-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Untuk menambahkan data siswa di Aplikasi ISMA bisa dilakukan dengan 2 cara. Yang pertama Anda bisa melakukan dengan cara manual yakni dengan mengimputkan data siswa satu persatu. Cara yang kedua bisa dilakukan dengan kolektif data yakni menggunakan fasilitas menu import data siswa.

Cara tambah data siswa yang pertama yakni menggunakan manual kurang efektif karena akan memakan waktu yang lama, terlebih jika siswa yang dientrikan sangat banyak. Pilihannya menggunakan fasilitas menu import data siswa lebih cepat dan efektif. Namun kendalanya jika data tidak sesuai format maka gagal untuk di unggah.

Untuk melakukan unggah data siswa secara kolektif silahkan Download file excelnya di menu import data siswa, kemudian isi data Siswa sesuai format import_siswa.xlsx. Kesalahan yang umum dan sering terjadi adalah memasukkan kode wilayah Kab/Kota yang langsung diisikan nama kabuapten dan atau kota secara langsung sedangkan sistemnya meminta kode interger.
Mengatasi Gagal Import Data Siswa di Aplikasi ISMA

Cara mengatasi gagal import data siswa di Aplikasi ISMA sim.ppsma.jatim

1. Pastikan format import_siswa.xlsx tidak ada tambahan seperti format import_siswa.xlsx (1)
2. Pastikan kode wilayah Kab/Kota disikan angka Contoh kode wilayah Kab Lamongan 3524
3. KODE JENIS KELAMIN ; Wanita (0) Pria (1)
4. KODE LULUS ; Belum Lulus (0) Sudah Lulus (1)

Setelah berhasil melakukan unggah data siswa pastikan bahwa jumlah data siswa sudah sesuai tidak ada yang kurang. Jika ada siswa yang hilang silahkan lihat Cara Mengatasi Data Siswa Hilang di Aplikasi ISMA sim.ppsma.jatim. Di artikel tersebut sudah dijelaskan penyebab hilangnya data siswa setelah melakukan uploud data.

Sebenarnya aplikasi ISMA ini masih banyak kekurangannya atau masih belum fix misalnya di Manajemen Kelas ketika membuat kelas, aplikasi belum bisa menyimpan datanya. Contoh lain penempatan siswa pada rombel yang belum bisa dilakukan update rombel karena data kelas/rombel tidak ditemukan.

Oleh karena itu, agar aplikasi ISMA bisa dioptimalkan sekolah dengan baik maka harus dilakukan update data aplikasi setiap periode oleh Dinas setempat. Hal ini juga sejalan jika Aplikasi ISMA juga dipakai sebagai pangkalan data oleh Dinas sehingga data bisa termutakhirkan setiap periode.

Click to comment