-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Akun Peserta Didik Belum Diaktivasi
author photo
By On
Penghapusan Akun Peserta Didik Belum Diaktivasi

Penghapusan Akun belajar.id Peserta Didik Yang Belum Diaktivasi. Segera cek akun email belajar.id anda dan ikuti langkah-langkah yang diminta.


Terkait dengan pemutakhiran data pada sistem Belajar.id yang dimaksudkan agar Akun Belajar.id dapat tersinkronisasi secara otomatis dengan data yang ada di Dapodik, sehingga detail nama akun, data profil, dan lainnya akan terus diperbarui tanpa harus mengubah secara manual.


Pemutakhiran Data tersebut berdampak pada Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK), peserta didik, dan admin dengan kondisi sebagai berikut: misalnya: sekolah ditutup, berpindah peran, mutasi, berhenti kerja, dan peserta didik pindah jenjang.


Akun belajar.id Peserta Didik (PD) akan dihapus karena belum melakukan aktivasi sejak 6 (enam) bulan setelah akun dibuat. Untuk menghindari penghapusan akun, mohon informasikan agar akun Peserta Didik segera diaktivasi sesuai panduan ini, sebelum 13 September 2022.


Nama akun (User ID) dan kata sandi (password) belajar.id bisa anda dapatkan melalui operator sekolah. Lihat cara mendapatkan akun belajar.id:

1. Masuk ke aplikasi pd.data.kemdikbu.go.id

2. Unduh akun (PTK, admin, Peserta Didik)


Akun Belajar.id hanya dapat diaktivasi secara mandiri oleh pemilik akun. Apabila Anda merasa tidak pernah mengaktifkan akun namun status akun telah aktif, silakan menghubungi Admin Sekolah di sekolah Anda untuk dilakukan reset kata sandi (password) Anda.


Beberapa informasi yang harus dipahami oleh admin sekolah terkait penghapusan akun belaja.id:

  1. Silakan cek daftar akun Peserta Didik yang akan dihapus pada Admin console dengan status “Hasn’t signed in” atau “Belum login”.
  2. Peserta Didik yang terdampak merupakan Peserta Didik yang masih terdaftar di sekolah Anda maupun yang sudah berpindah jenjang.A
  3. Apabila Peserta Didik masih aktif terdaftar di sekolah Anda namun akun sudah terhapus, silakan ajukan pembuatan akun secara manual melalui website https://belajar.id/ atau menghubungi tombol Butuh Bantuan (untuk pengajuan bulk).

Cara login ke admin console

Login ke admin console memerlukan akun admin.

  1. Buka admin.google.com.
  2. Mulai dari halaman login, masukkan alamat email dan sandi untuk akun admin (akun belajar.id kepala sekolah)

Akun admin memiliki hak istimewa untuk mengelola layanan bagi orang lain di organisasi. Konsol Admin hanya tersedia jika Anda login ke akun admin.


Untuk memastikan bahwa akun belajar.id anda aktif atau tidak. Silahkan Cari tahu status Akun Pembelajaran Anda disini. Pilih tipe pengguna (peserta didik) dan  cari akun pembelajaran. Langkah selanjutnya masukkan NPSN, Masukkan data pribadi dan Lihat status Akun anda.


Dengan Akun Pembelajaran, anda bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Click to comment