-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Pernah merasa pusing juga ketika tidak bisa masuk ke akun Guru Pembelajar karena lupa ID akun Guru Pembelajar. Tiga tahun yang lalu, setiap guru mendapatkan akun Guru Pembelajar melalui MGMP/KKG masing-masing. Karena hanya selembar kertas yang memuat ID akun Guru Pembelajar dan passwordnya bisa jadi kertas tersebut sudah hilang entah di mana. Bisa juga hilangnya ID akun dan paswordnya karena Anda simpan dalam Handphone yang kemudian terhapus atau terformat. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa solusi sederhana untuk mengatasi hal tersebut.
Lupa Password @guruku.id Login app.simpkb.id
Jika hanya lupa pada ID akunnya saja tentu sangat mudah untuk mencarinya. ID akun Guru Pembelajar diawali dengan 12 nomor UKG dan akhirannya diikuti @guruku.id dan nomor ini akan menjadi email user untuk masuk pada akun tersebut, misalnya nomor UKG Anda adalah 201500000000 maka ID akun Guru Pembelajar Anda adalah 201500000000@guruku.id. Anda bisa mengetahui nomor UKG Anda melalui alamat link berikut https://sim.gurupembelajar.id/akun/ptk. Silahkan kunjungi link tersebut, kemudian pilih Provinsi dan Kabupaten serta isikan nama lengkap Anda. Jika sudah silahkan klik “CARI GTK”, maka data nomor UKG dan instansi Anda akan ditampilkan. Permasalahannya akan menjadi sedikit rumit ketika kita lupa akan passwordnya. Bukankah demikian?

Cara Reset Password SIM PKB

Jika Anda lupa password anda bisa mencoba melakukan reset password secara mandiri, asalkan dulu pernah memasukkan email alternatif di akun Guru Pembelajar. Caranya silahkan klik lupa password di halaman beranda sim pkb atau silahkan kunjungi link ini https://paspor.simpkb.id/casgpo/password
Lupa password SIM PKB
Seperti tampilan lupa password diatas silahkan masukkan email alternatif (sebagai email direct dari 201500000000@guruku.id) masukan kode captcha klik kirm, Anda akan menerima reset password sim pkb melalui email alternatif.

Namun jika dengan cara reset password diatas tersebut tidak berhasil, maka jalan satu-satunua Anda harus meminta reset password tersebut ke Dinas Pendidikan atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kabupaten/Kota Anda, atau bisa juga Anda meminta ke ketua MGMP/KKG.

Ganti / ubah password karena sering lupa password

Karena password SIM PKB unik kombinasi angka dan huruf kapital maka agak sedikit susah untuk diingat ada baiknya kalau kita ganti/ubah password tersebut dengan password buatan sendiri yang paling gampang diingat. Caranya ganti atau ubah password SIM PKB silahkan masuk ke akun simpkb kemudian pada bagian pojok kanan atas tepat diposisi foto dan nama silahkan diklik.
Silahkan klik Ganti Password akan muncul popup jendela baru kemudian Silakan melakukan perubahan Password akun Anda dengan memasukkan Password Lama Anda masukkan password yang baru masukkan lagi konfirmasi password yang baru tekan SIMPAN.

Agar tidak lupa password install SIM PKB - Apps on Google Play

install SIM PKB - Apps on Google Play

Cara yang terakhir ini mungkin bisa dibilang lebih praktis karena bisa diakses melalui Handphone, silahkan install SIM PKB - Apps on Google Play atau bisa langsung gunakan alamat link https://play.google.com/store/apps/details?id=simpkb.id.simpkb Setelah terinstall set password save as sehingga ketika Anda login sudah tidak lagi memasukkan password.

Demikianlah beberapa solusi sederhana untuk mengatasi lupa password guruku.id untuk login di SIM PKB.

Click to comment