-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Pembaruan Verval PTK (identitas) Untuk Program PPPK 2021
author photo
By On

Pembaruan dan perbaikan sistem terus dilakukan dalam upaya mengoptimalkan kinerja aplikasi Verval PTK tersebut menjadi lebih baik. Verval PTK dilakukan dalam rangka matching data yang saling tehubung dengan data-data di aplikasi Kemdikbud yanng lainnya.

Pembaruan Verval PTK (identitas) Untuk Program PPPK 2021

Sebenarnya kalau kita perhatikan bahwa sistem verifikasi dan validasi data pendidikan atau disingkat verval bertujuan membersihkan data yang belum valid, ada beberapa hal yang menjadi sebabnya. Misalnya data tidak match, double counting atau sudah tidak aktif, karena pensiun, meninggal dunia atau sebab lainnya.


Sistem aplikasi Verval PTK selain digunakan untuk memvalidasi data master GTK juga digunakan untuk keperluan bisnis data yang lainnya seperti Pengajuan NUPTK, tukar NUPTK, perbaikan arsip, perbaikan identitas


Verval PTK hanya dapat dilakukan oleh Operator Sekolah, Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Operator Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahap permulaan PDSP baru membersihkan data dari segi NUPTK, nama dan sekolah induk sehingga sasaran verifikasi validasi dapat berjalan dengan valid.


Dalam rangka mendukung Program PPPK, perbaikan identitas mengakomodir bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang tidak aktif di Dapodik/satuan pendidikan. Perbaikan PTK tersebut dapat dilakukan di Sekolah asal, atau Dinas Pendidikan setempat.


Perbaikan Identitas PTK dipadankan dengan data kependudukan Dukcapil Kemendagri. Perbaikan identitas ini menyangkut data NIK, nama, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir, Jenis kelaminn serta nama ibu kandunng.


Perbaikan data tersebut sekarang bisa Anda lakukan dengan mudah karena tanpa harus mengupload berkas pendukung seperti KK, KTP Ijasah dan yang lainnya serta tanpa persetujuan Dinas. lakukan edit data yang salah kemudian simpan selanjutnya sudah menjadi valid.


NIK dengan keterangan sudah valid dengan data Dukcapil tidak dapat diperbaiki, jika terjadi perbedaan dalam pengajuan perbaikan identitas, pemilik data dapat koordinasi dengan Dukcapil setempat atau jika terjadi kesalahan dapat menghubungi admin Pusat melalui ULT.

Click to comment