-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Kuota Siswa Dan Guru 2021, Kapan Cair?
author photo
By On

Hampir 3 bulan berjalan di semester genap ini bantuan kuota data internet Kemdikbud belum juga terealisasikan, sementara sekolah masih terus melakukan pembelajaran daring.

Kuota Siswa Dan Guru 2021, Kapan Cair?


Kebutuhan akan kuota data internet masih menjadi prioritas utama bagi siswa untuk memperlancar proses pembelajarannya secara daring, terlebih lagi saat ini ada beberapa sekolah yang menyelenggarakan penilaian tengah semester (PTS) dan Penilaian akhir semester (PAS) secara online.


Banyak siswa yang bertanya mengenai kelangsungan bantuan kuota data internet tersebut. Apakah bantuan kuota siswa dan guru ini masih ada?. Kapan disalurkannya kembali?


Sebelumnya, bahwa bantuan kuota data internet yang disalurkan 3 bulan secara langsung pada tahap 1 dan tahap 2 sudah berakhir pada bulan Desember 2020.


Mengenai bantuan kuota data internet untuk siswa dan guru di tahun anggaran 2021 ini, Kemdikbud sudah mengeluarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 4 tahun 2021 tentang petunjuk teknis penyaluran bantuan pemerintah paket kuota data internet tahun 2021.


Silahkan unduh salinan Persejen Nomor 4 tahun 2021 disini.


Dengan adanya Persejen nomor 4 tahun 2021 ini maka untuk bantuan kuota data internet masih ada. Penyaluran Bantuan paket kuota data internet dilakukan selama 3 (tiga) bulan dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2021 dengan jadwal sebagai berikut:

a. bulan pertama pada tanggal 11 sampai dengan 15 Maret 2021;

b. bulan kedua pada tanggal 11 sampai dengan 15 April 2021; dan

c. bulan ketiga pada tanggal 11 sampai dengan 15 Mei 2021.


Sambil menunggu edaran resminya, mengenai teknisnya masih sama seperti tahun sebelumnya yakni melakukan Verval Ponsel. Untuk:

1. Satuan Pendidikan: https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/

2. Perguruan Tinggi: https://kuotadikti.kemdikbud.go.id/


Rincian Jumlah Bantuan

Rincian Bantuan paket kuota data internet sebagai berikut:

1. Paket Kuota Data Internet untuk Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 7 GB / bulan 3 Bulan

2. Paket Kuota Data Internet untuk Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah 10 GB / bulan 3 Bulan

3. Paket Kuota Data Internet untuk Mahasiswa dan Dosen 15 GB / bulan 3 Bulan 

4. Paket Kuota Data Internet untuk Pendidik 12 GB / bulan 3 Bulan


Catatan : Sisa kuota paket data internet yang tidak terpakai setiap bulannya akan hangus atau tidak bersifat kumulatif untuk bulan selanjutnya.


Agar Anda memperoleh bantuan kuota data internet Kemdikbud, pastikan bahwa nomor ponsel Anda aktif dan tidak dalam masa tenggang serta sudah terdaftar di aplikasi Dapodik.

Click to comment