-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Cara cek keaslian surat Kemdikbud resmi apa palsu!

Cek Resmi Surat Kemdikbud

Dunia online membuat peluang para oknum untuk melakukan tindak kejahatan. Kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer sebagai unsur utamanya, istilah ini juga digunakan untuk kegiatan kejahatan tradisional di mana komputer atau jaringan komputer digunakan untuk mempermudah atau memungkinkan kejahatan itu terjadi.


Salah satu tindak kejahatan penipuan yang sering terjadi di dunia pendidikan adalah permintaan data siswa dengan mengatasnamakan Kemendikbud.


Dengan menggunakan surat elektronik yang dikemas persis seperti layaknya surat Kemdikbud, oknum ini bisa mendapatkan data-data yang sangat penting terkait dengan siswa.


Jika Anda mendapatkan pesan elektronik terkait dengan surat edaran permintaan data siswa atau guru sebaiknya dipastikan dulu kebenaran surat tersebut.


Nah, untuk melakukan klarifikasi apakah surat tersebut resmi dikeluarkan oleh Kemdikbud atau hanya penipuan yang berkedok Kemdikbud berikut ini cara cek keaslian persuratan Kemdikbud.


Untuk memulainya Anda bisa kunjungi laman ini https://persuratan.kemdikbud.go.id/


Di laman SINDE (Sistem Naskah Dinas Elektronik) Kementrian dan Kebudayaan tersebut Anda bisa melihat jejak surat maupun pengecekan surat.


Nah, sebelum menjadi korban penipuan oknum berkedok Kemdikbud jika Anda mendapatkan surat edaran atau apapun bentuknya mengenai permintaan data silahkan cek dulu keaslian surat di SINDE.

Click to comment