-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Aplikasi PDSS 2022
author photo
By On
Aplikasi PDSS 2022

Aplikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 2022 masih seperti tahun-tahun sebelumnya. Pengisian PDSS ini dilakukan oleh sekolah, bukan siswa. Oleh karena itu, kebenaran atau validasi data yang diisikan menjadi tanggung jawab sekolah.


Untuk meminimalisir kesalahan, pengisian PDSS ini harus dilakukan secara runtut sesuai dengan petunjuk teknisnya. Silahkan unduh presentasi aplikasi PDSS 2022 disini.


4 Tahapan Pengisian PDSS

  1. Verifikasi Data Sekolah
  2. Pengisian Siswa Eligible
  3. Pendefinisian Kurikulum
  4. Pengisian Nilai


Untuk melakukan tahapan tersebut silahkan akses URL PDSS : https://pdss.ltmpt.ac.id Namun saat ini masih berisi data tahun sebelumnya. Silakan login menggunakan akun LTMPT yang telah terdaftar.


1. Verifikasi Data Sekolah – Profil Sekolah

Pastikan semua data pada halaman ini benar, jika masih terdapat kesalahan segera sekolah dimohon melakukan verifikasi dan validasi pada http://vervalsp.data.kemendikbud.go.id


1.1. Verifikasi Data Sekolah – Jurusan Sekolah

  • Jika masih terdapat kesalahan jurusan dan jumlah siswa segera sekolah dimohon melakukan verifikasi dan validasi pada http://vervalsp.data.kemendikbud.go.id.
  • Isilah jenis kelas sesuai dengan kelas yang memang ada pada sekolah Anda.

1.2. Verifikasi Data Sekolah – Finalisasi

Pastikan Anda hanya melakukan finalisasi data sekolah jika memang semua data sekolah telah sesuai.


2. Pengisian Siswa Eligible - Pemeringkatan

Pengisian siswa eligible bisa satuan (manual) atau menggunakan CSV (import data). Hanya gunakan CSV yang diunduh pada aplikasi.


2.1. Pengisian Siswa Eligible - Finalisasi

Pastikan Anda hanya melakukan finalisasi
data siswa jika yakin perangkingan siswa
eligible sudah sesuai.


3. Pendefinisian Kurikulum

Definisikan semua kurikulum (termasuk mata pelajaran, kkm, dan jam) untuk semua tingkat,
jurusan dan jenis studi (regular 3 tahun, akselerasi, dst).


3.1. Pendefinisian Kurikulum - Finalisasi

Pastikan Anda hanya melakukan finalisasi
kurikulum jika kurikulum yang diisi sudah
sesuai.


4. Pengisian Nilai

  • Silakan mengisi nilai untuk semua siswa, pengisian bisa dilakukan satu persatu (manual) atau import nilai menggunakan CSV.
  • Mohon hanya menggunakan CSV dari hasil download pada aplikasi, jangan melakukan perubahan (misal menghapus NISN) pada CSV template tersebut.

4.1. Pengisian Nilai - Finalisasi

Pastikan Anda hanya melakukan finalisasi nilai jika nilai yang diisi sudah sesuai. Finalisasi nilai adalah tahapan terkahir dari pengisian PDSS.


Pengisian Status Khusus Siswa

Jika terdapat siswa eligible dengan status khusus (pindahan, tidak naik kelas, pertukaran pelajar, atau cuti), sekolah dapat mendefinisikannya pada saat pengisian nilai. Tata cara pengisian kurikulum dan nilai serupa dengan pengisian untuk siswa tanpa status khusus.



Tips : biasanya Aplikasi PDSS ini akan lambat diakses karena banyaknya lalu lintas pengaksesnya. Maka lakukan di awal-awal sebelum batas cutoff dan di waktu-waktu yang senggang pengakses.

Click to comment