-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

PTK baru yang ditarik ke Dapodik localhost dari laman verval PTK (tambah PTK baru) sudah pasti akan terjadi invalid data terutama pada data rinci GTK sehingga ketika melakukan sinkronisasi maka tidak bisa dilakukan.

Solusi Masalah PTK Baru dan SP.Datadik

Demikian juga ketika akan melakukan pengubahan data GTK pun tidak bisa dilakukan karena harus masuk dengan menggunakan akun role GTK bersangkutan. Meskipun Anda masuk dengan menggunakan menu tukar pengguna pada dapodik sekolah juga tidak akan bisa karena username belum dibuatkan.


Masalah ini juga akan terkait dengan login manajemen PTK (https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id) jelas PTK tidak bisa login karena belim mempunyai username.


Jadi, bagaimana perlakuan yang harus dikerjakan setelah Anda melakukan sinkronisasi untuk menarik data PTK baru dari laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/tambahptk agar tidak terjadi masalah.


Perhatikan langkah- langkah berikut:

Pertama : Untuk menarik PTK baru yang sudah di approval ole dinas lakukan sinkronisasi Dapodik, Jika PTK sudah masuk ke dapodik localhost lakukan validasi terlebih dahulu, lihat dimana letak invalid datanya.


Kedua : Silahkan login ke laman manajemen sekolah (https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/) lihat di menu PTK pastikan bahwa PTK tersebut belum aktif. Selanjutnya pada menu "akun" buatkan akun dengan "tambah akun" Pilih jenis PTK, untuk username dan pasword gunakan email yang baru (jika Anda menggunakan email yang sdah dipakai maka akan muncul peringatan bahwa email sudah terdaftar). Hal ini kita lakukan agar PTK bisa login ke akun manajemen PTK.


Ketiga : Setelah dibuatkan username dan pasword, silahkan login ke manajemen PTK (ptk.datadik.kemdikbud.go.id) dengan email baru tersebut (bukan email yang lama). Jangan lakukan perubahan apapun yang terpenting Anda sudah bisa login.


Keempat : Login ke Aplikasi Dapodik lakukan tarik data. Pastikan ada perubahan data yang masuk. Setelah itu lakukan refresh (Anda sudah bisa login ke akun dapodik GTK) kemudian login ke akun GTK dengan menggunakan menu tukar pengguna. Lakukan perbaikan data GTK yang terindikasi invalid. Lengkapi data terutama (data kompetensi keahlian, riwayat karir guru, riwayat pendidikan formal). Save dan kembali ke akun operator.


Kelima : Lakukan validasi jika masih terjadi warning abaikan dulu, setelah itu lakukan sinkronisasi dengan akun kepala (biar cepat gunakan tukar pengguna).


Keenam : Login ke akun manajemen PTK dengan email baru. Hal ini kita akan melakukan verifikasi akun PTK. Pilih menu "Biodata", klik menu "Akun". Perhatikan bahwa username yang tercatat adalah email yang lama (terdaftar pertama). Klik tombol "Verifikasi" (jangan merubah email yang aktif biarkan email yang pertama). Tekan lanjut, tunggu kode verifikasi terkirim di email yang lama.


Tunggu paling tidak 5 menit pengiriman kode verifikasi. Jangan lakukan perubahan apapun sebelum kode sukses terkirim. Masukkan kode verifikasi dan simpan.


Jika terjadi masalah dengan peringatan gunakan verifikasi yang pertama maka masalahnya karena Anda mengganti email verifikasi solusinya keluar dari akun clear cached kemudian lakukan pada poin Keenam. Jika masih belum bisa biarkan beberapa saat, lakukan sinkronisasi dapodik dan ulang pada poin Keenam.


Ketujuh : Lakukan sinkronisasi, hal ini untuk menarik data akun yang sudah diverifikasi ke aplikasi Dapodik. Untuk memastikan lihat pada perubahan data sinkronnya. Lihat pada meu GTK maka akun GTK bersangkutan sudah terverifikasi.


Untuk login GTK ke aplikasi Dapodik dengan menggunakan role pengguna GTK maka yang dipakai adalah email yang lama karena akun yang terverifikasi menggunakan email yang lama sedangkan untuk passwordnya menggunakan password email yang baru.

Selamat mencoba. jika masih ada masalah silahkan komentar.

Click to comment