Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Mengatasi Data Siswa Hilang di Aplikasi ISMA sim.ppsma.jatim
Melengkapi data siswa maupun data guru pada aplikasi ISMA sim.ppsma.jatim bisa dilakukan dengan dua cara yakni menambah secara manual pada form isian dan bisa dilakukan melalui via import file excel. Untuk mepercepat pengisian data tersebut sebaiknya gunakan fitur via import file excel. Lihat disini panduan aplikasi ISMA secara komplit.

Setelah Anda melakukan unggah data siswa namun Anda mendapati bahwa jumlah siswa yang Anda unggah tersebut ternyata tidak sama dengan data siswa yang ada pada format import file excel atau hilang dari sekian jumlah siswa yang semestinya, tentu hal ini akan membuat bingung Anda.

Karena Anda merasa bahwa jumlah data siswa sudah benar tetapi pada dasbor detail sekolah kurang dari jumlah data siswa yang terdaftar. Lantas apa yang menyababkan masalah ini bisa terjadi?

Masalah jumlah siswa yang terdaftar hilang atau berkurang tidak disebabkan karena aplikasi ISMA ini basih bersifat trial error. Tetapi aplikasi ISMA (Integrated System Management SMA) ini menerapkan kode unik yang dipakai untuk validasi data (baik data guru maupun siswa) tidak memakai kode NISN maupun NUPTK tetapi kode NIK yang dipakai acuan untuk validasi data tersebut. Baca Kemdikbud tidak memakai NISN untuk PPDB tetapi menggunakan NIK.

Pada Aplikasi ISMA sim.ppsma.jatim jika terjadi kesamaan pada kode NIK maka hanya salah satu siswa yang bisa masuk terdaftar, begitu juga berlaku untuk guru. Meskipun Anda mencoba untuk menambahkan data siswa secara manual pada form isian hal itu tidak akan berhasil karena kode NIK sudah terdaftar.

Untuk mengatsi masalah tersebut maka Anda harus mengganti kode NIK siswa tersebut kemudian lakukan unggah data ualng.

Masalahnya jika data siswa sangat banyak maka akan menyulitkan untuk mencari kode NIK yang terdeteksi ganda karena harus mencari satu persatu. Untuk mepercepat menemukan data ganda pada format excel, langkah berikut bisa Anda coba dengan salah satu fitur excel yang dapat digunakan untuk menemukan data ganda di excel atau data yang sama, yakni data yang memiliki duplikat adalah fitur Conditional Formatting.

  1. Blok pada kolom rentang data yang kita ingin cari data duplikatnya
  2. Pilih menu : Home ⇒ Conditional Formatting ⇒ Highlights Cells Rules ⇒ Duplicates Values
  3. Dari Option Box yang muncul tentukan format sel yang dikehendaki : Format cells contain: Duplicate values pilih with Light Red Fill
  4. Tekan OK
Maka hasilnya semua data yang terdeteksi ganda akan berwarnah merah.

Jika Anda memiliki masalah pada data siswa hilang di Aplikasi ISMA sim.ppsma.jatim maka artikel diatas semoga menjadi solusi yang tepat.

Click to comment