-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Linieritas PAI 127 & Beban Kerja Guru Sesuai KMA 890 Tahun 2019
author photo
By On
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) meskipun naungannya adalah Kemdikbud namun untuk pemenuhan sertfikasi alurya mengikuti Kemenag sehingga yang dipakai sebagai pedoman adalah Keputusan Menteri Agama.
Linieritas PAI 127 & Beban Kerja Guru Sesuai KMA 890 Tahun 2019
Bagi Bapak/Ibu guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak perlu risau karena kekurangan JJM sebab unntuk memenuhi 24 jam piliihannya masih banyak, Anda bisa mengacu pada Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 890 Tahun 2019 tentang pedoman pemenuhan beban kerja guru madrasah yang bersertifikat pendidik.

Misalnya jika sekolah Bapak/Ibu guru hanya memiliki 6 rombel maka perhitungan jumlah jam mengajarnya untuk mapel PAI adalah 3 x 6 = 18 jam maka untuk memenuhi 24 jam Anda bisa menggunakan linieritas kesesuaian mata pelajaran di madrasah yang diampu dengan sertifikat pendidik.

Untuk linieritas bidang studi sertifikasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kode 030, 067, 127, 300, 960 mapel yang sesuai adalah Pendidikan Agama Islam, Al-Qur'an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Anda bisa menggunakan mapel mulok (Al-Qur'an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam) sebagai tambahan jam yang masing-masing dihitung 2 JMP. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan jam tugas tambahan.

Memang, beban kerja guru secara eksplisit sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentan perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru, namun masih dibutuhkan penjelasan secara rinci perhitungannya. Oleh karena itu, KMA 890 tahun 2019 mengatur penetapan beban kerja guru dan tugas tambahan sebagai optimalisasi tugas guru.

Tugas tambahan guru sebagai wakil kepala adalah 12 jam tatap muka perminggu atau membimbing 3 rombel dengan ketentuan :
1 - 3 rombel sebanyak 1 orang wakil kepala;
4 - 6 rombel sebanyak 2 orang wakil kepala;
7 - 9 rombel sebanyak 3 orang wakil kepala;
⪄ 10 rombel sebanyak 4 orang wakil kepala;

Selain tugas tambahan wakil kepala, Anda juga bisa memanfaatkan tugas tambahan kepal sub bagian (Kepala Perpus, Kepala Lab, dll), atau tugas tambahan guru yang lain misalnya sebagai wali kelas, guru piket dan yang lainnya bisa dikumulatifkan dengan paling banyak 6 jam tatap muka perminggu untuk guru mapel dengan catatan wajib memenuhi pelaksanaan pembelajaran tatap muka paling sedikit 18 jam perminggu.

Unduh KMA 890 Tahun 2019

17 komentar

avatar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Saya slh satu peserta CPNS 2019 yg kemarin mengikuti SKB Formasi GURU AGAMA ISLAM SD, yang ingin saya tanyakan, apakah serdik PAI(AKIDAH AKHLAK) dg kode mapel 235 linier dg jabatan yg saya lamar tersebut?
Mohon penjelasannya.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

avatar

Tidak berhubungan antara serti dan cpns. Yg penting S1 PAI/PA

avatar

Maksud saya, serdik saya itu linier tidak dg formasi yg saya lamar tersebut?
Saya S1 PAI serdik saya akidah akhlak melalui PPG DALJAB 2018 KEMENAG.

avatar

Trimakasih atas jawabannya.

avatar

Pertnyaan yang sama juga pak mohon dijawab.saya serdik fikih ngajar pai di smp bisa linier atau tidak ya?

avatar

Ijin tanya pak,,, apakah Guru PAI SD bisa mutasi ke SMP???? Dan Sertifikasinya linniear?????
Mohon petunjuk...

avatar

prosedur ini hanyalah untuk kepentingan tunjangan profesi, tidak berhubungan dengan administrasi lainnya pada bagian kepegawaian di kabupaten/kota dan sekolah asal maupun tujuan pada jenjang dikdas. Untuk administrasi lainnya harus mengikuti prosedur standar yang berlaku.

Pastikan SK Mutasi dari bagian kepegawaian sudah ditangan
Bawa SK Mutasi tersebut pengelola tunjangan profesi dikabupaten asal untuk dimutasikan juga datanya di sistem tunjangan profesi.
Serahkan foto Copy SK Mutasi kepengelola tunjangan profesi
Laporkan pula SK Mutasinya ke kepala sekolah asal dan operator sekolah di sekolah asal agar menonaktifkan datanya diaplikasi dapodik
Setelah semua urusan disekolah asal selesai, laporkan SK mutasi tersebut ke kepala sekolah baru dan operator sekolah baru agar datanya bisa dimasukan dalam aplikasi dapodik.
Bawa Foto copy SK Mutasi dan berkas lainnya yg berkenaan dengan administrasi mutasi ke pengelola tunjangan profesi dikabupaten baru untuk memastikan bahwa mutasinya sudah disistem tunjangan profesi sudah dilakukan dikabupaten asal. Jika ternyata datanya belum dimutasikan dari tempat asal maka hubungi pengelola tunjangan dikabupaten/kota asal untuk mengusulkan mutasi ke kabupaten/kota yang baru.
Pastikan bahwa data anda sudah terdaftar disekolah baru pada lembar info guru selambat-lambatnya satu bulan setelah SK Mutasi diterima.

avatar

Assalamu'alaikum,,,ijin bertanya,,,sy serdik qur'an hadist dengan kode 360 dalam jabatan PLPG thn 2015,,,yg sy tanyakan serdik sy qurdist linier g dengan mapel PAI d sd,,,krna sy skrng ikut tes p3k thn 2021 apakah masuk mendapat afirmasi langsung lolos 100% d kompetensi teknis,,,? Mohon jawaban nya,,,

avatar

Untuk linieritas serdik dg pppk kurang tahu. Jika anda sdh bisa cetak kartu peserta, ikuti saja prosesnya semoga anda mendapat afirmasi dan lulus.

avatar

Pak saya juga punya serdik PAI (Fikih) apakah linier dengan Serdik PAI atau guru PAI SD, saya ikut PPPK Pak...apakah dapat afirmasi 100%..??

avatar

Afirmasi hanya 15 % https://www.ibadjournals.com/2021/09/15-bonus-afirmasi-seleksi-guru-asn-pppk.html

avatar

Kan kalau yg punya serdik linier dapat afirmasi 100% pak

avatar

Pertanyaan saya di atas apakah linier serdik Fikih dengan guru PAI di SD pak...?

avatar

Fiqih 068, 069, 129, 133, 237, 271, 713
1. Fiqih,
2. Aqidah Akhlak,
3. Alquran Hadist,
4. Sejarah Kebudayaan Islam,
5. Fiqih-Ushul Fiqih,
6. Qawaid-Fiqhiyah,
7. Tarikh-Tasyri

tidak

avatar

Izin bertanya....
Saya sertifikasi Al Quran hadits di Mts dan alhamdulillaah saya lulus di diknas sbg guru pppk, apakah serdik saya bisa terpakai di diknas

Click to comment