-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Info GTK 2022/2023 Periode Juli-Desember
author photo
By On
Info GTK 2022/2023 Periode Juli-Desember

Update Info GTK periode Juli - Desember 2022/2023 Semester ganjil triwulan 3 dan 4 pencairan sertifikasi tahun anggaran 2022.


Setelah cutoff Dapodik pertanggal 31 Agustus untuk pemenuhan data anggaran BOS tahun 2023, selanjutnya yang harus dipersiapkan validasinya adalah data GTK yakni mapping beban kerja guru jam pembelajaran Dapodik untuk pemenuhan kebutuhan pencarian sertifikasi periode Juli - Desember 2022/2023.


Alur tahapan tunjangan Profesi guru;

1. Tahapan pendataan

  • Pengisian Dapodik: Pengisian data Dapodik khusunya untuk data GTK validasinya menjadi tanggung jawab antara pemilik data dan operator.

2. Tahapan Penerbitan SKTP
  • Validasi data: Pastikan bahwa semua data guru valid.
  • Info ke web status kesalahan data guru: cek laman ptk datadik dan laman Info GTK.
  • Menunggu perbaikan data guru
  • Menunggu usulan Dinas untuk penerbitan SKTP
  • Cetak SKTP: Kirim ke Dinas sebagai bukti sudah SKTP.
  • SKTP di unduh Dinas
  • Proses menggunakan aplikasi sintum

3. Tahapan Pembayaran

  • ASND dibayarkan daerah
  • Non PNS dibayarkan pusat
  • Proses menggunakan aplikasi simbar


Laman Info GTK (https://info.gtk.kemdikbud.go.id/) periode Juli - Desember 2022 untuk melihat validasi data sertifikasi triwulan 3 dan 4 sudah dibuka, namun masih dalam tahap uji coba. Dalam tahap uji coba ini tentu masih belum normal, terkadang untuk login Info GTK, sering GTK belum bisa sepenuhnya mengakses (misalnya data tidak ditemukan atau password tidak sesuai), hal ini biasanya tergantung dari validasi data di aplikasi Dapodiknya.


Meskipun demikian, GTK tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut, karena cutoff Info GTK masih lama. Hal yang perlu dilakukan adalah mengatur beban kerja guru pada tabel pembelajaran dan penjadwalan minimalnya memenuhi 24 jam. Ada pengecualian bagi satuan pendidikan tertentu yang memang pemenuhan beban kerja guru kurang dari 24 jam.


Tabulasi pembelajaran pada aplikasi Dapodik untuk satuan pendidikan yang sudah menerapkan kurikulum merdeka tidak jauh berbeda dengan pembelajaran kurikulum sebelumnya hanya saja ada penambahan projek P5 yang juga bisa dipakai untuk pemenuhan jam GTK.


Teknik pengisian pembelajaran beban jam di aplikasi Dapodik untuk satuan pendidikan yang sudah menerapkan kurikulum merdeka untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK untuk menyesuaikan beban kerja guru jam pelajran silahkan lihat pada pemaparan video berikut:



Agar proses validasi data di Info GTK berjalan dengan lancar, yuk segera update data Info GTK anda.

1 komentar:

avatar

Ijin bertanya apabila seorang guru pada awal tahun 2022 (Januari-Juni) tw 1 dan tw 2 belum mendapatkan TPG, info gtk belum valid karena jam mengajar belum 24 jp, kemudian tengah tahun 2022 (Juli-Desember) sudah memenuhi syarat jam mengajar dsb, apakah guru tersebut akan mendapatkan tunjangan untuk tw 3 dan tw 4 dan status tpg berubah menjadi valid pada tahun 2022 atau menunggu tahun 2023?
Terima kasih

Click to comment