-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Dapodik 2021 Cleansing Akun PTK! Ada 5 Kategori
author photo
By On
Aplikasi Dapodik (Dapodikdasmen) versi 2021 akan melakukan penataan akun dan peran (role) pengguna terutama pada akun PTK.  Ada 5 kategori yang akan terkena imbas cleansing data tersebut yaitu PTK yang mempunyai akun ganda, akun ptk dengan email ganda, email bodong (invalid), akun PTK tanpa pengguna, PTK terhapus.
Dapodik 2021 Cleansing Akun PTK! Ada 5 Kategori
Yang menjadi latar belakang penataan akun ini adalah untuk penertiban akun guru yang disinyalir atau terdetekasi ganda, invalid email, email duplikasi, akun tanpa role. Lebih lanjut dikatakan bahwa Dapodik versi baru 2021 akan memberikan akses login penngguna untuk guru, jika hal ini tidak ditertibkan maka guru tidak bisa melakukan set datanya.

Guru (PTK) diberikan akses login untuk melakukan set datanya sendiri karena guru yang bersangkutan lebih mengetahui datanya. Jika guru mampu melakukan seting data sejak awal dengan benar maka  harapannya tidak diketemukan data yang invalid dikemudian hari.

Penting untuk difahami bahwa penertiban akun dapodik ini akan membawa imbas secara langsung kepada akun PTK yakni dengan penonaktifan akun. Jadi sudah dapat dipastikan bahwa nanti yang terkena imbas cleasing ini adalah PTK yang mempunyai email ganda, invalid email (email bodong), multi peran, pengguna tanpa role.

Langkah pertama yang melakukan oleh Tim Dapodik dalam penataan akun dan peran adalah dengan melakukan verifikasi email. Karena Dapodik versi 2021 memberikan akses role pada PTK maka email yang valid dan masih aktif sangat dibutuhkan.

Pada tampilan dapodik yang baru guru ketika melakukan login akan terblok sementara untuk melakukan verifikasi email. Jika email yang digunakan invalid dan tidak aktif maka guru tidak akan bisa login karena akunnya belum terverifikasi.

Jika masih diberikan waktu untuk sinkronisasi maka segeralah lakukan perbaikan data terutama pada data alamat surel (email). Jika masih menggunakan email yang tidak aktif atau salah segera ganti dan perbarui dengan email yang aktif.

Berikut video Penataan akun dan peran pada aplikasi dapodik versi 2021
Semoga bermanfaat.

12 komentar

avatar

Bagaimana cara mengatasi akun ganda?

avatar

Akun ganda apabila sudah terverifikasi maka tidak bisa dihapus salah satunya..
Maka anda hanya bisa lakukan update pasword yg sama pada kedua akun di sp.datadik

Setelah itu masuk ke ptk.datadik pilih satu akun dan usahakan jangan gonta ganti

Akun yg terverifikasi akan muncul nama sekolah

avatar

Gmn memperivikasi akun ptt rangkp mnjdi OPS?

avatar

izin bertanya min..bagaimana cara mengatasi akun yg sudah terverifikasi namun lupa kata sandinya..?

avatar

Resetnya melalui OPS jika tidak bisa maka melalui OP Dinas.

avatar

Mohon Petunjuk. Ada PTK (yayasan) sdh terhapus dari Dapodik karena sdh diNonaktfkan dan tidak Verifikasi Akun per 31 Okt 2020. Pada saat ditambahkan, terkonfirmasi No NIK sdh terdata. Bagaimana solusi dan ke mana saya harus berurusan? K

avatar

Mestinya ptk tdk perlu dihapus cukup dinonaktifkan saja.

Yg bisa melihat tekam jejaknya adalah admin dinas, silahkan kordinasikan

avatar

bagaimana jika PTK mengajar di dua sekolah ?? tetapi yang diverifikasi akunnya adalah di sekolah yang bukan sekolah induknya ?? sehingga di sekolah induknya akun PTK tersebut hilang dari daftar akun.

avatar

Di daftarkan lagi di induk melalui manajenen sp. Dengan cara tambah akun ptk baru

avatar

Bagaimana Mengaktifkan kembali Akun GTK Yang terkena Cleansing.sedangkan didata dapodik hilang semua.apakah harus daftar dari awal lagi/pengajuan baru lagi
?

avatar

Buat akun baru di sp datadik. Kemudian tarik data melalui dapodik.

Jika masih terkendala silahkan hubungi OP Dinas

Click to comment
A- Kinerja A-GLD A-Gtk Adminisrasi Guru Akhlak Tasawuf AKM akreditasi Akreditasi Perpustakaan AKSI Puspendik ANBK anti virus aplikasi Aqidah Akhlak arkas asuransi Bahasa Arab Bank BDR beasiswa Bidikmisi big book BIOUN Bisnis BK blog BOS BPOPP bse BSM BSU buku buku guru pai Convert Suara ke Text CPNS crochet DAK Dapodik dapodik paud Dapodikdasmen DHGTK Disabilitas Domnis Pesantren Ramadhan Dukcapil DUPAK e-learning E-Maarif E-Monev E-Rapor E-sarpras E-SKP EDS EHB-BKS Emis Emis PAI Emis Pendis Emis SDM eRapor FAQ Dapodik 2019.c FIKSI Fiqih G Suite for Education Geisa Google form Google Form Quiz gtk Hardiknas IHT ijazah Infaq info info gtk inpassing inpassing kemenag Insenntif Guru ISMA Jabfung Kemdikbud jual beli Kalender Pendidikan Kelas Maya Kelulusan Kemdikbud Kemenag Kepala Sekolah KI/KD KIP-Kuliah Kisi-kisi Kompetensi Guru 2045 kopsi kredit KSN KTSP Kurikulum LDBI LTMPT makalah Materi PAI media pembelajaran Microsift Word Microsoft Word Modul Guru Modul TIK GPO motivasi MPLS MS Word mudlarabah qiradl musaqah Mutasi Muzara'ah dan Mukhabarah nilai online NISN NPSN NPWP nrg NUKS NUPTK PAIS Pajak PAK Panduan PAS PDSS PDUN Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual pendidikan Pendis PerMenDikBud PerPus Peserta Didik PIP PJB PMP PNS PPDB PPG PPG Daljab PPPK ppt Pramuka Profil Guru 2045 PTK qurdis Rapor Dapodik raport riba RKAS RPL RPP SBMPTN sehat Sekolah Penggerak sertifikasi Shadaqah SHUN Siaga Siaga Pendis Sim PKB Simpak Simpatika Simulasi SIPLah SKI SKTP Smadav SNMPTN SNPTN Soal Online Span ptkin Survei lingkungan belajar tamsil Tekno tips tpp Tutorial UAMNUBK UASBN UBKD UN UNBK UNP USBN USP UTBK Verval PD Verval ponsel Verval PTK Verval SP Verval TIK VHD Whistleblower zakat