-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Perbaikan (VERVAL) Data PTK/GTK
author photo
By On

Kevalidan data Dapodik bagi PTK/GTK sangat ditekankan karena data akan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan administrasi secara online maupun pemenuhan berbagai aneka tunjangan pendidik dan tenaga kependidikan.

Cara Perbaikan (VERVAL) Data PTK/GTK


Kesalahan data maka harus dilakukan verifikasi dan validasi (verval). Perbaikan data PTK/GTK bisa dilakukan dengan berbagai arah. Perbaikan data bisa dilakukan melalui aplikasi Dapodik sekolah secara offline maupun bisa dilakukan di aplikasi verval secara online.


Namun perlu diketahui bahwa untuk melakukan perbaikan data PTK/GTK, login akun yang diperlukan sebagian besar menggunakan akun operator sekolah. Meskipun ada juga login akun yang bisa dilakukan secara mandiri.


Oleh karena itu, jika terjadi perbaikan data PTK/GTK maka PTK/GTK bersangkautan sebaiknya berkordinasi dengan operator dengan cara menyiapkan berkas pendukungnya sedangkan untuk peroses vervalnya dilakukan oleh operator.


Perbaikan Data PTK/GTK Secara Offline

Perbaikan atau pemutakhiran data PTK/GTK secara offline bisa dilakukan melalui Aplikasi Dapodik local host (sekolah) seperti misalnya kesalahan data rinci PTK pada tugas tambahan, riwayat gaji berkala, riwayat kepangkatan.


Namun untuk melakukan perubahan harus melalui akun PTK/GTK bersangkutan, hal ini bisa dilakukan dangan cara tukar pengguna.


Perbaikan Data PTK/GTK Secara Online

Perbaikan atau pemutakhiran data PTK/GTK secara online bisa dilakukan melalui Aplikasi verval data. Seperti misalnya perbaikan identitas PTK/GTK, perbaikan arsip, perbaikan NUPTK  harus dilakukan melalui laman vervalptk.data.kemdikbud.go.id

Sedangkan perbaikan data riwayat pendidikan formal bisa dilakukan secara online melalui laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id, untuk verval ijazahnya bisa dilakukan melalui laman info.gtk.kemdikbud.go.id.


Setelah melakukan perbaikan data, agar bisa masuk ke aplikasi Dapodik maka harus dilakukan sinkronisasi. Tentu hal ini juga membutuhkan approval dari pihak dinas karena ada sebagian data yang memang membutuhkan persetujuan dinas.


Jadi intinya perbaikan (verval) data PTK/GTK bisa dilakukan melalui operator sekolah sedangkan PTK/GTK bersangkutan menyaipan berkas secara komplit dan benar yang tujuannya untuk mempermudah proses verval.

Click to comment