-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

DroidCam - Webcam PC Untuk Mengajar Online
author photo
By On
DroidCam - Webcam PC Untuk Mengajar Online

Sejak pandemi Covid-19 melanda, dunia pendidikan terpaksa memindahkan proses belajar mengajar dari sekolah ke rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Masa pandemi masih belum berakhir, sekolah masih diharuskan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Meski masih banyak kendala yang dihadapi, satuan pendidikan mulai terbiasa menyelenggarakan BDR.


Metode BDR sendiri ada dua, yaitu Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan (PJJ Daring) dan PPJ Luar Jaringan (Luring). PJJ Daring secara khusus menggabungkan teknologi elektronik dan teknologi berbasis internet, sementara PJJ Luring dapat dilakukan melalui siaran televisi, radio, modul belajar mandiri, bahan cetak maupun media belajar dari benda di lingkungan sekitar.


Beragam aplikasi teleconference yang dijadikan sarana untuk melakukan tatap muka secara virtual selama pandemi. Biasanya, banyak guru menggunakan aplikasi tersebut untuk keperluan belajar online maupun rapat bersama rekan kerja.


Cukup banyak aplikasi video conference atau video call yang bisa Anda gunakan untuk bertemu secara online. Tak hanya melalui smartphone, konferensi video juga bisa dilakukan lewat PC. Namun kelemahannya PC tidak memiliki aplikasi webcam sehingga tidak bisa menampilkan video.


Untungnya, smartphone bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti dari webcam. Mengubah smartphone menjadi webcam dapat dilakukan menggunakan aplikasi, salah satunya adalah DroidCam.


DroidCam mengubah perangkat Android Anda menjadi webcam. Aplikasi ini bekerja dengan klien PC yang menghubungkan komputer dengan telepon Anda. Klien Windows dan Linux tersedia. Kunjungi www.dev47apps.com di komputer Anda untuk mengunduh, menginstal, dan mendapatkan info lebih lanjut tentang penggunaan.


Inilah langkah-langkah untuk mengubah smartphone menjadi webcam di PC

Silahkan download aplikasi DroidCam di Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi DroidCam. Di halaman utama, Anda akan diminta untuk menyetujui beberapa hal dan mengikuti panduan yang ada

Kemudian, klik "Got It" di bagian bawah apabila persetujuan selesai. Setelah itu, Klik "Allow" untuk mengizinkan aplikasi mengakses fungsi pengaturan kamera.


Selanjutnya, unduh aplikasi DroidCam Client dari PC Windows disini. Usai diunduh, buka aplikasi DroidCam Client lalu ikuti petunjuk instalasi.


Setelah DroidCam Client berhasil terpasang di PC, nantinya ikon aplikasi tersebut akan muncul di halaman desktop. Lalu, hubungkan IP address smartphone dengan PC Anda kemudian agar keduanya saling terhubung. Pastikan WiFi yang dipilih benar-benar sama.

Aktifkan opsi "Video" dan "Audio" agar kamera dan mikrofon ponsel Anda dapat digunakan. Klik "Start" untuk mulai menghubungkan kamera sebagai webcam di PC. Secara otomatis, kamera ponsel Anda akan berfungsi menjadi webcam ketika video call berlangsung.


DroidCam mendukung sejumlah layanan seperti Skype, Zoom Meeting, atau aplikasi konferensi video lainnya. Anda bisa memanfaatkan kamera depan atau belakang untuk difungsikan sebagai webcam. Ponsel juga bisa ditempatkan sesuai dengan keinginan Anda, misalnya di samping atau menghadap langsung ke wajah Anda.


Apabila video call sudah selesai, Anda bisa menonaktifkan webcam dengan cara mengklik opsi "Stop" pada aplikasi DroidCam Client. Nantinya, fungsi webcam pada PC akan kembali normal alias sudah tidak terhubung dengan kamera ponsel.


Dengan adanya aplikasi ini, output video yang ditampilkan akan terlihat lebih jernih dibandingkan saat mengandalkan kamera bawaan PC.

Click to comment