-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

SOAL HOTS SD,SMP,SMA,SMK : Pedoman penilaian, Tutorial Video Penulisan Soal
author photo
By On
Menyadur dari lama aslinya sebagai bahan informasi untuk para pendidik/guru tentang pedoman penilaian, pedoman penulisan soal, kisi-kisi yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan profesional guru dalam membuat serta mengolah penilaian.
SOAL HOTS SD,SMP,SMA,SMK : Pedoman penilaian, Tutorial Video Penulisan Soal
Berikut informasi lengkapnya.

Pedoman Penilaian Oleh Pendidik dan Modul USBN

Penilaian adalah bagian dari kurikulum. Penilaian merupakan alat evaluasi yang berfungsi sebagai gambaran ketercapaian Standar Nasional pendidikan.

Penilaian dalam kurikulum 2006 maupun 2013 memiliki cakupan yang sama untuk dinilai, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang dan terintegrasi dalam proses pembelajaran, sehingga dapat digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi untuk setiap peserta didik terhadap standar yang telah ditetapkan.

Implementasi Kurikulum 2013 berimplikasi pada model penilaian pencapaian kompetensi peserta didik yang harus dilakukan oleh pendidik.

Penilaian oleh pendidik tidak hanya berfokus pada penilaian hasil belajar, tetapi juga harus memperhatikan proses penilaian yang sifatnya lebih kualitatif untuk proses perbaikan pembelajaran baik untuk pendidik maupun untuk peserta didik.

Instrumen penilaian harus dirancang secara bervariasi sesuai tuntutan dalam kurikulum dan dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian yang tepat.

Untuk dapat mengembangkan penilaian sesuai tuntutan tersebut, maka dibutuhkan langkah-langkah perencanaan dan pengembangan instrumen penilaian yang tepat yang mengacu pada indikator-indikator pembelajaran dan kompetensi dasarnya.

Sehubungan dengan hal di atas, Puspendik–Balitbang Kemendikbud yang bergerak di bidang penilaian, menyempurnakan buku pedoman penilaian hasil belajar yang sudah dikembangkan sebelumnya, sesuai dengan kebijakan baru berkaitan dengan penilaian, sehingga secara umum buku ini dapat dijadikan acuan oleh pendidik dari sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum 2013.

Buku Pedoman Penilaian Kelas oleh Pendidik dapat di download melalui lampiran di bawah ini.
  1. Pedoman Penilaian Oleh Pendidik : https://drive.google.com/file/d/1eb7UdZzyB_5dT211Lx9S2xDOB-zxxONr
  2. Modul USBN 2018 : https://drive.google.com/file/d/1QBCbMYJ9R2zlU609_-KSbOhU4YkVC498

PEDOMAN PENULISAN SOAL SD/MI, SMP/ MTs, SMA/ MA dan SMK/ MAK

Pusat Penilaian Pendidikan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap guru atau praktisi Pendidikan dalam hal penulisan soal, telah dibuat Pedoman Penulisan Soal yang terbagi menjadi Pedoman Penulisan Soal SD/MI, Pedoman Penulisan Soal SMP/MTs, Pedoman Penulisan Soal SMA/MA dan SMK/MAK. Kunjungi link berikut untuk mendownload pedoman:
  1. Pedoman Penulisan Soal SD/MI : https://drive.google.com/file/d/1sp1-elkCwzwpQZOku93sq0ke5OFAGpI-
  2. Pedoman Penulisan Soal SMP/ MTs : https://drive.google.com/file/d/1uLuerD0wPujTWFACJBer827zbV5JUpE1
  3. Pedoman Penulisan Soal SMA/ MA dan SMK/ MAK : https://drive.google.com/file/d/1LZFRw6hDC3BfeajQtigl9iWnhTEH2wjt

VIDEO TUTORIAL PENULISAN SOAL

Penulisan Kisi-Kisi
Penulisan Soal Pilihan Ganda;
Penulisan Soal Pilihan Ganda 1
Penulisan Soal Pilihan Ganda 2
Penulisan Soal Pilihan Ganda 3
Penulisan Soal Uraian;
Penulisan Isian
Penulisan Soal HOTS
Tingkat Kognitif HOTS
Karakteristik HOTS
Contoh Soal HOTS
Dengan merujuk pada pedoman dan tutorial video secara langsung diharapkan agar lebih mempermudah kepada para pendidik di dalam membuat penilaian.

Selamat belajar semogah berkah.

Click to comment