata di sekolah A maka ada kemungkinan sekolah B itu blm memasukkan atau memperbaiki data anak anda ke sistem pendataan online.

Proses mutasi juga melibatkan pihak UPT atau Dinas Pendidikan setempat.

Sebaiknya berkoordinasi dengan pihak sekolah dan UPT Dinas Pendidikan setempat agar data anak Anda secara sistem online itu bisa di tracking dan diperbaiki.

avatar

Malam sy mau tanya. Anak sy sekolah ditapsel trs sy mau urus surat pindahnya biar sekolah di batam. Tp surat pindahnya gk bs keluar krn ank sy blm mengikuti ujian.dan blm mempunyai raport. Yg jd pertanyaan sy klu la ank sy, sy anggurin smpai ajaran baru dan ngulang masuk dr awal. Ap kah nantinya ad masalah di data ank sy. Misal nik atau nis. Mohon pencerahannyπŸ™πŸ™

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 205   Newer›   Newest»

Click to comment