-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Ajukan Dispensasi TPG S40a/S40b Simpatika 2019/2020
author photo
By On
Sedikit meluangkan waktu untuk membahas "Dispensasi TPG". Ajuan dispensasi TPG ini hanya berlaku di Madrasah dibawah naungan Kemenag dengan sistem pendataan aplikasi Simpatika. Sedangkan untuk sekolah di naungan Kemdikbud dispensasi TPG hanya berlaku bagi Guru PAI dengan sistem pendataan aplikasi Siaga Pendis. Karena datanya masih berinang pada aplikasi Simpatika Kemenag.
Cara Ajukan Dispensasi TPG S40a/S40b Simpatika 2019/2020
Jadi untuk guru yang pendataannya melalui aplikasi Dapodik tidak usah iri 😁😁 karena tidak ada dispensasi apapun untuk memenuhi pencairan TPG. Jika data Info GTK tidak valid maka jangan berharap mendapat tunjangan sertifikasi.

Karena masih ada beberapa guru yang kurang faham dengan prosedur dan cara melakukan ajuan Dispensasi Kelebihan Rombel / Siswa diaplikasi Simpatika maka pada kesempatan ini akan saya bahas sedikit sesuai dengan pengalaman yang pernah ada.

Biar tidak ngawur memberikan informasi acuannya Surat Edaran Dirjen Pendis tentang dispensasi rasio siswa pada sebuah rombongan belajar yang terdapat pada Juknis TPG dan Revisi Juknis TPG 2019. Anda bisa membacanya lebih lanjut di https://simpatika.kemenag.go.id/

Untuk menjembatani hal tersebut, ajuan dispensasi kelebihan rombel atau siswa atau form S40a dengan menambahkan satu fitur terbaru yang dirilis Simpatika di tahun 2019 ini.

Yang perlu diperhatikan adalah rasio siswa terhadap rombel. Silahkan baca Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 631 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaa Peserta Didik Baru Raudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Selama ini rasio siswa terhadap rombel berlaku bagi kelas yang kurang dari 15 : 1. Sekarang ada perubahan bahwa rasio ini juga berlaku untuk rombel yang melebihi kapasitas rasio. Oleh karena itu, jika sebelumnya hanya dikenal dispensasi kelayakan karena jumlah siswa yang tidak memenuhi rasio guru : siswa yang kurang dari batas minimal 15 siswa/rombel, maka hal ini berlaku juga dispensasi kelayakan karena jumlah siswa atau rombel melebihi batas maksimal.

Jika sekolah/madrasah Anda memiliki siswa dalam rombongan belajar melebihi batas maksimal sesuai ketentuan di atas. Pada saat melakukan ajuan S25a (Keaktifan Kolektif) akan muncul peringatan “Alokasi JTM”“Kelebihan  Alokasi Rombel” dengan tombol pengajuan sispensasi di bawahnya.

Untuk mengajukan dispensasi kelebihan rombel / siswa cukup mudah. Alurnya cetak form S40a ➤ Ajukan ke admin Kab/Kota  ➤ verval ➤ cetak form S40b.

Langkah Sekolah/Madrasah :
  • Login Simpatika dengan akun admin atau kepala
  • Pilih layanan sebagai PTK
  • Klik menu Keaktifan
  • Tepat di atas tombol Ajuan Verval S25a
  • Klik Alokasi JTM
  • Kilik Ajukan Dispensasi
  • Cetak form S40a
Langkah Admin Kemenag Kab/Kota :
  • Login akun Admin Kab/Kota 
  • Satuan Pendidikan
  • Tunjangan Guru
  • Kelola Dispensasi Rombel / Siswa
  • Verval S40a
  • Cetak Form S40b
Sepertinya sangat gampang sekali jika semuanya diusahakan melalui operator Simpatika. Yang penting setiap guru yang bersangkutan berkoordinasi dengan baik kepada operator 👀.

Click to comment