Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 sudah resmi dirilis, Tapi masih ada yang belum sukses saat melakukan instalasi Aplikasi Dapodik. Agar Anda sukses saat menginstal Dapodikdasmen Versi 2020 maka perhatikan beberapa hal berikut :

1. Uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnya
Pastikan bahwa proses Uninstall aplikasi dapodik versi sebelumnya benar-benar sudah besih terhapus semua folder dapodik yang berada dalam Local Disk (C:) > Program Files jika Anda melakukan unsinstall melalui Windows setting. Gunakan Ccleanner atau Your Unin-staller agar semua data dan folder terhapus dengan bersih.

2. Matikan frewall Antivirus
Jangan lupa matikan terlebih dulu frewall dan antivirus karena dapat mengakibatkan keruakan aplikasi Dapodik.

3. Setting date and time
Lihat jam dan tanggal pada laptop/PC Anda, pastikan sudah sesuai dengan pengaturan yang disesuaikan dengan aplikasi saat instalasi Dapodik.

4. Install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020
Pastikan File aplikasi Daodikdasmen yang Anda download ukurannya tidak kurang dari 75.4 MB

Masalah diatas memang hal yang sepele namun ketika tidak diperhatikan dengan baik maka akan mengakibatkan gagal saat melakukan Install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 meskipun aplikasi dapodik sudah bisa di install, saat dibuka akan terjadi rusak.
Cara Sukses Install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Informasi Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Proses pengujian Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 telah tuntas dilakukan dan saat ini dapat dirilis. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 digunakan untuk pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020.

Terdapat beberapa pembaruan yang penting pada versi baru ini, di antaranya yang signifikan yaitu perubahan dan pembaruan pada menu sarana dan prasarana dengan isian lebih terperinci pada data tanah, bangunan, data ruang, serta data alat, angkutan, dan buku.

Kemudian pada data Peserta Didik dan PTK terdapat penambahan atribut Nomor KK (Kartu Keluarga) dan NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah).

Keamanan data ditingkatkan melalui peningkatan metode keamanan pada password pengguna. Semua perubahan dan pembaruan merupakan upaya untuk menyelaraskan prosedur dan mekanisme pendataan Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 telah menggunakan database versi baru, untuk itu secara teknis Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2019.e) tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2020, akan tetapi harus melakukan install ulang terlebih dahulu. Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER (tidak ada versi UPDATER).

Selanjutnya kepada segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar segera menugaskan Operator Aplikasi untuk melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dan melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020.

Berdasaran Juknis BOS Reguler (Permendikbud No. 3 Tahun 2019) Penetapan  alokasi BOS Reguler  tiap  Sekolah  didasarkan  pada data  hasil batas  waktu  akhir pendataan (cut off) Dapodik. Data pre-cut off akan diambil pada tanggal 30 September 2019 untuk verifikasi data program BOS Reguler. Cut off Dapodik untuk program BOS Reguler akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2019.

Click to comment