Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Sekedar menjawab keluh kesah sebagian operator mengenai peserta didik baru yang dinputkan secara manual di data Dikdasmen namun belum juga masuk ke aplikasi Dapodik. Kenapa?
Input PD Baru Belum Masuk Dapodik, Kenapa?
Anda juga tahu bahwa siswa baru yang dientrikan secara manual membutuhkan approval admin Dinas. Masalahnya, setalah lewat hari dan juga sudah melakukan sinkronisasi, data siswa tidak kunjung masuk juga. Jadi, apa yang salah?.

Jadi, sebagai gambarannya begini, siswa baru yang sudah masuk ke aplikasi Dapodik berarti siswa tersebut diterima/disetujui oleh admin Dinas. Namun jika siswa baru belum masuk, ada dua kategori, yakni: 1). dipending artinya masih proses approval; 2). ditolak yang artinya siswa tersebut harus di daftarkan ulang.

Dulu saya penah bahas masalah peserta didik baru belum masuk ke Dapodik di artikel ini : Cara Melihat Data Tambah PD Diluar Dapodik Ditolak/Diterima & Cara Mengajukan Registrasi Ulang di Dapodikdasmen. Anda bisa melihatya secara lengkap.

Sebagai tambahan informasi saja, sebenarnya Anda bisa melihat secara langsung dan memastikan bahwa peserta didik tersebut melalui tabel record data PD diluar Dapodik yang ditambahkan di laman data Dikdasmen. Hanya saja tabel tersebut terpotong hanya menampilkan data nama, NIK dan tanggal lahir saja sehingga kita tidak bisa melihat informasi data secara keseluruhan.

Mengenai caranya, hanya melakukan sedikit trik inpeksi laman saja. Untuk lebih detailnya silahkan ikuti tautan diatas. Jadi sudah terjawab masalah Kenapa Input PD Baru Belum Masuk Dapodik?.

Jika ditolak silahkan daftarkan ulang, Jika masih tidak bisa karena masalah NIK sudah dipakai silahkan ganti dengan nomor KK, setelah data masuk di Dapodik, Anda harus melakukan perubahan NIK ke yang aslinya.

Click to comment