-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Verval PD 2022/2023 NISN Ganda
author photo
By On
Verval PD 2022/2023 NISN Ganda
Update data Dapodik semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 awal tahun ajaran baru sudah pasti tentunya membawa perubahan juga pada data peserta didik baru. Perubahan data pada peserta didik terutama terjadi pada data NISN dan NIK.


Meskipun pada aplikasi Dapodik data peserta didik sudah dinyatakan valid namun untuk memastikan bahwa data peserta didik tersebut benar-benar valid anda bisa melihat validasi data siswa tersebut pada dua laman berikut:




Kedua laman tersebut di atas adalah untuk kontrol kualitas data peserta didik. Laman PD Data melihat validasi integrasi data Dukcapil NIK dan NISN. Laman Verval PD untuk memperbaiki data peserta didik.


Di semester awal tahun pelajaran 2022/2023 banyak operator sekolah yang masih merasa bingung 😕 dengan adanya residu NISN maupun NIK. Sebenarnya hal ini sudah biasa terjadi berulang-ulang setiap awal tahun pelajaran.




Pertama, anda tidak perlu kuatir dengan masalah NISN maupun NIK yang terpenting bahwa aplikasi Dapodik Anda sudah sinkron sebelum cut off. Kedua, untuk masalah verval NISN maupun NIK bisa dilakukan setiap saat tanpa ada waktu cut off nya. Pastikan bahwa setiap ada perubahan, anda harus melakukan sinkronisasi untuk menurunkan data terbaru di aplikasi Dapodik.


Ketika muncul NISN terdeteksi ganda pada daftar residu vervalPD menandakan bahwa data peserta didik anda belum benar-benar valid meskipun di aplikasi Dapodik sudah valid.


Oleh karena itu, harus diselesaikan dengan melakukan perbaikan data. Mari kita lihat penyebab dan solusinya!.


NISN Terdeteksi Ganda Satu Siswa


NISN terdeteksi ganda di daftar residu dengan status sama-sama aktif terjadi ketika satu NISN tercatat lebih dari satu kali pada pendataan satuan pendidikan yang berbeda.


Jika terjadi pada satu peserta didik yang sama, hal ini terjadi akibat mekanisme perekaman ulang oleh satuan pendidikan tujuan (satuan pendidikan dimana peserta didik sekarang berada), yang dikarenakan peserta didik tidak/belum dikeluarkan dari pendataan satuan pendidikan asal.


Solusi NISN Ganda


Solusi 1: Operator satuan pendidikan sekolah tujuan silahkan berkoordinasi dengan pihak operator satuan pendidikan sekolah asal untuk mengeluarkan peserta didik tersebut dari pendataan satuan pendidikan asal.


Solusi 2: Jika operator satuan pendidikan sekolah asal tidak bisa melakukan hal tersebut maka operator satuan pendidikan sekolah tujuan dapat mengajukan pengeluaran data peserta didik dari pendataan satuan pendidikan sekolah asal melalui aplikasi VervalPD pada menu pengeluaran siswa (tercatat ganda).

NISN Terdeteksi Ganda dua Siswa


NISN Ganda terdeteksi pada dua peserta didik yang berbeda. Hal ini terjadi akibat kemiripan variabel data peserta didik seperti kasus pada peserta didik kembar.


Solusi: Penyelesaian terdeteksi ganda pada kasus ini hanya bisa diselesaikan / diproses oleh Pusdatin melalui laporan ULT Kemdikbudristek berdasarkan pengajuan satuan pendidikan atau Dinas pendidikan terkait.


Pusdatin akan memeriksa ulang data NISN ganda dan akan memperbarui NISN salah satu peserta didik yang berasal dari arsip Pusdatin atau hasil dari penerbitan NISN baru.


Jika masih ada kendala mengenai Verval PD NISN ganda silahkan berkomentar. Semoga lancar, tetap semangat 💪 salam satu data.

2 komentar

avatar

Bgmn caranya atasi nisn ganda pada sekolah smp asalx sdh tdk aktif

Click to comment