-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Mengatasi Siswa Mutasi Tidak Bisa di Tarik Ke Dapodik
author photo
By On
Sebelum memutuskan untuk pindah sekolah atau mutasi siswa sebaiknya pihak sekolah menyarankan orang tua ataupun siswa perlu mempertimbangkan berbagai hal dalam memilih ke sekolah menengah atas atau kejuruan. Kalau sejak awal ragu, biasanya di tengah jalan putus. Ataupun memikirkan tentang sekolah dengan tujuan yang baru, terutama lintas sekolah jurusan yakni SMA ke SMK.
Mengatasi Siswa Mutasi Tidak Bisa di Tarik Ke Dapodik
D sekolah yang baru pun tak sepenuhnya langsung diterima. Dikarenakan siswa terlebih dahulu harus melewati masa matrikulasi. Masa matrikulasi ini tergantung dari berapa lama siswa itu tertinggal mata pelajarannya. Dan ini biasa yang menghambat proses kenaikan kelas.

Perpindahan peserta didik sudah diatur dalam permendikbud nomor 14 tahun 2018 pada bab IV pasal 20 dan seterusnya. Setiap sekolah memiliki aturan tambahan yang berbeda mengenai mutasi siswa. Apalagi untuk sekolah negeri maka akan semakin ketat aturannya. Namun jika mencari cara amannya untuk mutasi siswa diusahakan dari sekolah yang sama dan kurikulum yang sama.

Proses mutasi siswa selain diberlakukan berkas secara manual (offline) juga harus dilakukan secara online melalui aplikasi Dapodik. Proses mutasi siswa secara online masih sering terjadi masalah seperti siswa tidak bisa ditaik ke sekolah tujuan karena masih berstatus aktif di sekolah asal.

Bagaimana cara mengatasi siswa mutasi tidak bisa di tarik ke Dapodik?

Perlu diperhatikan bahwa proses mutasi siswa butuh kerjasama antar sekolah asal dan sekolah tujuan serta operator yang berperan penting untuk mengekseskusi data siswa secara online. Jika terjadi miskomunikasi maka data siswa yang yang mutasi akan bermasalah dan tidak bisa ditarik ke sekolah tujuan.

Jadi, langkahnya untuk sekolah asal adalah :
  1. Operator sekolah asal melakukan pemutasian data siswa melalui aplikasi dapodik, caranya : pilih siswa yang akan dimutasikan ⇒ Klik pada menu registrasi ⇒ gulung ke bawah silahkan isi data " Di isi saat sudah keluar" ⇒ Simpan dan tutup
  2. Cetak surat mutasi untuk Dapodik 2019 bisa dilakukan pada alamat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  3. Jika siswa tidak mutasi maka harus dikeluarkan caranya: login di manajemen data dikdasmen  ⇒ Pada menu peserta didik pilih siswa bersangkutan ⇒ Kik pada ikon bulat (biodata) ⇒ Di sebelah kiri pada tabel registrasi tekan tombol "Keluarkan" Ikuti proses selanjutnya sampai selesai.
  4. Lakukan sinkronisasi Dapodik (jika siswa dropout)
Langkahnya untuk sekolah tujuan adalah :
  1. Operator sekolah tujuan melakukan tarik data pindah/mutasi di laman manajemen data dikdasmen. caranya;
  2. Pada menu peserta didik tekan tombol "tambah peserta didik"
  3. Pilih menu Pindah / Mutasi
  4. Cari sekolah asal tekan tampilkan
  5. Pilih tujuan rombel
  6. Pilih siswa bersangkutan
  7. Simpan ikuti proses selanjutnya termasuk cetak mutasi
  8. Lakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik
Setelah data berhasil masuk lakukan perubahan jika ada perbaikan data pada peserta didik bersangkutan, selanjutnya lakukan sinkronisasi ulang.

Tahap selanjutnya login di laman verval PD, siswa yang muasi akan masuk pada menu status pengajuan mutasi ⇒ Ajukan mutasi siswa ⇒ cetak surat mutasi serahkan ke Dinas setempat.

Proses tarik data siswa berbeda dengan siswa yang dikeluarkan (drop out) yakni langsung melalui menu peserta didik baru. Caranya: Pilih sekolah asal ⇒ Tampilak data siswa ⇒ Pilih rombel tujuan ⇒ Centang siswa bersangkutan ⇒ Simpan dan lanjut ⇒ Hubung OPS Dinas setempat ⇒ Lakukan sinkronisasi Dapodik.

Tapi ingat! lakukan hal ini pada semester ganjil jika tidak maka data semester ganjil siswa bersangkutan bisa hilang meskipun data siswa bisa masuk di semester genap.

Jadi, kunci utama siswa bisa ditarik pindah/mutasi ke sekolah tujuan ada pada operator sekolah asal. Jika masih menemui kendala pada masalah siswa mutasi tidak bisa di tarik ke aplikasi Dapodik, silahkan berkomentar, akan saya jawab semampu saya.

69 komentar

avatar

mohon ijin pak, apabila akan menarik kembali siswa yg sudah terlanjur dikeluarkan di dapodik, namun pada menu sekolah asal tidak ada nama sekolah. kira2 itu knp dan bagaimana solusinya.. terimakasih

avatar

Jika sekolah tidak terdaftar di dapodik maka sekolah tidak muncul. Maka untuk menarik siswa dg menggunakan metode tambah siswa diluar dapodik.

Sebelumnya anda harus memastika dulu siswa yg anda keluarkan dimenu pd keluar dan web data dikdasmen sudah tidak ada jika karena ini juga mempengaruhi penarikan siswa.

avatar

Mohon pencerahannya pak,anak saya pindahan dari swasta ke sekolah dasar negeri,no dapodik dari sekolah asal swasta sudah dikeluarkan tapi ko di sekolah negeri sekarang tidak keluar no induk siswa nasional tidak muncul,,kenapa ya pak..

avatar

NISN harus melalui verval pak, yg punya hak akses adalah operator. Mohon kordinasikan dengan aporator sekolahnya

avatar

Kalau untuk dapodik guru dan siswa sekolah yang baru berdiri dan sedang proses mengurus perizinan, Apakah harus ikut ke sekolah induk?
Ketika nanti sekolah sudah mandiri, apakah dapodiknya bisa di tarik dari sekolah induk?

avatar

Ya masih ikut pada sekolah induk. Jika sudah mandiri dilakukan maping ulang siswa ke sekolah aslinya.

avatar

Selamat siang pak, anak saya lulus TK tahun Lalu terus lanjut home schooling, ters tahun ini saya masukan SD negeri dikelas 1 seumpama anak saya tidak mau sekolah formal kembali ke home schooling dikelas 2 apakah data dapodik itu mempengaruhi ketikan ujian paket A trimkasih

avatar

Tidak..

Anda bisa membaca di http://jdih.kemdikbud.go.id/asbodoku/media/peruu/permendikbud_tahun2014_nomor129.pdf

avatar

Terimakasih pak sudah memberikan pencerahan atas kekwatiran saya

avatar

Mau nanya, Pak. Kalo pindah dari SMA IPA ke SMK bisa ngga ya?

avatar

Bisa saja...
Lihat jurusannya pak, karena anak harus melakukan matrikulsai mapel yg tidak diajarkan

avatar

Maaf pak,jika anak sudah dikeluarkan dr dapodik sekolah asal, kemudian ditarik ke sekolah baru kemudian disinkronkan tapi tetap tidak mau masuk ke sekolah baru, mohon penjelasannya

avatar

Meskipun sudah dikeluarkan dari sekolah asal namun jika sekolah asal belum menyinkron datanya maka tidak bisa ditarik oleh sekolah tujuan.

Suruh sekolah asal untuk lakukan sinkronisasi dulu

avatar

Saya Operator SDN CILANDA BARAT 15 PAGI Ijin bertanya, siswa mutasi masuk sudah berhasil didaftarkan ke rombel tujuan, dapodik sudah sinkron. Tapi ketika masuk ke peserta didik anak tersebut tidak muncul mohon pencerahannya. Terima kasih salam satu data

avatar

Yang anda maksud siswa tersebut belum masuk aplikasi dapodik?. Kasus yg sering terjadi siswa mutasi masuk ke rombel kelas bawah. Jika iya kordinasikan dengan dinas.

avatar

Assalamualaikum, saya OPS SDN Cilandak Barat 15 Pagi mohon solusinya. Saya sudah menarik peserta didik mutasi masuk dengan mengikuti aturan yang berlaku. namun sampai dengan saya sinkron anak tersebut tidak tampil di data peserta didik. Saat ini Dapodik saya sudah versi 2021a. Terima kasih sebelumnya

avatar

Kasus nasional....mungkin masih ada bugs di aplikasi 2021.a. ada yg menyarankan install ulang dengan memakai prefill baru.

avatar

Ini pak saya mau tanya anak saya sudah di keluarkan atau di mutasikan di sekolah asalnya tapi tidak bisa di tarik namanya disekolah barunya itu kenapa ya pak

avatar

Sekolah asal harus sinkron dulu pak/bu. Meskipun sudah dimutasikan tapi sekolah asal belum sinkron siswa tidak bisa ditarik oleh sekolah tujuan.

avatar

Anak saya pindah dr sd kab.bdg ke kota bdg, sudah diterima di sekolah baru dan dilaporkan ke sekolah asal, dan di sekolah asalpun sudah dimutasikan tapi ketika mau print surat mutasi tidak bisa eror terus, dicek di data sekolah asal di siswa aktif sudah tidak ada, dan di siswa yg tdk aktif/pindah kosong tidak ada data sama sekali,,,jd harus bagaimana?sampai sekarang masih belum bs dicetak surat mutasi anak sy, kl begitu apakah tdk bs dimasukan datany ke sekolah baru?dan bagaimana kalo sampai akhir semester masih eror tidak bs diproses?apa yg harus dilakukan?takutnya data anak sy malahan ilang ga terdaftr dmna2,,,minta pencerahnnya terima kasih

avatar

Untuk surat mutasi bisa dibuat secara manual.

Jika sekolah asal dan sekolah penerima sama sama SD. data siswa bisa langsung ditarik. Namun jika beda sekolah bisa dientri secara manual.

avatar

terima kasih atas pencerahannya tapi secara manual pun tetap tidak bisa langsung ngelink yg online sedangkan yg online masih eror terus, ternyata di sekolah barupun ada yg pindah ke sekolah asal anak saya samajuga kendalanya seperti itu, apakah aplikasinya yg eror atau bagaimana?

avatar

Jika masih demikian. Pihak operator sekolah bisa berkordinasi dengan Operator cabang dinas/upt.

avatar

Anak saya pindah sekolah dari sekolah negri kelas 2 SD kesekolah negri yang baru,dalam satu dalam jangka 1 tahun,belum ditarik oleh sekolah yang baru sedang sekolah yang lama udah mengeluarkan data anak saya,dan disaat anak sekolah baru menarik data anak saya dari sekolah lama tidak ditemukan data anak saya pak solusinya gemana ya pak....?

avatar

Rekam Jejaknya bisa dilhat melalui aplikasi dapodik UPT Dinas pak. Coba kordinasikan dulu. Jika tidak ditemukan bisa tambah manual kemudian laporkan ke UPT Dinas.

avatar

mau tanya pak/buk anak saya sebelum nya sekolah sd di sumatera utara kota medan karena saya asli orang medan, karena saya bekerja di cirebon jawa barat jadi anak saya saya bawa dan saya pindah kan ke sekolah di cirebon, tapi dalam waktu kurang lebih 5 bulan anak saya minta balik ke medan milih tinggal sama nenek nya, jadi saya pindah kan lagi sekolah anak saya ke sekolah yang awal dia masuki,pihak sekolah yang di cirebon ingin mutasi anak saya tapi kenapa data diri sekolah anak saya bisa terdaftar di sekolah yg berbeda yg tidak pernah saya mendaftarkan nya, solusi nua gimana ya

avatar

Pakai surat mutasi manual. Asalkan sekolah tujuan saat menarik data siswa tidak ada masalah

avatar

Selamat siang pak anak saya kan sudah keluar dr SMK terus masuk ke SMAN melalui online usia.pertanyaan saya kenapa data Nya msh ada di sekolah lama

avatar

1. Mungkin di sekolah lama belum dimutasikan atau belum dikeluarkan.

2. Aplikasi dapodik sekolah lama belum disinkronisasi.


Solusinya ninta dimutasikan/dikeluarkan lalu aplikasi dapodiknya di sinkronisasi.

avatar

Selamat sore pak.
Anak saya kelas 4 sd mau pindah disemester 2 ini apa masih bisa pak?
Sedangkan kata operator sekolah belum bisa karna dapodiknya sudah tutup.
Mohon pencerahannya pak.
Terimakasih

avatar

Betul pak/bu, dapodik masih ditutup untuk sinkronisasi karena persiapan rilis semester genap.

Sebaiknya menunggu setelah rilis terbaru agar tidak terjadi kendala saat penarikan data/mutasi data.

avatar

Untuk dapodik dibukanya apa ada pemberitahuan berapa lama pak ?
Terimakasih atas jawabannya

avatar

Ya setiap update pembaruan mesti ada pemberitahuan baik melalui surat edaran maupun melalui laman resminya. Namun untuk berapa lama kita belum tahu pasti.


Sebenarnya siswa bisa secara langsung pindah/mutasi, sedangkan untuk penarikan data onlinenya bisa menunggu rilis dapodik terbarunya. Namun semua kembali pada kebijakan sekolah masing2.

avatar

ass..pak mau tanya saya tarik siswa dha beberapa kali ngk bisa..siswa tersebut dulu pernah sekolah di SD saya kemudian pindah ke SD lain...sekarang kembali lgi ke SD sya..bagaimana cara tariknya ya mohon solusinnya

avatar

SD lain mengeluarkan dulu siswa tersebut kemudian jika sudah di sinkronkan, anda bisa menarik datanya.

avatar

Saya ops smp dari flores. Kasus saya, Saya sudah tarik siswa mutasi dari sekolah asal tapi tidak muncul di dapodik. Walaupun saya sudah berkali kali sinkron

avatar

Untuk siswa mutasi tetap harus menghubungi OP Dinas Pak.

avatar

mutasi siswa luar dapodik...sudah aku isi semua....tetapi tidak terbaca si dinas....gimana solusinya

avatar

Kalau pengisian di laman manajemen sekolah (sp.datadik) berhasil mestinya sudah bisa terkoneksi dengan manajemen dinas. Kalau di dinas tidak ditemukan Barangkali pangaruh server pusat.

Atau coba entri ulang barangkali data belum tersimpan.

avatar

Maap PK ank saya klas 6 pindah sekolah dan dari sekolah lama ,dari dapodik nya sudah di keluarkan atau mutasi,tapi knpa ketika di data mau ujian gk ad data anak ny ktny belum di keluar kan dari skolah lama ny ,STLH saya konfir skolah lma ny ,kpla skolah mengklem anak sudah di keluar kan ,bagaimana itu PK, kasus ny,apkah nanti semester awal mengulang daptar lagi ap bisa terdapat dan ikut ujian,trimakasih dari kalteng

avatar

Sebaiknya di kroscek melalui admin dinas pak/bu. Jika di dinas tidak ditemukan datanya, minta di entrikan manual.

avatar

Maaf Pak, izin bertanya. Ada permasalahan peserta didik pindah ke Klaten di kelas 3 semester 2, ketika akan ditarik ke sekolah baru, data anak tidak ditemukan. Dan NISN anak ini juga tidak ditemukan. Sekolah asal merupakan Yayasan Islam di Bogor (TK juga disana). Kemungkinan apa penyebabnya Pak? dan bagaimana solusinya? Kalau harus mengulang dari kelas 1 sangat kasihan.

avatar

Pastikan bahwa sekolahnya dibawah naungan kemdikbud bukan kemenag. Sekolah dibawah naungan kemenag meskipun sudah sinkron dengan dapodik namun belum bisa dioperasikan secara sempurna.

Jika dibawah naungan kemenag maka harus menambahkan peserta didik secara manual kemudian berkoordinasi dengan op dinas.


Jika sama dinaungan kemdikbud maka langkah pertama sekolah asal memutasikan/mengeluarkan siswa tersebut kemudian sinkron tunggu 2x24 jam agar data terbaca oleh server pusat.

Kemudian sekolah tujuan tarik data PD melalui laman manajemen.

avatar

Anak saya sekolah di MI kabupaten pada th 2016 saat kelas 2 mutasi ke MI kota, setelah kelas 6 br nyadar cek NISN ternyta statusnya tidak aktif. Tanya operator sekolah asal katanya sudah dikeluarkan, tanya operator sekolah baru ada kendala di aplikasi. Apakah tarik data bisa dilakukan oleh operator kota /kemenag. Atau ada solusi lain

avatar

Kalau mutasi sebaiknya dimutasikan datanya jangan dilakukan dropout/keluar. Kalau mau tarik data harus dilakukan verval dulu. Coba lakukan verval dulu jika tidak bisa maka harus menghubungi pusat data NISN

avatar

Saya ada siswa mutasi
Dulu kls 1 awal ada di lembaga saya sdgkn pd saat semester 2 pindah ke luar propinsi sekarang anaknya sudah kelas 4 kembali lagi ke lembaga saya.
Tetapi setelah saya tarik datanya tidak bisa masuk ke aplikasi padahal saya sudah syncron berkali2.

avatar

Dilakukan 2 arah sekolah asal memutasikan kemudian sinkron. Sekolah tujuan tarik data dan sinkron.

Jija masih terjadi kendala tidak bisa masuk maka busa dilakukan dengan akun op dinas

avatar

Anak sy pindah dari SD ke MI tahun 2019, namun sy baru sadar kalau status nisn anak saya tidak aktif. Mohon masukan dan solusinya..trm ksh

avatar

Diverval dulu oleh operator. Jika masih blm aktif ajukan ke pusat data nisn dg bukti fisik nisn

avatar

saya mau tanya pak. anak saya th 2020 keluar dr sekolah krn mau lanjut HS utk selanjutnya ikut ujian persamaan paket A. tp dr pihak sekolah menolak cabut berkas karna saya tdk mengajukan mutasi, kalo saya mengajukan mutasi sekolah menuntut biaya 900rb yg menurut saya tdk masuk akal. sementara utk ikut ujian paket status anak saya di dapodik harus di nonaktifkan dl. utk bs didaftarkan di PKBM. apa yg hrs saya lakukan pak ?

avatar

Karena sekarang itu by sistem agar tidak terjadi kesalahan yang fatal untuk lebih validnya informasi sebaiknya sebaiknya konsultasikan ke dinas pendidikan / UPT.

Masalah administrasi setiap sekolah memiliki kebijakan masing2 dan administrasi itu pasti ada rinciannya. 🙏

avatar

Maaf pak saya izin bertanya...tahun lalu anak saya masuk sekolah SD tapi dsemester 1 berhenti pak...kmdian tahun ini mau daftar lg tp lain sekolah bgmna pak? Dr sekolah SD dulu katanya udah dikeluarkan bgmn nnti d sekolah baru mohon dijawab pak Terimaksih

avatar

Bisa dimasukkan secara manual...

avatar

Terimakasih jwbn nya pak....

avatar

mohon dibantu pak..anak saya sekolah disdit daerah bojong gede yg blm terdaftar didiknas katanya msh dalam proses perizinannya didiknas,saat ini sy sedang mengajukan pindah sekolah ke daerah tangerang.apakah proses pindahnya akan sulit dan apakah bisa diterima disekolah yang baru..terimakasih

avatar

Karena sekarang sistemnya zonasi Sebaiknya anda konfirmasikan terlebih dulu ke sekolah tujuan.

avatar

Pak anak saya mau ngulang kls 1 thn ini lewat ppdb skrg bisa gak? Makasih

avatar

Maaf pak mohon ijin mau tanya..anak saya mau pindah dr SDN giriharjo Jawa timur ke SDN Kademangan tangsel, akan tetapi dapodik sudah ditutup.apakah bisa masuk ke sekolah yg baru dengan mutasi manual, baru dapodiknya menyusul setelah tahun ajaran baru dirilis.mohon pencerahannya..terimakasih pak

avatar

Untuk lebih jelasnya silahkan langsung berhubungan dengan sekolah bersangkutan...

avatar

Maaf pak izin.saya ops SD mau nanya pak saya ada siswa mutasi sejak kelas 4 SD tapu saya belum pernah tarik pak. Nah sekarang sudah naik kelas 5 SD, apa rombel tujuan yg saya pilih pak. Apakah tidak masalah jika selama kelas 4 siswa saya tidak terdaftar di dapodik saya pak..makasih

avatar

Sebaiknya berhubungan dengan op dinas biar mudah nemasukkan ke rombel tujuannya

avatar

saya mau tanya... anak saya dr kelas 7 swasta mau mutasi ke smp negeri,dr skolah swasta saya minta nilai rapor semester akhir katanya gk bisa diprint menunggu dapodik terbaru,jadi sampai skrg blom dapet skolahan, karena syaratnya rapor itu belum lengakp.gmn solusinya ? terima kasih

avatar

Mohom maaf ya, kok nilai semester akhir blm diprint semestinya sudah dibagikan ke orang tua.

Bisa menggunakan salinannya terlebih dulu.

avatar

Mau nanya..aplikasi dapodik 2022 sekarang itu ops tidk perlu meluluskan siswa krn akan lulus dan dikeluarkan secra otomatis oleh pusat.
Yg jd persoalan adlah di dapodik paud kami itu setelh ops menginstal dapodik 2022 dan mau input data ternyata peserta didik yang lama semuanya masih ada/ blm keluar secara otomatis dr dapodik..ini kira bagaimana ya agar suswa yg sudah lulus bisa keluar dr dapodik kami..krna kami takut nti ops SD komplein karna siswax blm keluar dr dapodik paud

avatar

Dlm registrasi siswa keluarpun tidak ada pilihan" Lulus", hanya pilihan DIKELUARKAN, MUTASI, WAFAT, DLL.
kalau seandainya siswa yg sudah lulus namun namax msh ada di dapodik paud itu kami keluarkan dengan pilihan DIKELUARKAN bisa ngga? Kira2 datanya bisa ditarik ops SD dimana anak2 itu masuk SD dr dapodik paud nda?
Kira2 dgn cara itu bisa jd bermasalah ngga?

avatar

Sebelumnya kami mohon maaf karena blm pernah mengoperasikan dapodik paud.

Sebaiknya Jangan gegabah mengeluarkan siswa yg lulus...

Pastikan apakah aplikasi dapodiknya sudah sesuai jenjang.

Lebih baik konsultasikan ke op dinas terlebih dahulu.

Click to comment
A- Kinerja A-GLD A-Gtk Adminisrasi Guru Akhlak Tasawuf AKM akreditasi Akreditasi Perpustakaan AKSI Puspendik ANBK anti virus aplikasi Aqidah Akhlak arkas asuransi Bahasa Arab Bank BDR beasiswa Bidikmisi big book BIOUN Bisnis BK blog BOS BPOPP bse BSM BSU buku buku guru pai Convert Suara ke Text CPNS crochet DAK Dapodik dapodik paud Dapodikdasmen DHGTK Disabilitas Domnis Pesantren Ramadhan Dukcapil DUPAK e-learning E-Maarif E-Monev E-Rapor E-sarpras E-SKP EDS EHB-BKS Emis Emis PAI Emis Pendis Emis SDM eRapor FAQ Dapodik 2019.c FIKSI Fiqih G Suite for Education Geisa Google form Google Form Quiz gtk Hardiknas IHT ijazah Infaq info info gtk inpassing inpassing kemenag Insenntif Guru ISMA Jabfung Kemdikbud jual beli Kalender Pendidikan Kelas Maya Kelulusan Kemdikbud Kemenag Kepala Sekolah KI/KD KIP-Kuliah Kisi-kisi Kompetensi Guru 2045 kopsi kredit KSN KTSP Kurikulum LDBI LTMPT makalah Materi PAI media pembelajaran Microsift Word Microsoft Word Modul Guru Modul TIK GPO motivasi MPLS MS Word mudlarabah qiradl musaqah Mutasi Muzara'ah dan Mukhabarah nilai online NISN NPSN NPWP nrg NUKS NUPTK PAIS Pajak PAK Panduan PAS PDSS PDUN Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual pendidikan Pendis PerMenDikBud PerPus Peserta Didik PIP PJB PMP PNS PPDB PPG PPG Daljab PPPK ppt Pramuka Profil Guru 2045 PTK qurdis Rapor Dapodik raport riba RKAS RPL RPP SBMPTN sehat Sekolah Penggerak sertifikasi Shadaqah SHUN Siaga Siaga Pendis Sim PKB Simpak Simpatika Simulasi SIPLah SKI SKTP Smadav SNMPTN SNPTN Soal Online Span ptkin Survei lingkungan belajar tamsil Tekno tips tpp Tutorial UAMNUBK UASBN UBKD UN UNBK UNP USBN USP UTBK Verval PD Verval ponsel Verval PTK Verval SP Verval TIK VHD Whistleblower zakat