Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Semua data guru PAI selain masuk pada aplikasi Dapodik juga harus masuk pada data base Emis PAI sekolah. Data pangkalan Emis PAI digunakan sebagai acuan perhitungan kebutuhan guru PAI dan menjadi pendukung ketepatan dalam penentuan berbagai kebijakan, dan dengan data yang optimal diharapkan bisa lebih efektif dan efisien dalam persepsi rasionalisasi anggaran.
Update Emis PAI Data Sekolah 2019/2020
Untuk melakukan update data guru PAI secara keseluruhan di aplikasi Emis PAI melalui akun sekolah langkahnya sebagai berikut: 
  1. Silahkan akses laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pai/
  2. Pilih log in dengan akun sekolah
  3. Masukkan username dan password dengan menggunakan NPSN
  4. Lakukan pengamanan dengan mengubah password
Setelah berhasil login langkah selanjutnya adalah melengkapi data-data sekolah seperti; Profil sekolah, Guru PAI, Siswa, Sarana Ibadah, Sarpras, Kegiatan keagamaan.

Melengkapi data profil sekolah
Update data profil sekolah meliputi NPSN, tipe sekolah, status sekolah sampai dengan NPWP sekolah, data lokasi sekolah dan data kepala sekolah dengan benar.

Melengkapi data guru PAI
Buka menu guru PAI, pilih semester berjalan, isikan data guru PAI PNS dan Non PNS silahkan klik langsung pada data yang menunjukkan angka nol, lalu simpan.

Melengkapi data siswa
Buka menu siswa, silahkan pilih semester berjalan, isi jumlah siswa laki-laki dan perempuan perkelas, isi jumlah rombel untuk seluruh siswa, isi jumlah siswa laki-laki dan perempuan perkelas, isi jumlah rombel untuk siswa islam, kemudian simpan.

Melengkapi data sarana ibadah
Silahkan isi fasilitas sarana ibadah yang dimiliki, data kepemilikan, luas lahan, serta status keadaan.

Melengkapi data sarpras
Menu sarpras berisikan data sarana yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan seperti; Al Qur'an, Sarung, Mukena, Sajadah, Miniatur Ka'bah, Kain Ihrom, Alat Peraga Bersuci, Alat Peraga Sholat, Alat Peraga Rawat Jenazah, LCD Proyektor, Buku Keagamaan Islam, Software Pembelajaran PAI, Jam Dinding Penunjuk Waktu Sholat, Lemari/Rak Penyimpan Alat Peraga, Tempat Wudhu Pria, Tempat Wudhu Wanita.

Melengkapi data Kegiatan Keagamaan
Menu ini berisi data jenis kegiatan rutinitas / ektrakurikuler keagamaan; Pesanten Kilat, Sholat berjamaah, Tadarus Al Qur'an, Sholat Dhuha, Baca Tulis Al Qur'an (BTQ), Sholat Malam (Qiyamul Lail), Sholat Tarawih Berjamaah, Latihan Dakwah, Kajian Kitab (Qur'an/Hadits), Marawis/Nasyid. Silahkan isi dengan jumlah peserta dan prestasi yang pernah diraih.

Untuk update data guru PAI secara personal lihat di EMIS PAI : Cara Update Data Guru/Pengawas PAI di Emis PendisEmis PAI

Click to comment