Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Sering terjadi ditengah perjalanan ketika data siswa sudah ditetapkan menjadi DNS/DNT (Daftar Nominasi Tetap) Ujian Nasional di laman BIOUN ternyata terdapat siswa yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan sehingga data yang tadinya sudah fix ditetapkan terdapat perubahan karena berkurangnya jumlah siswa.
Cara Mengajukan Reupload File .DZ di BIOUN 2020
Mau tidak mau operator pendataan harus menata ulang perubahan data tersebut. Meskipun kita sudah melakukan perubahan perbaikan data siswa pada aplikasi Dapodik yang sudah tersinkronisasi ke laman PDUN namun untuk memperbarui data di bioun tidak bisa dilakukan karena harus upload file .dz dari PDUN sedankan menu ulpload file .dz nya sudah dikunci.

Penguncian Biodata ujian nasional yang di upload dilaman bioun.kemdikbud.go.id tersebut karena data sudah ditetapkan menjadi data permanen atau DNT sehingga untuk melakukan perubahan terhadap data siswa yang salah tidak bisa dilakukan karena sudah terkunci.

Sementara perubahan masih bisa dilakukan hanya pada mata pelajaran ujian, Sedangkan untuk melakukan upload ulang file .dz harus melakukan pembukaan akses ke Dinas propinsi atau HD UNBK cabang Dinas Kab/Kota masing-masing.

Berikut langkah yang harus Anda lakukan jika terjadi masalah tersebut:
  1. Ajukan permohonan upload ulang file .dz  Peserta UNBK Tahun Pelajaran 2019/2020 ke Dinas Pendidikan Provinsi atau HD UNBK cabang Dinas Kab/Kota masing-masing.
  2. Lampirkan surat permohonan dan surat pernyataan wali siswa. Silahkan download format suratnya disini.
Setelah disetujui maka menu akses file .dz akan dibuka hanya untuk sekolah bersangkutan, kemudian silahkan upload ulang file .dz dari PDUN untuk meperbarui data siswa. Selanjutnya Anda juga harus masuk ke aplikasi UNBK untuk melakukan sinkronisasi biodata siswa yang diambil dari bioun.

Silahkan baca juga Mengatasi Problem Solving Data Calon Peserta UN di Manajemen PDUN.

Prosedur permohonan upload ulang file .dz  Peserta UNBK 2020 dilaman BIOUN bisa saja berbeda sesuai dengan kebijakan Dinas Propinsi atau Cabang Dinas Kab/Kota masing-masing.

Click to comment