-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Dikdasmen.kemdikbud.go.id telah merilis aplikasi RKAS online dengan Versi aplikasi : 2019. Aplikasi RKAS dikdasmen tersebut dirilis pada tanggal 17 Agustus 2018. Untuk Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10 kompatibel dengan system windows 32 bit. Namun aplikasi RKAS ini mungkin masih dalam pengembangan karena informasi yang ditampilkan pada websitenya belum sepenuhnya fix terutama pada menu-menu yang terkait dengan link aplikasi RKAS tersebut. Lihat pada FAQ : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/faq.html
RKAS Dapodikdasemen Versi 2019 E-RKAS Online
Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan SD, SMP, SMA harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). RKAS adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP.

Dari pihak Dinas pendidikan setempat sendiri belum memberikan informasi mengenai penggunaan resminya aplikasi E-RKAS online tersebut, Hal ini artinya aplikasi RKAS tersebut masih bersifat beta, mungkin yang akan terdampak untuk pertama kali menggunkan aplikasi tersbut adalah sekolah-sekolah rujukan --sebagai asumsi saja--.

Jika anda berniat untuk belajar menggunakan aplikasi RKAS versi 2019, silahkan di download dilaman resminya. Link unduhan aplikasi Installer RKAS Dapodikdasemen Versi 2019 serta data prefill nya : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download. APLIKASI VERSI 1.22 (DIRILIS TANGGAL 08-02-2019). Namun perlu anda ketahui untuk menggunaka aplikasi RKAS online tersebut anda harus mendaftar dan mendapatkan kode aktifasinya.

Untuk mendapatkan kode aktifasi aplikasi RKAS Dapodikdasemen Versi 2019 belum ada kejelasan, apakah nantinya di dapat secara langsung melalui pendaftaran online atau di dapat melalui operator Dinas setempat. Sementara untuk pendaftaran manajemen RKAS terlihat dari muka tampilannya masih berlaku untuk RKAS Dinas.

Untuk login ke RKAS : http://markas.arttech.id/user/login
Untuk Registrasi Aplikasi RKAS online : http://markas.arttech.id/user/register
Silahkan dicoba registrasi secara online, barang kali anda bisa mendapatkan kode aktifasi memlaui registrasi tersebut.

Jika sekolah Anda belum siap untuk menggunakan RKAS versi online, sekolah tetap menyusun RKAS secara offline karena merupakan buku anggaran wajib berkaitan dengan Penyusunan Laporan BOS TA 2018 dan RKAS BOS TA 2019.

Tentang Petunjuk Teknis Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan serta Pertanggungjawaban Dana Operasional Sekolah Satuan Pendidikan Dasar Negeri yang diselenggarakan oleh Kabupaten/Kota pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah diatur dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 971 – 7791 Tahun 2018 Tanggal 28 September 2018.

Anda bisa download contoh RKAS BOS dan Laporan BOS 2019 sesuaiken dengan kebutuhan anggaran sekolah Anda masing-masing.

Click to comment