-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Cetak Kartu Aggota KOPJA GPAI di SIMPKB
author photo
By On
Cara Cetak Kartu Aggota KOPJA GPAI di SIMPKB

Data pokok Seleksi PPPK untuk guru pendidikan agama bersumber dari 4 aplikasi maka guru pendidikan agama harus memastikan dirinya aktif pada beberapa aplikasi pendataan tersebut. Karena aplikasi itu menjadi pangkalan data yang menginformasikan guru agama sudah terdaftar pada sistem.


Keempat aplikasi yang dimaksud adalah Dapodik, SIMPKB, EMIS dan Siaga Pendis. Dapodik dan SIMPKB adalah aplikasi data guru milik Kemendikbud. Guru pendidikan agama wajib aktif pada kedua aplikasi ini karena dia mengajar di sekolah umum atau sekolah milik Kemendikbud. Baca lebih lanjut disini.


Aplikasi SIMPKB untuk GPAI sebelumnya belum bisa memanbahkan komunitas kelompok kerja (MGMP/KKG) karena ketua komunitas belum melakukan sinkronisasi dengan admin Sim-PKB Dinas. Jika di wilayah Anda ketua komunitas sudah melakukan sinkronisasi maka Anda bisa cetak kartu anggota KOPJA.


Langkah Cetak Kartu Aggota KOPJA GPAI di SIMPKB

  1. Login di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
  2. Akan muncul pesan box "Undangan Menjadi Anggota Komunitas" Anda dapat memilih salah satu Komunitas di atas untuk "TERIMA" atau "TOLAK" undangan menjadi Anggota Komunitas dari Komunitas terpilih. Jika Anda memilih untuk menolak undangan Komunitas, maka Komunitas yang terpilih akan hilang dari opsi pilihan Komunitas yang mengundang Anda.
  3. Tekan terima.
  4. Pergi ke menu Profil, lihat menu data komunitas atau pada menu beranda (scroll kebawah) dan cetak.

Catatan :

Lihat kelangkapan data profil Anda

Data Kepegawaian: Data ini terkoneksi dengan Dapodik jika terjadi kesalahan maka untuk memperbaiki melalui aplikasi Dapodik.

Data Mapel PKP: Verval data PKP Anda, lihat disini. Baca pindah SimPKB karena beda mapel dan satminkal.

Data Mapel UKG 2015: Jika terjadi kesalahan silahkan edit sesuaikan data dengan keadaan Anda yang sekarang.

INGAT! SIMPKB TERKONEKSI DENGAN DAPODIK PASTIKAN DATA DAPODIK ANDA BENAR.


CARA AKTIVASI SIMPKB KEMENDIKBUD

Bagi bapak/Ibu GPAI yang belum mempunyai akun SIMPKB berikut langkah aktivasinya. Masuk ke sim pkb dengan cara :

  1. Ketik https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id
  2. Klik "cari gtk"
  3. Masuk kan nama, propinsi, kabupaten.
  4. Pasti keluar data kita, dan catat no UKG.
  5. Klik "registrasi"
  6. Masukkan no UKG, lalu klik tanggal lahir.
  7. Lalu di cetak/print
  8. Berhasil, dan masuk lah nanti kembali ke sim pkb dengan memakai akun dan pasword yang sudah kita catat tadi.
  9. Lengkapi profil, pilih tingkat mengajar dan pilih mapel. Kemudian simpan


CARA MEMBUAT KOMUNITAS MGMP/KKG/FKG SimPKB

  1. Ketua KKG atau MGMP PAI datang ke Dinas Pendidikan menemui operator dinas  dengan membawa SK Pengurus KKG / MGMP PAI dan minta tolong ke operator untuk dibuatkan komunitas.
  2. Ketua KKG / MGMP nanti akan menjadi Ketua Komunitas di Simpkb PAI. Tugasnya mengundang/menjoinkan anggotanya ke komunitas.
  3. Untuk FKG TK atau KKG PAI SD bisa dbuatkan komunitasnya per kecamatan atau kabupaten oleh operator dinas pendidikan kab/kota.
  4. Untuk MGMP PAI SMP komunitasnya tingkat kab/kota.
  5. Untuk MGMP PAI SMA / SMK dibuatkan komunitasnya per Kab/Kota. Ketua MGMP PAI SMA/SMK mendaftarkan ke Dinas Pendidikan Provinsi dg membawa SK Pengurus MGMP PAI SMA/SMK.


TAHAPAN

  1. Aktivasi akun : tugas guru
  2. Buat komunitas : Tugas Ketua KKG MGMP
  3. Memasukkan konten dan mapel PAI : Tugas Lembaga / Pejabat


CARA AKTIVASI AKUN EMIS PAI

  1. Buka chrome dan ketik http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pai/login
  2. Kemudian keluar dashbord dan klik login.
  3. Masukkan NIK dan pasword, pasword bawaan bagi yang belum ganti pasword adalah 123123123.
  4. Kemudian periksa data personal dan lengkapi data dan save.
  5. Lengkapi dan upload file-file yang dbutuhkan di fitur-fitur emis dengan ukuran dibawah 200kb
  6. Input jam mengajar secara berurutan harinya mulai dari senin - sabtu. Jam yang diinput adalah jam pbm normal. Lengkapi daftar isian lainnya dengan benar dan Jangan lupa apload SK PBM. 
  7. Setelah selesai semua, klik konfirmasi, fitur paling bawah sebelah kiri. Nanti akan keluar pdf berita acara dan print. Minta tandatangan kepsek dan stempel dan tandatangan pengawas kemudian pdfkan lagi berita acara tsb dan upload berita acara di akun emis tsb.
  8. Selesai, emis Anda sudah aktif dan sudah terkonfirmasi.


Baca lebih banyak mengenai EMIS di arsip Emis Pendis

INGAT!. EMIS TERKONEKSI DENGAN DAPODIK. PASTIKAN DATA DAPODIK ANDA BENAR.


CARA AKTIVASI AKUN SIAGA

  1. Silahkan buka chrome dan ketik https://www.siagapendis.com/login
  2. Kemudian masukkan nomor user anda. Nomor user berbeda, jika Anda tidak tau atau lupa nomor user bisa dilihat di pencarian.
  3. Kemudian masukkan pasword, pasword dan silahkan login.
  4. pertama sekali yang harus di cek adalah data personal atau data pribadi.
  5. Seperti NIK, nama ibu kandung, nomor rekening, dll.
  6. Setelah data dilengkapi ajukan verval. Nanti admin kab/kota akan memverifikasi dan validasi data tsb.
  7. Kemudian lanjutkan mengisi jadwal dengan lengkap dan setelah itu diprint dan minta tandatangan kepala sekolah dan pengawas dan di stempel.
  8. Kemudian jangan lupa membuat jurnal dan daftar hadir ditandatangani oleh kepsek dan pengawas lalu di buat format pdf kemudian diupload di siaga. Admin kab/kota akan melakukan verval data Anda.
  9. Setelah itu silahkan klik SKMT dan print. Kemudian nanti diupload kembali setelah ditandatangani dan di stempel.

Baca lebih banyak mengenai Siaga di arsip Siaga Pendis.


Sebagai tambahan pelengkap keanggotaan GPAI di AGPAII.

CARA REGISTRASI KTA AGPAII DIGITAL

  1. Download aplikasi KTA AGPAII DIGITAL di Playstore
  2. Registrasi ; masukkan nama, email, password & password lagi.
  3. Klik daftar
  4. Klik lakukan pembayaran 35.000 bisa via gopay (lebih mudah) atau via e banking. Jika pembayaran via e-banking akan ada pilihan bank dan nomor virtual account dan lakukan pembayaran.
  5. Setelah sukses melakukan pembayaran silahkan login kembali ke aplikasi AGPAII digital dan klik konfirmasi.
  6. Klik profile (bulat di bagian bawah sebelah kanan layar) dan silahkan edit foto profile. Setelah foto terupload silahkan isi kolom biodata dengan nama Anda atau kalimat motivasi kemudian isi semua data yang diminta di profile.
  7. Setelah selesai mengisi data klik submit.
  8. Kemudian silahkan klik fitur-fitur yang ada mulai dari fitur titik 9 segi empat disana ada KTA, Murottal, E-Library dan fitur-fitur lain seperti dashbord media sosial, informasi, agenda dll.
  9. Setelah itu silahkan download aplikasi RPP, MODUL, PENILAIAN AGPAII DIGITAL di playstore. Cara login dengan memasukkan email dan pasword KTA.

Click to comment
A- Kinerja A-GLD A-Gtk Adminisrasi Guru Akhlak Tasawuf AKM akreditasi Akreditasi Perpustakaan AKSI Puspendik ANBK anti virus aplikasi Aqidah Akhlak arkas asuransi Bahasa Arab Bank BDR beasiswa Bidikmisi big book BIOUN Bisnis BK blog BOS BPOPP bse BSM BSU buku buku guru pai Convert Suara ke Text CPNS crochet DAK Dapodik dapodik paud Dapodikdasmen DHGTK Disabilitas Domnis Pesantren Ramadhan Dukcapil DUPAK e-learning E-Maarif E-Monev E-Rapor E-sarpras E-SKP EDS EHB-BKS Emis Emis PAI Emis Pendis Emis SDM eRapor FAQ Dapodik 2019.c FIKSI Fiqih G Suite for Education Geisa Google form Google Form Quiz gtk Hardiknas IHT ijazah Infaq info info gtk inpassing inpassing kemenag Insenntif Guru ISMA Jabfung Kemdikbud jual beli Kalender Pendidikan Kelas Maya Kelulusan Kemdikbud Kemenag Kepala Sekolah KI/KD KIP-Kuliah Kisi-kisi Kompetensi Guru 2045 kopsi kredit KSN KTSP Kurikulum LDBI LTMPT makalah Materi PAI media pembelajaran Microsift Word Microsoft Word Modul Guru Modul TIK GPO motivasi MPLS MS Word mudlarabah qiradl musaqah Mutasi Muzara'ah dan Mukhabarah nilai online NISN NPSN NPWP nrg NUKS NUPTK PAIS Pajak PAK Panduan PAS PDSS PDUN Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual pendidikan Pendis PerMenDikBud PerPus Peserta Didik PIP PJB PMP PNS PPDB PPG PPG Daljab PPPK ppt Pramuka Profil Guru 2045 PTK qurdis Rapor Dapodik raport riba RKAS RPL RPP SBMPTN sehat Sekolah Penggerak sertifikasi Shadaqah SHUN Siaga Siaga Pendis Sim PKB Simpak Simpatika Simulasi SIPLah SKI SKTP Smadav SNMPTN SNPTN Soal Online Span ptkin Survei lingkungan belajar tamsil Tekno tips tpp Tutorial UAMNUBK UASBN UBKD UN UNBK UNP USBN USP UTBK Verval PD Verval ponsel Verval PTK Verval SP Verval TIK VHD Whistleblower zakat