-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Error PMP 2018.05
author photo
By On
Meskipun aplikasi PMP sudah update yang terbaru dengan versi PMP 2018.05 tetapi masih menyisakan beberapa kendala setelah aplikasi tersebut di install. Masalah tersebut seperti; Whoops, looks like something went wrong, ada juga aplikasi PMP tidak terhubung dengan Dapodik, ada juga kuesioner yang tidak bisa muncul pada salah satu menu kuesioner.

Cara mengatasi error pada aplikasi PMP versi 2018.05

Mengatasi masalah Whoops, looks like something went wrong, setelah melakukan instalasi aplikasi PMP, pada saat membuka aplikasi tersebut. Seperti tampilan dibawah ini;
Whoops, looks like something went wrong
Tampilan ttersebut terjadi karena alamat (url) nya salah. Perhatikan url yang ada pada adrres bar tertulis "localhost:1745/prosesLogin" .Pastikan bahwa alamat (url) nya sudah benar, seperti ini "localhost:1745" .

Cara mengatasinya silahkan hapus kata "/prosesLogin" kemudian tekan enter. Masalah selesai.

Mengatasi masalah aplikasi PMP tidak terhubung dengan Dapodik karena DBPORT salah, seperti terlihat pada tampilan berikut;
aplikasi PMP tidak terhubung dengan Dapodik
1. buka local Disk (c) -> buka program files (x86) -> buka folder PMP dikdasmen -> buka folder dataweb -> buka folder pmp-> buka folder app 

2. cek file bernama " dbport.config untuk mengatahui isi database port dapodik;
<?php
define ('DBPORTDAPODIK','78758');
?>
3. Buka Notepad dengan cara klik kanan "Run as administrator" setelah terbuka gunakan "Ctrl+O" untuk membuka file "dbport.config" langkahnya sama pada poin 1. Jika tidak tampil filenya lihat pada pada pojok kanan bawah ada tulisan "Text Documents (*.txt) ganti dengan pilihan All Files (',')
klik pada file "dbport.config", kemudian klik "open" silahkan ganti angka '78758' dengan angka '54532' setelah itu klik file dan save dan close.

3. Kembali ke tampilan PMP lakukan refresh. Masalah selesai.

Masalah isian kuesioner yang tidak muncul pada aplikasi PMP versi 2018.05 dikarenakan loading yang sangat berat sehingga tidak sempurna dalam meload script koesionernya, silahkan muat ulang. Jika masih belum bisa coba lakukan dengan cara tukar pengguna, kemudian klik kuesioner, pastikan bahwa kuesioner sudah fix terload semua kemudia tukar pengguna ke semula. Masalah selesai.

Jika ternyata masih belum bisa pastikan bahwa anda belum pernah melakukan konfirmasi selesai dan verifikasi kirim data dengan aplikasi lain. Jika "IYA" silahkan install ulang 😜😜😜 karena aplikasi PMP anda rusak. tidak ada masalah fix untuk aplikasi yang dikirim menggunakan aplikasi lain.

Link alternative unduhan aplikasi PMP versi 2018.05
Installer 👉 https://excellmedia.dl.sourceforge.net/project/pmp-dikdasmen/PMP%202018/pmp_2018.05.002.exe
Updater 👉 https://excellmedia.dl.sourceforge.net/project/pmp-dikdasmen/PMP%202018/pmp_updater_2018.05.003.exe

Update terbaru masalah PMP 2018.07 tidak terhubung ke dapodik 2019 (fix solusi)

Aplikasi Pemetaan Mutu PMP versi 2018.07 telah dirilis Sejak tertanggal 31 Juli 2018 yang lalu.
namun masih juga menyisahkan error, masalahnya masih sama tidak terhubung ke dapodik 2019. Untuk mengatasi masalah aplikasi PMP 2018.07 yang tidak terhubung ke dapodik bisa kita gunakan Tool Reset Dapodik User. Untuk dapat menggunakan Tool Reset Dapodik User harus sudah terinstal psqldbc dan Reset Dapodik User jika belum, Anda bisa download

Psqldbc
https://drive.google.com/open?id=1VtUvpbpvsjABDHn6_ZD5-SrC035Jjww0

Tool Reset Dapodik User
https://drive.google.com/open?id=1_bOKokg55at9p9xQZM7ObLyHaRhhx1qQ

Langkahnya
Install psqldbc sampai finish
Buka Reset dapodik user dengan klik 2 kali lalu tutup
Buka Aplikasi PMP dan Jalankan, Selamat Aplikasi PMP 2018.07 Sudah Terhubung dengan Aplikasi Dapodik 2019.

Click to comment