-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

NISN Tidak Aktif! Kenapa, Bagaimana? Ini Solusinya!
author photo
By On

NISN Tidak Aktif! Kenapa, Bagaimana? Ini Solusinya!

NISN - Nomor Induk Siswa Nasional dengan keterangan "tidak aktif" ketika di cek melalui laman NISN Online (https://nisn.data.kemdikbud.go.id/). Apa yang menyebabkan NISN tidak aktif? Kenapa NISN tidak aktif sedangkan siswa masih berstatus aktif sekolah? Lalu bagaimana cara mengatasi masalah NISN tidak aktif. Berikut admin paparkan masalah NISN tidak aktif dan solusinya.


Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sebagai kode referensi yang bersifat unik dan terstandar wajib di miliki oleh siswa sebagai data identitas yang membedakan siswa satu dangan siswa lainnya. NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.


NISN ini akan dipakai untuk keperluan beberapa bisnis pendataan pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti misalnya: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional (ANBK), bantuan PIP, data ANBK, data LTMPT (SNMPTN).


Kenapa NISN Tidak Aktif?

Ada perbedaan antara NISN aktif, NISN tidak aktif, NISN tidak valid, NISN tidak ditemukan serta NISN ganda. Untuk masalah NISN Ganda, anda bisa baca di artikel cara verval NISN Ganda. Untuk mengklaim NISN yang sudah tercatat pada arsip data pusdatin, anda dapat mebaca di artikel Cara Klaim NISN. Mari kita bahas satu persatu mengenai NISN.


1. NISN Aktif

NISN aktif menunjukkan bahwa peserta didik sedang melaksanakan proses pembelajaran dan terdaftar aktif pada sistem pendataan elektronik di satuan pendidikan (Dapodik, Emis, atau PDDikti). Berikut tampilan NISN aktif terdata di PUSDATIN.

NISN Aktif

Bagi peserta didik yang NISN nya sudah aktif di satuan pendidikan tentu tidak menjadi masalah. NISN yang aktif sudah dipastikan sudah lolos verval oleh satuan pendidikan dan Pusdatin. Namun, Jika NISN yang tercata di PUSDATIN dan Ijazah berbeda maka bisa dilakukan klaim NISN.


2. NISN Tidak Aktif

NISN tidak aktif menunjukkan bahwa peserta didik sudah tidak melaksanakan proses pembelajaran dan tidak terdaftar aktif pada sistem pendataan elektronik di satuan pendidikan (Dapodik, Emis, PDDikti). Berikut tampilan NISN tidak aktif terdata di PUSDATIN.

NISN Tidak Aktif


3. NISN tidak valid, NISN tidak ditemukan serta NISN ganda

NISN tidak aktif berbeda dengan NISN yang tidak valid (indikasinya adalah NISN terdeteksi ganda masih masuk dalam residu maka dalam pencarian laman NISN tidak ditemukan). Hal yang demikian diperlukan verval NISN lebih lanjut. Berikut tampilan NISN tidak valid.

NISN tidak valid, NISN tidak ditemukan serta NISN ganda

Selama NISN tampil di laman pencarian NISN serta menampilkan data peserta didik yang bersangkutan, maka NISN dianggap sebagai NISN valid.


Penyebab NISN Tidak Aktif?

Ada beberapa indikasi yang menyebabkan NISN peserta didik tidak aktif, diantaranya;
  1. Peserta didik sudah lulus dari satuan pendidikan;
  2. Peserta didik dikeluarkan dari satuan pendidikan;
  3. Peserta didik mutasi (pindah) dan belum didaftarkan di sistem pendataan satuan pendidikan yang baru;
  4. Peserta didik putus sekolah dan tidak melanjutkan.

Bagaimana cara agar NISN bisa aktif lagi?

Berikut langkah/tahapan untuk mengkatifkan NISN peserta didik;
  1. Peserta didik/orangtua/wali melapor ke satuan pendidikan;
  2. Satuan pendidikan melalui operator sekolah melakukan pemeriksaan verval berkas/dokumen peserta didik;
  3. Operator satuan pendidikan mendata peserta didik pada aplikasi pendataan elektronik di satuan pendidikan (Dapodik, Emis, PDDikti);
  4. Operator sekolah memastikan NISN peserta didik berstatus aktif melalui pemeriksaan di aplikasi VervalPD;

Jika NISN tidak tampil di aplikasi Verval PD, maka operator satuan pendidikan dapat mengajukan pengaktifan NISN melalui fitur "Edit NISN" di aplikasi vervalPD, dengan menggunakan dokumen ijazah sebagai bukti kepemilikan NISN.


Masih ada pertanyaan mengenai NISN Tidak Aktif! Kenapa, Bagaimana? Ini Solusinya!. Silahkan komentar!

Click to comment