Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Rilis Patch pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b untuk pemutakhiran data semester genap tahun ajaran 2019/2020. Anda bisa melihat perubahan pembaruan dan prosedur instalasinya langsung melalui laman https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
Dapodik Versi 2020.b
Namun yang perlu diperhatikan adalah sebelum dan sesudah melakukan install atau update patch aplikasi Dapodik tersebut. Biasanya hal sepele ini sering terlupakan. Sebelum melakukan upadate atau install ke versi Versi 2020.b sebaiknya lakukan sinkronisasi terlebih dulu.

Sinkronisasi dilakukan untuk menjaga data dari beberapa perubahan yang pernah dilakukan sebelumnya agar tidak hilang setelah melakukan update atau install ke versi baru. Sinkronisasi ini terutama diwajibkan bagi sekolah yang melakukan instalasi ulang atau install baru.

Selanjutnya, setelah melakukan install atau upadate patch Dapodik Versi 2020.b dan sebelum menvalidasi Anda harus mengisi data periodik semester genap untuk keseluruan data dari data sekolah, sarpras, guru, tendik, pesrta didik, rombel, erta jadwal pembelajaran.

Agar lebih cepat dan tidak membuat tabel data baru Anda bisa menggunakan menu aksi untuk melanjutkan semester. Menu aksi digunakan untuk menyalin data periodik semester sebelumnya.

Hanya sebagai alternatif, Anda bisa mengginakan Tool Dapodik  seperti aplikasi Erapor2Dapodik dan aplikasi FwdDapodik. Aplikasi e-Rapor2Dapodik 2020 untuk memudahkan Anda dalam mengirim nilai e-Rapor ke Dapodik secara lebih simpel dan cepat karena di semester genap ini Anda juga harus mengentri data nilai rapor dan US/USBN. Namun aplikasi ini bisa digunakan hanya bagi sekolah yang sudah menggunakan aplikasi e-Rapor SD, SMP, SMA dan SMK.

Bagi sekolah yang belum menggunakan aplikasi e-Rapor untuk mengirim nilai rapor dan US/USBN (meskipun belum wajib) dengan cepat bisa menggunakan Aplikasi Nilai Dapodik 2020.

Sementara aplikasi FwdDapodik 2020 bisa digunakan untuk input data pembelajaran dan jadwal yang belum ada menu aksi lanjutan semesternya. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini cukup satu kali klik maka semua proses lanjutkan data semester akan terisi secara otomatis dalam hitungan detik.

Nah, agar lebih cepat dalam proses lanjutan periodik semester silahkan pakai Aplikasi FwdDapodik 2020. Beres!!

3 komentar

Click to comment