-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

ANBK 2021/2022 https://anbk.kemdikbud.go.id/
author photo
By On
ANBK 2021/2022

Pelaksanaan ANBK 2021 ada 3 Mode yakni : MSAT model online, semi online, dan offline. Untuk setiap moda memiliki karaktersitik bebeda-beda dan disesuikan dengan kondisi internet yang ada di lokasi ujian dalam hal ini sekolah pelaksana.


MSAT Online adalah assessment nasional berbasis komputer dimana pesertanya harus memiliki akses internet secara terus menerus. MSAT Online masing-masing lokasi terdapat aplikasi proktor dan aplikasi peserta tes dimana kedua-duanya langsung terhubung dengan server pusat Pusmenjar . Aplikasi proktor tidak perlu melakukan sinkronisasi data sebelum pelaksanaan tes karena semua data langsung diakses ke server Pusat Pusmenjar.


MSAT Semi Online adalah assessment nasional berbasis komputer dimana peserta tesnya tidak memiliki akses internet. yang memiliki akses internet hanya komputer proktor. Sama halnya seperti moda online pada masing-masing lokasi terdapat aplikasi proktor yang dijadikan sebagai jembatan penghubung antara server pusat dengan peserta tes. Aplikasi proktor dikemas didalam sebuah VHD dimana untuk menjalankannya menggunakan Exambro Proktor.

Pada moda semi online proktor wajib melakukan sinkronisasi data dari server Pusat Pusmenjar ke Komputer Proktor.


MSAT Offline adalah assessment nasional berbasis komputer sama seperti halnya dengan MSAT moda semi online namun untuk komputer proktornya hanya butuh akses internet saat singkronisasi sedangkan pada saat tes tidak membutuhkan akses internet sama sekali. Pada mode offline ini pada saat pelaksanaan tes murni dilakukan secara offline. Untuk mendapatkan data dari server pusat , maka komputer proktor selama proses sinkronisasi dipindahkan dulu ke daerah yang memiliki akses internete. (Untuk Moda Of fline belum direkomendasikan).


Pelaksanaan ANBK 2021/2022

Simulasi Asesmen NasionalAsesmen Nasional di satuan pendidikan dilaksanakan bulan April s/d Agustus 2021. Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer dilaksanakan bulan September s/d Oktober 2021. Lebih lengkap jadwal bisa lihat di https://anbk.kemdikbud.go.id/jadwal#jadwal



Click to comment