Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Sebelumnya pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap program PAUD dan Dikmas dilakukan menggunakan instrumen manual yang dirasakan belum optimal. Hal ini ditandai dengan penyampaian laporan hasil monev yang tidak tepat waktu, kurang akuratnya data/informasi hasil monev yang disampaikan, kurangnya kualitas indikator kinerja kegiatan/program yang dipilih, serta format pelaporan monev yang belum mendukung ketersediaan data untuk melakukan penilaian.
Aplikasi E-MONEV DAK PAUD dan DIKMAS Melalui Handphone
Aplikasi E-Monev DAK PAUD Dikmas ini merupakan salah satu bentuk percepatan sistem teknologi informasi yang dijalankan oleh Dirjen PAUD dan Dikmas sebagai instrumen kegiatan monitoring dan monitoring terhadap lembaga atau satuan pendidikan penerima bantuan DAK PAUD dan Dikmas.

Tujuannya untuk mendapatkan data dan informasi tentang (1) ketepatan penerima, (2) ketepatan waktu penerimaan, (3) ketepatan penggunaan dana, (4) ketepatan pertanggungjawaban, dan (5) kebermanfaatan empat jenis bantuan DAK PAUD dan Dikmas, yaitu : BOP PAUD, BOP Kesetaraan, DAK Fisik TK Negeri, dan DAK Fisik SKB.

Monev DAK dilakukan merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 141 Tahun 2018, yang mengamanatkan kepada Kementerian terkait untuk melakukan monitoring dan evaluasi pengelolaan DAK di daerah.

Panduan Penggunaan E-Monev DAK PAUD dan Dikmas

Pemasangan (Instalasi Aplikasi)
1. Siapkan telepon seluler (handphone) berbasis Android.
2. Install aplikasi melalui link: http://bit.ly/allAppMonev
3. Pilih aplikasi versi terakhir (versi 2.0.4).
5. Buka aplikasi atau masuk ke halaman login.
6. Halaman dashboard menampilkan menu utama yang terdapat pada Apliaksi E-Monev DAK. Menu-menu itu terdiri dari 5 jenis menu program yaitu:
  • DAK FISIK TK NEGERI
  • DAK FISIK SKB
  • BOP PAUD
  • BOP KESETARAAN
  • SAVED
Catatan : Pada halaman login pengguna harus mengisi email dan juga password/kata sandi yang sudah terdaftar. Setiap petugas/pelaksana monev meminta password/kata sandi aplikasi dengan cara mengirimkan alamat email masing-masing kepada Tim IT.

Penggunaan Aplikasi.
Menu yang dipilih disesuaikan dengan dana DAK yang diterima. Dalam hal ini sebagai contoh akan ditampilkan penggunaan aplikasi E-Monev DAK PAUD dan Dikmas dengan menu program DAK Fisik TK Negeri dan menu SAVED.
Langkahnya :
  1. Pada halaman dashboard pilih menu “DAK Fisik TK Negeri”.
  2. Muncul field permintaan mengisi NPSN lembaga/satuan pendidikan. NPSN adalah singkatan dari Nomor Pokok Satuan Pendidikan yang dipakai untuk menentukan apakah lembaga/satuan pendidikan tersebut tepat sasaran untuk menerima DAK. Jika lembaga tidak mempunyai NPSN, maka lembaga tersebut tidak berhak/tidak tepat.
  3. Setelah memasukkan/mengetikkan NPSN lembaga, tekan SIMPAN.
  4. Setelah tombol simpan ditekan, maka akan muncul data-data dapodik lembaga tersebut, seperti: Alamat, Jumlah Peserta Didik, Jumlah Prasarana dan lain-lain. Informasi tersebut akan berguna untuk langkah-langkah selanjutnya dalam pengisian jumlah bantuan yang diterima oleh lembaga atau satuan pendidikan.
  5. Selanjutnya tekan tombol “OK”.
  6. Setelah tombol “OK” ditekan, akan muncul daftar nama responden (pendidik/PTK yang terdapat di lembaga tersebut). Pengguna atau Petugas Monev menenetukan salah satu responden. Setelah itu tekan tombol “PILIH”.
  7. Setelah tombol “Pilih” ditekan, akan muncul identitas dari responden yang dipilih.
  8. Jika responden sudah sesuai dengan yang dipilih, tekan tombol “OK”.
  9. Setelah itu tekan tombol ”SELANJUTNYA”.
  10. Setelah tombol “Selanjutnya” dipilih maka akan muncul Rencana Kegitan yang sudah terdata di dalam database lembaga/satuan. Data Rencana Kegiatan tersebut nantinya akan dibandingkan dengan kegiatan dan jumlah dana yang diterima lembaga/satuan saat ditanyakan langsung oleh petugas monev.
  11. Setelah petugas monev membaca Rencana Kegiatan, tekan tombol “OK”.
  12. Kemudian tekan tombol ”SELANJUTNYA”.
  13. Setelah tombol “Selanjutnya” dipilih maka akan muncul tampilan yang menanyakan bantuan apa saja yang diterima oleh lembaga.
  14. Isikan jenis program bantuan yang diterima dengan cara mencentang kotak di sebelah kiri jenis program yang diterima.
  15. Setelah diisi, tekan “SIMPAN”.
  16. Terus tekan “OK”.
  17. Setelah tombol “Ok” di tekan, akan muncul tampilan yang menanyakan jumlah dana yang diterima oleh TK Negeri berdasarkan jenis Rencana Kegiatan yang didapat.
  18. Isikan dana yang diterima oleh TK Negeri tersebut.
  19. Setelah terisi, tekan tombol “SIMPAN”.
  20. Setelah tombol “simpan” ditekan, akan muncul keterangan berupa perbandingan dana yang diterima oleh lembaga.
  21. Jika terjadi kekurangan/kelebihan dana yang diterima, akan muncul jumlah kelebihan atau kekurangan dana.
  22. Selanjutnya tekan tombol “OK”.
  23. Setelah tombol “Ok” ditekan, akan muncul tampilan yang menanyakan tanggal diterimanya dana bantuan oleh TK Negeri tersebut.
  24. Penerimaan dana bantuan DAK Fisik TK Negeri dilaksanakan dalam 3 tahap. Masing-masing tahap penerimaan akan dinilai ketepatan waktunya.
  25. Setelah mengisi tanggal penerimaan bantuan, tekan tombol “SIMPAN”.
  26. Setelah tombol “Simpan” ditekan, akan muncul keterangan berupa penilaian ketepatan waktu penerimaan dana bantuan di tahap 1, 2, ataupun” 3.
  27. Ketepatan waktu dinilai dengan huruf A, B, C. D, atau E.
  28. Selanjutnya tekan tombol “OK”.
  29. Setelah tombol “Ok” ditekan, akan muncul tampilan yang menanyakan jumlah dana yang telah digunakan oleh TK Negeri berdasarkan jenis Rencana Kegiatan.
  30. Isikan jumlah dana yang telah digunakan.
  31. Selanjutkan tekan “SIMPAN”.
  32. Setelah tombol “Simpan” ditekan, akan muncul keterangan tentang persentase perbandingan antara dana yang diterima dengan dana yang telah digunakan.
  33. Selanjutnya tekan tombol “OK”.
  34. Setelah tombol “Ok” ditekan, akan muncul tampilan yang menanyakan ketepatan pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan oleh satuan pendidikan.
  35. Pertanggung jawaban tersebut diukur dari adanya pencatatan penerimaan dan penggunaan dana setiap jenis program bantuan.
  36. Jika lembaga atau satuan memiliki buku pencatatan penerimaan dan penggunaan dana, maka pilih “Ya”, dan jika tidak ada maka pilih “Tidak”.
  37. Selanjutkan tekan ‘SIMPAN”.
  38. Setelah tombol “Simpan” ditekan, akan muncul keterangan ada atau tidaknya bukti pertanggungjawaban lembaga atas bantuan yang diterima.
  39. Lalu tekan tombol “OK”.
  40. Setelah tombol “Ok” ditekan, akan muncul tampilan yang menanyakan manfaat adanya bantuan DAK Fisik TK Negeri terhadap penyelenggaraan program.
  41. Isikan manfaat yang dirasakan lembaga dengan cara mencentang kotak di sebelah kiri pilihan manfaat yang disediakan.
  42. Jika terdapat manfaat yang lain, tambahkan pada kolom lainnya.
  43. Setelah diisi, tekan tombol “SIMPAN”.
  44. Setelah tombol “Simpan” ditekan. akan muncul keterangan tentang manfaat adanya DAK Fisik TK Negeri yang yang dirasakan lembaga.
  45. Selanjutnya tekan tombol “OK”.
  46. Setelah tombol “Ok” ditekan, akan muncul tampilan tentang kategori catatan yang bisa dijadikan suatu indikasi.
  47. Isikan catatan yang sesuai dengan cara mencentang kotak di sebelah kiri pilihan catatan yang disediakan.
  48. Jika terdapat catatan yang lain, dapat diisikan pada kolom catatan lainnya.
  49. Setelah terisi, tekan tombol “SIMPAN”.
  50. Setelah tombol “Simpan” ditekan, akan muncul keterangan tentang catatan sesuai hasil input dari catatan indikasi yang telah dimasukkan. Kemudian tekan “OK”.
  51. Selanjutan tekan tombol “SIMPAN”.
  52. Setelah tombol “Simpan” ditekan, akan muncul rekapitulasi dari semua data dan informasi yang telah dimasukkan oleh pengguna/petugas monev. Cek kebenaran data dan informasi yang dimasukkan dengan cara mengkaji rekapitulasi yang ada.
  53. Jika sudah tidak ada lagi yang salah, tekan tombol “KIRIM”. Untuk menyimpan dan mengirimkan data-data yang dimasukan tadi ke dalam server.
  54. Tombol “SIMPAN” digunakan untuk menyimpan data-data sementara pada handphone jika di kondisi di lapangan tidak ada atau terdapat gangguan sinyal. Data tersebut dapat dikirimkan jika telah terdapat signal yang baik.
Menu SAVED berisikan daftar-daftar lembaga yang sudah dilakukan proses monev oleh
pertugas monev, dan di simpan terlebih dahulu karena adanya kendala koneksi jaringan internet
pada handphone mereka ketika saat memasukan data pada aaplikasi. Pada menu ini petugas
juga dapat mengubah jika terjadi kesalahan saat memasukkan data saat melalukan monitoring
lembaga.

Download Panduan E-Monev DAK Paud Dikmas Lengkap dengan gambarnya

Click to comment