-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Cara Mengatasi Dapodik Error Database#2/We Are Sorry/Tidak Terkoneksi Dengan Server

Kali ini saya akan memberikan solusi dari trobleshoot error Dapodik berdasarkan pengalaman selama menjadi operator Dapodik dan Temuan dilapangan yang sering terjadi error pada dapodik adalah:
1. Tidak terhubug dengan database #2
2. We're sorry but something went terribly wrong
3. Tidak terkoneksi dengan database server
4. Aplikasi Dapodik sudah pernah terinstall

Mengatasi error Dapodik yang pertama "Tidak terhubug dengan database #2"

Dapodik yang Error biasanya terdekteksi karena memakai aplikasi dari pihak ketiga sedangkan aplikasi tersebut belum fix dan masih dalam taraf percobaan atau juga dikarenakan menggunakan tool yang tidak direkomendasikan oleh pihak dapodik. Kasus yang saya alami ini karena menginstal aplikasi e-raport. Pada aplikasi e-raportnya berjalan dengan baik bisa dakses namun ketika membuka aplikasi dapodik ternyata muncul tulisan "Tidak terhubug dengan database #2" seperti tampilan berikut
dapodik Tidak terhubug dengan database #2
Langkahnya Anda harus mengUninstall aplikasi e-raport tersebut sampai benar-benar bersih tidak ada satu folder pun yang masih tertinggal saran gunakan Your-Un-Installer atau software sejenisnya. karena software ini bisa menghapus semua folder yang tersembunyi. Setelah itu refresh menggunakan F5 kemudian buka lagi aplikasi Dapodik. Jika masih tidak berhasil jalan satu-satunya uninstall ulang Dapodiknya.

Mengatasi error Dapodik yang kedua "we're sorry butsomething went terribly wrong"

Namun saat mengakses Dapodik Anda menemukan pesan "We're sorry but something went terribly wrong" pesan tersebut ditampilkan karena dapodik bisa jadi tidak terhubung dengan databasenya. Penyebab munculnya error "Error We are sorry, but something went terribly wrong" salah satunya karena services DapodikDB tidak aktif. Berikut pada tampilan layarnya.
dapodik error we're sorry butsomething went terribly wrong
Langkahnya open Windows services. Caranya tekan tombol Windows (gambar logo windows) + R secara bersamaan kemudian ketik services.msc. Setelah itu akan muncul kotak service kemudian cari servis dapodik dengan nama DapodikDB dan DapodikWebSrv. Perhatikan pada status kedua servis dapodik itu jika Anda menemukan services DapodikDB tidak aktif maka aktifkan dengan klik kanan services DapodikDB kemudian klik start. Kemudian refresh halaman Dapodik Anda.

Jika belum berhasil gunakan cara berikut, namun cara ini agak sedikit ribet.
Langkahnya seperti diatas  open Windows services. Caranya tekan tombol Windows (gambar logo windows) + R secara bersamaan kemudian ketik services.msc. Setelah itu akan muncul kotak service kemudian cari servis dapodik dengan nama DapodikDB dan DapodikWebSrv. Kemudian klik stop pada keduanya. Selanjutnya open Window Explorer klik local disk (C:) cari folder dapodik terdapat di folder Program Files (x86) atau di folder Program Files. dan rename folder Dapodik menjadi Dapodik_asli.

Kemudia Jalankan Regeditnya dengan cara tekan tombol Win+R ketik regedit. lalu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\DitjenDikdasmen\Dapodik dan hapus key folder Dapodik. Selanjutnya Install ulang Dapodik 2017 dan berturut-turut Updater sampai versi terakhir. Setelah selesai buka browser dan hapus history browsernya lalu buka di addressbar: localhost:5774

Jika sudah berhasil dibuka dapodiknya, tutup kembali browser dan Stop services DapodikDB dan DapodikWebSrv. Gunakan window explorer untuk mengcopy subfolder database dan dataweb dari folder Dapodik_asli ke folder Dapodik, lakukan Replace All. Jika sudah selesai mengcopy lakukan restart windows. Buka aplikasi Dapodik Anda.

Mengatasi error Dapodik yang keempat "tidak terkoneksi dengan database server"

Saat Anda hendak melakukan sinkron Dapodik kemudian Anda menemukan pesan "Tidak terkoneksi dengan dabatase server” ini hanyalah masalah yang biasa, bisa saja ini terjadi karena koneksi internet yang bermasalah, pastikan koneksi internet Anda stabil. Atau bisa jadi karena padatnya lalu lintas server pusat yang menerima data. 
error dapodik Tidak Terkoneksi Dengan Server
Solusinya tinggal menunggu waktu yang tepat saja untuk melakukan sinkron. Namun sebelum melakukan sinkron pastikan semua data sudah valid tidak ada yang terdeteksi warnah merah.

Mengatasi error Dapodik yang keempat "Aplikasi Dapodik sudah pernah terisntall"

Pada saat menjalankan aplikasi installer pastikan bahwa dapodik versi sebelunya suda terhapus secara bersih, Jika Anda menjalankan installer kemudian muncul dialog peringatan bahwa "Aplikasi Dapodik sudah pernah terinstal". Seperti berikut tampilan dialognya.
erroe dapodik Aplikasi Dapodik sudah pernah terisntall
Penyebabnya Anda belum mengUnunstal Dapodik versi yang lama. maka solusinya gunakan updater memperbaruhi aplikasi anda. (Jangan di-install ulang sebelum melakukan sinkronisasi, karena dapat menyebabkan data Anda sebelumnya hilang!). Updater bisa dilakukan ketika Anda sudah masuk dalam aplikasi Dapodik Anda.

Pada saat menjalankan aplikasi installer terjadi peringatan bahwa "Aplikasi Dapodik sudah pernah terinstall. Gunakan updater memperbaruhi aplikasi anda. (Jangan di-install ulang sebelum melakukan sinkronisasi, karena dapat menyebabkan data Anda sebelumnya hilang!)".

Nah demikian beberapa Cara Mengatasi Dapodik Error Database#2 atau error We Are Sorry atau error Tidak Terkoneksi Dengan Server.

Click to comment