-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
PMP Daring : LPMP telah merilis laman Simulasi Bimbingan Teknis Fasilitator Nasional (Bintek FasNas) Pemetaan Mutu Pendidikan 2019. Tujuannya adalah memberikan wawasan kepada Fasnas perkembangan penyempurnaan instrumen, aplikasi, mekanisme pemetaan mutu pendidikan berkaitan dengan pengolahan data rapor mutu sekolah secara daring. Sumber laman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:8882/portal/
PMP Dikdasmen Daring 2019/2020 Simulasi BimTek FasNas
Pengolahan data mutu sekolah tahun 2019 terjadi perbedaan mekanisme aplikasi dan aliran data. Selain itu instrumen kuesioner PMP 2019 berbeda dengan PMP 2018. Kuesioner PMP 2019 dibuat lebih mudah dan ringkas. Pengolahan data rapor mutu sekolah akan menggunakan aplikasi PMP secara online atau daring (dalam jaringan) akan diberlakukan setelah dapodik versi 2020 resmi dirilis. Kendati demikian aplikasi PMP 2018 secara offline masih tetap digunakan, hal ini mempertimbangkan konektifitas pada jaringan internet yang ada.

Tahapan Pengisian PMP Dikdasmen Daring 2019/2020


  1. Kepala Sekolah, Guru, Siswa, dan Komite sekolah mengisi instrumen PMP, setelah seluruh nya lengkap maka akan dihasilkan rapor mutu.
  2. Berdasarkan rapor mutu standar, kepala sekolah melakukan validasi dan verifikasi.
  3. Apabila kepala sekolah tidak menerima hasil rapor mutu standar, kepala sekolah dapat meminta responden mengisi ulang.
  4. Setelah semua lengkap dan sesuai dengan kondisi sekolah, Kepala sekolah mengirim data PMP ke server setelah mengisi Pakta Integritas.
  5. Pengawas sekolah dapat mengisi instrumen PMP kapan saja dan dimana saja (on line atau off line) dan setelah lengkap dapat mengirim ke server setelah mengisi Pakta Integritas.
  6. Setelah semua lengkap maka Rapor Mutu Sekolah dapat dipublikasi dan digunakan untuk PMP atau lainnya.

Alur Aplikasi


  1. Sekolah mengisi instrumen PMP dan mengirim ke Aplikasi PMP Rapor Mutu\Sekolah
  2. Aplikasi Supervisi menampilkan Rapor Mutu Sekolah dan Instrumen Supervisi Mutu
  3. Pengawas melakukan Supervisi Mutu
  4. Pengawas memberi catatan permasalahan dan rekomendasi pada Aplikasi Supervisi
  5. Aplikasi PMP menampilkan catatan Pengawas pada Supervisi Mutu
Silahkan download materi PMP Dikdasmen daring 2019/2020 untuk dipelajari secara lengkapnya.

Click to comment