-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Kenapa biodata siswa sudah sinkron tetapi tidak berubah di PDUN? pertanyaan ini mungkin tidak hanya untuk Anda yang berkeluh kesah dengan data siswa di PDUN tersebut, saya pun pernah merasakan hal seperti itu.
Kenapa Biodata Siswa Tidak berubah di PDUN?
Dari cerita ini mungkin nanti Anda bisa mencoba untuk mengoprek lagi biodata siswa pada Dapodik yang masih terindikasi salah dan tidak masuk ke laman PDUN.

Sebelum melakukan simulasi UNBK periode 1 yang lalu, sempat saya kehilangan satu siswa dan ternyata saya cek di Dapodik siswa tersebut memang tidak ada atau bisa dikatakan tidak sekolah sejak kelas 10.

Untungnya siswa tersebut statusnya sekolah yang menarik PD datanya diluar Dapodik, jadi tanpa pikir panjang langsung tambah peserta didik di laman datadikdasmen setelah itu coba hubungi operator dinas selang satu hari saya sinkron dapodiknya data siswa tersebut sudah masuk.

Tentu data siswa tersebut kalau di cek di laman verval PD belum masuk sehingga di laman PDUN pun data siswa masih belum ada, hal ini karena saya belum melakukan sinkron Dapodik ke server pusat.

Sebelum melakukan sinkron data siswa dari Dapodik, pastikan hal-hal berikut ini ;
  • (1) Di datadikdasmen pastikan data siswa sesuai dengan ijasah dan KK
  • (2) Pastikan data siswa di dapodik terisi dengan lengkap
  • (3) Pada menu registrasi peserta didik pilih jenis pendaftaran : siswa baru jangan pindahan atau kembali bersekolah
Jika Anda salah pilih maka saya pastikan ketika data sudah di sinkron meskipun data sudah masuk ke laman verval PD, data siswa tersebut tidak akan masuk ke laman PDUN. Saya sarankan jika siswa tersebut bukan pindahan maka pilih jenis pendaftaran siswa baru meskipun siswa tersebut dulunya masuk pada rombel kelas di bawahnya.
  • (4) Pada tanggal masuk sekolah gunakan tanggal sekolah ajaran baru (17/07/2018)
Pada kasus ini jika menggunakan tanggal yang lama mengikuti tanggal siswa masuk sebelum kelas 12 yang lalu (17/07/2016), maka data siswa tersebut juga tidak akan masuk ke laman PDUN.

Saya tidak tahu apapun alasan penyebabnya itu, dan faktanya memang seperti yang demikian.
  • (5) Isi Nopes UN, No seri Ijasah, No. SKHUN
Jangan membuat kekeliruan pada saat mengisi Nopes UN dengan format 0-00-00-00-000-000-0 jika siswa tersebut belum melampirkan ijasahnya.
  • (6) Masukkan siswa tersebut pada menu rombel pembelajaran. Pada menu anggota rombel pilih jenis pendaftaran siswa baru jangan pindahan atau kembali bersekolah, naik kelas, mengulang.
Apapun status siswa trsebut asalkan bukan siswa pindahan.

Setelah saya rasa data sudah fix kemudian saya sinkron, selang satu hari data siswa tersebut sudah masuk ke laman PDUN dan siswa tersebut bisa mengikuti simulasi UNBK.

Pada kasus yang lain, seperti siswa kelas 12 masih terdeteksi di rombel kelas 11 bagaimana perlakuannya? apakah harus di dellet atau di keluarkan?

Sebenarnya siswa tersebut tidak perlu di dellet, cukup dikeluarkan terlebih dahulu dari rombel kemudian kita ubah pada poin (3), (4) dan (6) kemudian kita sinkron kembali.

Selain kasus diatas, ada juga siswa yang ternyata salah jenis kelaminnya (L/P), siswa tersebut Perempuan tetapi berjenis kelamin Laki-laki 😂😂😂. Setelah melakukan perubahan pada Dapodik pun hasilnya tidak merubah data di PDUN,

Namun setelah melakukan verval data di laman verval PD selang satu hari data siswa tersebut di PDUN sudah berubah.

Mungkin initnya kesalahan data siswa sekecil apapun jika sudah di perbaiki di Dapodik tetapi belum berubah di PDUN maka segera lakukan verval PD.

Jika sudah melakukan sinkron tetapi ada data siswa yang hilang, untuk kasus seperti ini saya belum pernah mengalami.

Semoga dari cerita diatas bisa sedikit menjawab Kenapa Biodata Siswa Tidak berubah di PDUN? padahal sudah melakukan perbaikan di dapodik.

Update menjawab solusi mengatasi biodata siswa yang hilang dari pengalaman sesama operator yang ternyata juga berhasil mengembalikan biodata siswa tersebut.

Ternyata dengan melakukan uninstall dan install ulang aplikasi Dapodik dan registrasi secara offline bisa mengatasi masalah tersebut.

Regristrasi dapodik secara offline dibutuhkan generate prefill, jadi sebelum unsinstall pastikan data Dapodik sudah di sinkron yang terakhir kali.

Click to comment