-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) meskipun naungannya adalah Kemdikbud namun untuk pemenuhan sertfikasi alurya mengikuti Kemenag sehingga yang dipakai sebagai pedoman adalah Keputusan Menteri Agama.
Linieritas PAI 127 & Beban Kerja Guru Sesuai KMA 890 Tahun 2019
Bagi Bapak/Ibu guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak perlu risau karena kekurangan JJM sebab unntuk memenuhi 24 jam piliihannya masih banyak, Anda bisa mengacu pada Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 890 Tahun 2019 tentang pedoman pemenuhan beban kerja guru madrasah yang bersertifikat pendidik.

Misalnya jika sekolah Bapak/Ibu guru hanya memiliki 6 rombel maka perhitungan jumlah jam mengajarnya untuk mapel PAI adalah 3 x 6 = 18 jam maka untuk memenuhi 24 jam Anda bisa menggunakan linieritas kesesuaian mata pelajaran di madrasah yang diampu dengan sertifikat pendidik.

Untuk linieritas bidang studi sertifikasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kode 030, 067, 127, 300, 960 mapel yang sesuai adalah Pendidikan Agama Islam, Al-Qur'an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Anda bisa menggunakan mapel mulok (Al-Qur'an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam) sebagai tambahan jam yang masing-masing dihitung 2 JMP. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan jam tugas tambahan.

Memang, beban kerja guru secara eksplisit sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentan perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru, namun masih dibutuhkan penjelasan secara rinci perhitungannya. Oleh karena itu, KMA 890 tahun 2019 mengatur penetapan beban kerja guru dan tugas tambahan sebagai optimalisasi tugas guru.

Tugas tambahan guru sebagai wakil kepala adalah 12 jam tatap muka perminggu atau membimbing 3 rombel dengan ketentuan :
1 - 3 rombel sebanyak 1 orang wakil kepala;
4 - 6 rombel sebanyak 2 orang wakil kepala;
7 - 9 rombel sebanyak 3 orang wakil kepala;
⪄ 10 rombel sebanyak 4 orang wakil kepala;

Selain tugas tambahan wakil kepala, Anda juga bisa memanfaatkan tugas tambahan kepal sub bagian (Kepala Perpus, Kepala Lab, dll), atau tugas tambahan guru yang lain misalnya sebagai wali kelas, guru piket dan yang lainnya bisa dikumulatifkan dengan paling banyak 6 jam tatap muka perminggu untuk guru mapel dengan catatan wajib memenuhi pelaksanaan pembelajaran tatap muka paling sedikit 18 jam perminggu.

Unduh KMA 890 Tahun 2019

5 komentar

avatar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Saya slh satu peserta CPNS 2019 yg kemarin mengikuti SKB Formasi GURU AGAMA ISLAM SD, yang ingin saya tanyakan, apakah serdik PAI(AKIDAH AKHLAK) dg kode mapel 235 linier dg jabatan yg saya lamar tersebut?
Mohon penjelasannya.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

avatar

Tidak berhubungan antara serti dan cpns. Yg penting S1 PAI/PA

avatar

Maksud saya, serdik saya itu linier tidak dg formasi yg saya lamar tersebut?
Saya S1 PAI serdik saya akidah akhlak melalui PPG DALJAB 2018 KEMENAG.

avatar

Trimakasih atas jawabannya.

Click to comment