-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Cara cek berita hoax atau fakta dengan cepat menggunakan aplikasi WhatsApp ChatBot Mafindo. Organisasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) bekerja sama dengan WhatsApp untuk meluncurkan chatbot anti-hoaks bernama "Kalimasada".

ChatBot Mafindo: Cek Hoax Atau Fakta

Chatbot ini dapat memudahkan masyarakat mengecek kabar yang mereka terima hoaks atau bukan, melalui aplikasi WhatsApp. Dengan chatbot ini, Mafido berharap dapat memberikan cara efisien dan mudah kepada jutaan pengguna WhatsApp di Indonesia untuk memverifikasi informasi yang mereka terima.


Langkah Mengguakan ChatBot Mafindo

Pertama : Untuk mengakses chatbot ini, sebelumya Ada harus meyimpan terlebih dahulu nomor chatbot Mafindo di nomor +6285921600500 (https://wa.me/6285921600500?text=halo). Kemudian, buka chatroom nomor tersebut. Setelah terhubug ketik kata sapaan seperti "hai" atau "halo".


Kedua : Chatbot anti hoax dari MAFINDO akan mengirim pesan dengan beberapa opsi, Silahkan ketik :

1. Periksa Hoax 🔎 

2. Cek Fakta terbaru ✅ 

3. Tips & trik untuk melawan hoax 💪 

4. Tentang kami ℹ️ 

5. Privasi 👁️ 


Silakan ketik keyword yang ingin dicari, atau forward kesini teks yang ingin diperiksa. Maka ChatBot akan tampilkan 5 temuan dengan akurasi tertinggi dari database hoax.


💡 Contoh: jika ada posting yang menuduh seseorang sebagai antek PKI, silakan forward posting tersebut kesini. Atau ketik “pki”. Maka ChatBot akan langsung periksa di database Mafindo dan memberitahu Anda.


Pemeriksaan fakta akan didasarkan pada database Mafindo yang disebut memiliki lebih dari 6.000 artikel saat ini. Mafindo juga berkolaborasi dengan cekfakta.com yang bekerja sama dengan 24 media online untuk melakukan pemeriksaan fakta. Chatbot ini sebenarnya sudah pernah dirilis beberapa waktu lalu. Namun untuk yang versi ini lebih canggih.


Ketik 0 untuk kembali ke menu utama ↩


Bagaimana, minat? silahkan dicoba.

Click to comment