Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Bapak/Ibu guru silahkan login info GTK dan cek SKTP 2019//2020 triwulan 1 karena sudah diterbitkan oleh Ditjen GTK. Namun jika lembar validasi info GTK Anda sudah valid dan belum terbit SKTP maka segera lakukan pengajuan pegusulan SKTP melalui UPT/Cabang Dinas Propinsi masing-masing dengan cara cetak lembar info GTK Anda.
Info Guru Cek SKTP 2019/2020 Triwulan 1, Adakah Yang Belum Valid JJM?
Sebelumnya saya pernah menulis kapan SKTP TPG terbit yang merujuk pada Permendikbud 2019. SKTP akan diterbitkan oleh Ditjen GTK selambat-lambatnya 7 hari (bahkan bisa mundur) setelah melalui pengusulan cabang dinas Propinsi. Sebenarnya penerbitan SKTP TPG sudah dimulai pada bulan Maret, namun karena keterlambatan rilisnya pembaharuan aplikasi Dapodik versi terbarunya maka SKTP mundur beberapa bulan.

Masih ada data yang belum valid!

Meskipun sebagian sudah terbit SKTP ternyata masih ada data yang belum valid. Permasalahan ini saya lihat pada beberapa forum guru maupun operator. Diantaranya data yang belum bisa dibaca oleh info GTK adalah tugas tambahan eskul dan wali kelas, JJM non induk, JJM dan rombel guru TIK juga banyak yang bermasalah serta rombel dudi pada jurusan SMK.

Aplikasi Dapodik sekarang sudah versi 2019.e jadi pastikan bahwa Anda melakukan sinkronisasi data menggunakan Dapodik yang terbaru. Jika belum silahkan rilis patch nya agar data info GTK bisa terbaca dengan normal kembali.

Masalah kekurangan JJM pada mapel pokok masih bisa disiasati dengan ditambahkan JJM mapel lain yang serumpun dan diakui. baca linieritas mapel prodi TPG. Sementara untuk penambahan tugas tambahan Waka harus memperhatikan jumlah rombel sekolah, dibawah 6 rombel hanya 1 waka yang diakui.

Mengenai JJM non induk dalam Permendikbudnya hanya diakui 6 jam jika lebih dari 6 JJM maka data info GTK menjadi tidak valid. JJM non induk yang tidak terbaca pada sekolah induk, indikasinya kemungkinan sekolah non induk belum melakukan sinkronisasi data atau sudah melakukan sinkronisasi namun tanpa ada perubahan data.

Bagi guru yang mengambil JJM diluar sekolah induk sebaiknya juga berkoordinasi dengan operator sekolah non induk.

Ingat!. Melakukan sinkronisasi data tanpa memperbaiki data maka tidak ada data apapun yang akan terkirim ke server pusat. Jadi pastikan sebelum sinkronisasi ada perbaikan data agar dapat terbaca di info GTK. Meskipun hal ini, perbaikan data bisa dilakukan guru secara mandiri lebih baik serahkan kepada OPS agar tidak ada kesalahan data.

Tugas tambahan eskul dan wali kelas memang belum terbaca di info GTK, jika Anda melihat pada menu cek tugas tambahan maka statusnya tidak valid. Saya hanya melakukan trik kecil pada masalah tersebut dan hasilnya valid. Saya coba hapus tabel record tugas tambahan eskul yang lama kemudian saya tambah yang baru dengan memakai SK semester ganjil, lalu saya sinkron kembali dengan aplikasi Dapodik versi 2019.e dan hasilnya sudah muncul serta valid.

Mengatasi JJM dan rombel guru TIK, saya pernah tulis mengenai masalah tersebeut pada JJM Guru TIK di Dapodik 2018/2019 K-13 dan KTSP. Guru TIK tidak dihitung JJM mapel namun dihitung rasio siswa minimalnya 3 rombel dengan konversi 150 siswa. Jika konversinya kurang maka harus ditambah JJM tugas tambahan, lebih amannya 12 jam.

Nah, yang jadi masalah biasanya karena kurikulumnya masih campur antara K-13 dengan K-2006. Namun apapun kurikulumnya bisa disiaisati dengan baik asalkan perhitungan konversinya mencukupi.

4 komentar

avatar

Apakah di dapodik smp bisa menambah 2 jam wajib untuk k13? Karna kata operatorku tidak bisa. Klu bisa, mohon ptunjuknya

avatar

Jam wajib tambahan maksimal 4 jam berlaku k13 dan ktsp. untk jam langsung ditambahkan alokasi jam baru melalui tabel. untuk K13 jg bisa menggunakan rombel peminatan untuk menambah jam. Saya tidak tahu persis struktur dapodik smp.

avatar

Jika di sekolah non induk saya mengajar 10jp, apakah jika dimasukkan 10 jp membuat data tidak valid? Haruskah saya memasukkan 1 rombel aja di sekolah non induk? Terimakasih

avatar

Jam non induk maksimal 6 jp jika memakai 10 jp nanti tidak valid. Boleh 1 rombel jika memenuhi 6 jp

Click to comment