Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Peserta didik yang tidak melengkapi data NISN saat entri data Dapodik biasanya yang baling banyak adalah dari data siswa yang ditarik dari luar Dapodik atau sekolah yang bernaung diluar Kemdikbud. Selain itu, operator sekolah juga merasa kesulitan saat mencari referensi NISN karena data NISN juga tidak ditemukan.
Cek Residu Verval PD Untuk Match NISN
Peserta didik yang NISN nya belum dimasukkan tabel fieldnya tidak dikunci, hal ini memudahkan operator untuk memperbarui data tersebut. Namun kendalanya operator tidak memiliki data yang komplit dari peserta didik yang sekolah diluar naungan Kemdikbud. Oleh karena itu validasinya hanya dibuat warning sehingga operator masih bisa melakukan sinkronisasi.

 Hasil sinkronisasi peserta didik, operator bisa melihat validasinya di laman verval PD. Data peserta didik yang tidak dientrikan NISN nya akan masuk pada menu "Belum Memiliki NISN". Persandingan data peserta didik ini sebelumnya kita bisa melihat pada laman http://pd.data.kemdikbud.go.id. Di laman tersebut kita bisa melihat rangkuman informasi peserta didik Dikasmen.

Anda juga bisa melihat secara langsung data residu peserta didik yang belum lengkap data-datanya misalnya PDID, NISN, Nama, T. Lhr, Tgl Lhr, Ibu, JK, NIK data tersebut juga mepengaruhi kevalidan data di verval PD jika terjadi perubahan nama Ibu misalnya.

Anda bisa melihat di menu Residu Data Peserta Didik Dapodik & Dukcapil misalnya kesalahan nama Ibu maka harus melakukan pengajuan perubahan nama sehingga nantinya Integrasi Data Peserta Didik Dapodik & Dukcapil benar-benar sesuai dan valid.

Data peserta didik akan masuk pada laman pd.data.kemdikbud.go.id sebelum akhirnya masuk pada laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Sebelumnya data siswa yang belum diinputkan NISN nya jika pada referensi data NISN ada dan ditemukan serta sesuai, maka secara otomatis akan tertambah ke Dapodik.

Jika data NISN siswa juag ditemukan di referensi data NISN namun terjadi perubahan data maka pada laman verval PD akan masuk ke menu "Residu". Pada menu ini anda bisa melakukan Match NISN siswa.

Saat melakukan Match NISN, Anda harus teliti dan berhati-hati, lakukan dengan benar sesuaikan datanya dalam pencarian sampai akhir. Dalam hal ini jika Anda salah melakukan Match NISN maka nantinya Anda akan melakukan pengajuan perubahan lagi.

Jika dalam pencarian Match NISN tidak ketemu atau data tidak ada yang sesuai maka lakukan "No Match" sehingga peserta didik akan dibuatkan NISN baru. Setelah melakukan Match NISN selanjutnya data peserta didik akan masuk ke menu "Aktif".

Jika pada menu "Belum Memiliki NISN" masih terdapat beberapa data siswa, data tersebut masih proses persandingan data di pd.data.kemdikbud.go.id pada akhirnya prosesnya sama seperti yang saya utarakan diatas.

Selamat bekerja mari lakukan Match NISN dengan benar agar pekerjaan Anda tidak mengulang lagi. Semoga berhasil.

Click to comment