-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Mengatasi Rombel Kurikulum Merdeka Di Dapodik 2023
author photo
By On
Mengatasi Rombel Kurikulum Merdeka Di Dapodik 2023

Cara mengatsi rombel kurikulum merdeka pada aplikasi Dapodik 2023 yang tidak tampil. Setelah melakukan instalasi Dapodik versi 2023, banyak operator yang dibuat bingung dengan rombel reguler yang tidak menampilkan program pengajaran satuan pendidikan yang memakai kurikulum merdeka.


Dapodik versi 2023 mengakomodir program Implementasi Kurikulum Merdeka. Rombongan belajar Kurikulum Merdeka berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pastikan pada menu Beranda, implementasi kurikulum sekolah sudah tertera menjadi “Merdeka”.


Sebelum mengisi data pembelajaran tentunya kita harus menambahkan data rombongan belajar terlebih dahulu. Pembuatan rombongan belajar ini berlaku bagi semua jenjang. Penginputan data rombongan belajar dilakukan selambat-lambatnya setiap semester atau jika ada pembaruan.


Pemilihan tingkat pendidikan pada Aplikasi Dapodik untuk SD/sederajat pilih 1–6, untuk SMP/sederajat pilih 7–9, untuk SMA/SMK/sederajat pilih 10-12, untuk SLB pilih tingkat 1–12. Rombongan belajar terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

1. Reguler (pilihan: kelas, kelas terbuka, kelas jauh/kecil)

2. Teori

3. Eskul

4. Matpel Pilihan


Langkah Memnambah Rombel Kurikulum Merdeka Di Dapodik 2023

Untuk menampilkan rombel reguler khususnya kelas pada program pengajaran satuan pendidikan kurikulum merdeka. Berikut langkahnya:

  1. Lakukan tarik data terlebih dulu.
  2. Masuk pada menu "Sekolah", Pada data rinci sekolah pilih menu "Program Pengajaran Dilayani".
  3. Pilih menu "Tambah", pilih "[Merdeka] umum" di menu program pengajaran satuan pendidikan


Langkah selanjutnya:

  1. Masuk pada menu "Rombongan Belajar" pilih menu " Reguler"
  2. Pilih menu "Tambah" dan selanjutnya tinggal pilih saja dikolom berikutnya
  3. Selesai.


Pada versi 2023, sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka memiliki tambahan fitur pada rombongan belajar reguler. Terdapat tombol menu Pilih Tema P5, guna pemilihan tema terkait Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.


Pada menu Pilih Tema P5, sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka dapat menginputkan tema P5 yang dipilih untuk rombel tersebut. Isian tema sudah sesuai dengan jenjang pendidikan sekolah, dan panduan lengkap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terdapat pada tautan: disini.


Pada rombongan belajar jenjang SMA terdapat perbedaan pada pembelajaran. Isian tabulasi Pembelajaran terbagi menjadi 2 (dua) bergantung pada kurikulum yang dipilih, Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka.


Pada Kurikulum 2013 terdapat beberapa kategori yaitu Matpel Bidang Studi Wajib, Matpel Umum, Matpel Peminatan, dan Matpel Lainnya. Matpel Bidang Studi Wajib terdiri dari muatan lokal. Matpel Umum (Kelompok A) terdapat Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Sejarah Indonesia.


Sedangkan Matpel Umum (Kelompok B) terdapat mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Prakarya dan Kewirausahaan, dan Seni Budaya. Matpel Peminatan/Program tergantung pada jurusan romongan belajar tersebut. Untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial terdapat mata pelajaran Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi. Sedangkan jurusan MIPA terdapat Matematika (Peminatan), Biologi, Fisika dan Kimia. Matpel lainnya terdapat mata pelajaran Bimbingan Konseling dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.


Pada rombongan belajar jenjang PAUD (TK, KB, SPS, TPA), SD, SMP, SMK, SLB, Kesetaraan, lebih lengkapnya silahkan baca panduan pengisian aplikasi Dapodik 2023.

Click to comment