-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

PPPK 2021 Khusus Guru Agama Mulai Seleksi Sampai Soal & Modul
author photo
By On
PPPK 2021 Khusus Guru Agama

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan BKN memastikan, pengumuman jumlah kebutuhan atau formasi CPNS 2021 akan diumumkan akhir Maret 2021.


Secara rinci, untuk jadwal CPNS dan PPPK (guru dan non guru) 2021 dimulai dari penyampaian formasi ke Pemda di minggu ke-3 bulan Maret. Lalu pendaftaran di bulan Mei dan Juni, seleksi dari Juli dan Agustus hingga November-Desember, lalu pemberkasan dan penetapan NIP dari Desember 2021-Januari 2022.


Tahapan Seleksi PPPK 2021

Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 dilaksanakan dalam 2 tahap sebagai berikut :

1. Tahap Pra Seleksi

Tahap ini meliputi Penyampaian Informasi, dilaksanakan di bulan Maret 2021 dan Pendaftaran pada bulan Mei sampai Juni 2021.

2. Tahap Seleksi

Tahap seleksi terdiri dari Seleksi Tahap 1 pada bulan Agustus 2021, Seleksi Tahap 2 pada bulan Oktober 2021 dan Seleksi Tahap 3 pada bulan Desember 2021.


Kuota dan Jumlah Formasi Guru Agama

Pemerintah telah memberikan kuota 27.303 untuk calon guru agama pada Rekrutmen 1 juta Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021. Dengan jumlah ini, peluang semakin besar bagi guru agama honorer untuk jadi PPPK.


Kuota PPPK untuk guru honorer kemenag sebanyak 27.303. Jumlah tersebut terdiri dari 22.927 guru PAI (Pendidikan Agama Islam), sisanya guru agama lain. Kuota PPPK dari guru agama Itu didasarkan pada data pokok pendidikan (Dapodik).


Ikut Seleksi PPPK Aktifkan 4 Akun Ini

Langkah berikutnya adalah guru agama harus memastikan dirinya aktif pada beberapa aplikasi pendataan. Karena aplikasi tersebut menjadi pangkalan data yang menginformasikan guru agama sudah terdaftar pada sistem.


Keempat aplikasi yang dimaksud adalah Dapodik, SIMPKB, EMIS dan Siaga Pendis. Dapodik dan SIMPKB adalah aplikasi data guru milik Kemendikbud. Guru agama wajib aktif pada kedua aplikasi ini karena dia mengajar di sekolah umum atau sekolah milik Kemendikbud.


Soal dan Modul PPPK Guru Agama

Sekalipun guru agama bertugas di sekolah umum namun dipastikan akan mendapat soal yang dibuat Kemenag. Mereka adalah guru agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu.


Saat ini sedang dibahas naskah ujian rekrutmen guru PPPK untuk formasi guru PAI. Direktorat PAI Kemenag sedang mendiskusikan materi soal ujian itu dengan konsorsium yang mereka bentuk. Mahnan belum mendapatkan kabar soal persiapan pembuatan soal ujian PPPK untuk guru agama lainnya.


Modul khusus untuk guru agama hingga saat ini belum ada informasi yang jelas. Namun demikian modul-modul umum tersebut tetap dapat dijadikan acuan untuk belajar mandiri. Materi-materi kompetensi umum tentunya berlaku untuk semua mata pelajaran, sedangkan materi khusus keagamaan dapat diatasi dengan belajar mandiri melalui berbagai sumber.

Click to comment