Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Proses Kelulusan dan Input Data Siswa Baru Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Baru 2018/2019. Mesti ada perkembangan yang terbaru dari aplikasi Dapodikdasmen baik pada saat semester 1 maupun semester 2. Pada saat memasuki Tahun Ajaran Baru 2018/2019. Perkembangan yang baru pada aplikasi dapodik ini nantinya akan merujuk pada data siswa, dimana terjadi proses kelulusan siswa, proses kenaikan tingkat dan juga proses penerimaan siswa baru. Semua proses periodikal yang dilaksanakan tersebut juga harus diikuti dengan pemutakhiran data pada sistem pendataan Dapodik. Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen senantiasa dilakukan untuk mengakomodir adanya kebijakan, perubahan regulasi maupun perkembangan akan kebutuhan data.
Versi Baru Kelulusan & Input Data Siswa Baru di Aplikasi Dapodikdasmen 2018/2019
Mengenai pemutakhiran data siswa, saat ini tengah dilakukan pengujian Aplikasi Dapodikdasmen versi baru yang dipersiapkan untuk pemutakhiran data di Tahun Ajaran 2018/2019. Untuk memudahkan proses periodikal berupa proses meluluskan siswa Tahun Ajaran 2017/2018 (kelas 6, 9, dan 12) akan dilakukan kelulusan bersama secara otomatis oleh sistem. Untuk proses kenaikan kelas,  dan proses memasukkan data siswa baru Tahun Ajaran 2018/2019 dilakukan setelah versi baru ini dirilis.

Setelah membaca informasi dari laman Dapodikdasmen tersebut. Pemutakhiran data untuk semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018 meliputi semua komponen, baik itu sarpras, data PTK, nilai rapor UN/US dan lainnya terkecuali meluluskan siswa kelas akhir. Operator tidak usah terburu-buru untuk meluluskan siswa kelas akhir (kelas 6, 9, 12), kita hanya menunggu rilis yang terbarunya.

Yang terpenting bagi operator adalah melakukan sinkronisasi sebelum batas cutoff yang telah ditentukan. Kenapa? data prefil dari hasil sinkron terakhir akan digunakan untuk pemutakhiran data pada aplikasi dapodik dengan versi terbaru mendatang. Jika belum melakukan sinkron kemudian menginstall aplikasi dapodik versi terbarunya biasanya data akan mengalami kerusakan.

Kapan dapodik rilis terbarunya? Aplikasi Dapodikdasmen versi baru akan dirilis dalam waktu dekat ini dan akan diumumkan secara resmi pada laman: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id . Dengan dirilisnya versi baru ini sekaligus menandai mulai beroperasinya server Dapodikdasmen secara normal dan proses sinkronisasi dengan menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi baru dapat dilakukan.

Click to comment