Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Selain melakukan persiapan infrastruktur pendaftaran (melalui SSCN), pelaksanaan seleksi administrasi hingga tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT BKN), BKN juga tengah membentuk Tim Helpdesk CPNS TA 2018 untuk mengantisipasi kendala pendaftaran CPNS 2018. Ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah melalui BKN untuk melaksanakan seleksi yang terbuka, transparan, dan kompetitif. BKN juga secara aktif memberikan layanan informasi melalui akun resmi BKN baik lewat media sosial dan website. Informasi resmi perihal pengumuman, pendaftaran, sampai proses seleksi hanya disampaikan melalui akun resmi institusi Pemerintah. Segala informasi rekrutmen CPNS TA 2018 yang tidak bersumber dari akun Pemerintah dipastikan hoax (palsu).
3 Poin Wajib Diperhatikan Saat Daftar CPNS TA 2018
3 Poin penting hasil rekapitulasi Tim Helpdesk CPNS 2017 menemukan kendala yang dihadapi pelamar CPNS TA 2017 sehingga banyak pelamar yang gagal secara administrasi dan tidak bisa mengikuti sekleksi tes SKD dan BKD.  Antisipasi agar permasalahan serupa tidak terjadi selama perhelatan CPNS tahun ini maka sebelum Anda mendaftar perhatikan dengan seksama 3 poin wajib saat melakukan daftar CPNS 2018 secara online.

1. NIK / KK tidak ditemukan

Nomor Indentitas Kependudukan (NIK)/Kartu Keluarga (KK) saat pendaftaran CPNS TA 2017 banyak yang tidak ditemukan. Mengantisipasi masalah ini, Anda harus memastikan NIK dan KK yang akan digunakan pada saat pendaftaran online lewat https://sscn.bkn.go.id terdaftar dan update dalam database Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil di pusat.

2. Salah memasukkan data.

Dari rekapitulasi pengaduan yang diterima Tim Helpdesk BKN, permasalahan ini disebabkan karena pelamar tidak mencermati dengan teliti fitur-fitur yang terdapat portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan tata cara pengisian kolom di dalamnya sehingga mengisi data yang tidak sesuai dengan apa yang diminta. Selain itu, kebanyakan pelamar terburu-buru melakukan pendaftaran, sebelum memastikan kembali kebenaran data yang diinput, padahal kesalahan input data tidak bisa diperbaiki.

3. Salah menginput dokumen pendaftaran.

Hal ini juga menjadi permasalahan yang banyak dialami pelamar tahun yang lalu. banyak pelamar yang cenderung tidak mencermati syarat/kualifikasi dan dokumen yang diminta menjadi awal terjadinya kesalahan input dokumen persyaratan. Mengantisipasi itu, Pelamar diminta memahami betul kualifikasi, syarat dan alur/mekanisme pendaftaran.

3 poin diatas harus dilakukan secara cermat saat Anda melakukan pendaftaran. Sambil menunggu pengumuman penerimaan CPNS 2018 resmi dari Kempan-RB, pastikan NIK dan KK Anda sudah terdaftar di database nasional DukCaPil.

Bagaimana cara memastikan data NIK dan KK sudah ada dalam database Nasional Dukcapil?. berikut layanan Call Center Ditjen Dukcapil Kemendagri yang bisa dihubungi.
FB = Ditjen.Dukcapil
TW = @ccdukcapil
Email = callcenter.dukcapil@gmail.com
WA = 08118005373
Lin = 08118005373

Semoga berhasil.

Click to comment