Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Cara Mengatasi Data Invalid Tunjangan Guru
Mendekati triwulan 1 pencairan tunjangan guru (TPG) momen ini merupakan sibuk-sibuknya para operator untuk mensukseskan data validasi TPP para guru yang mendapat tunjangan sertifikasi. Betapa tidak! setiap guru yang mengakses laman GTK yang mendapati datanya belum valid bisa dipastikan debar jantungnya turun naik dengan keras. Pasalnya ketika data belum dinyatakan valid maka pencairannya akan ditangguhkan pada triwulan 2 berikutnya bahkan pun tidak akan pernah dicairkan.

Alih-alih operator akan menjadi kambing hitam atas ketidak validan data tersebut. Yang terjadi operator akan di judge dengan beberapa pertanyaan yang menyesakkan. Jika hal ini terjadi operator akan semakin pusing karena juga dihadapkan dengan batas cutoff pencairan TPP triwulan 1 yang kabarnya akan segera dicairkan pada bulan april mendatang.

Jika guru menemukan datanya belum valid pada laman GTK saya rasa tidak perlu khawatir yang berlebihan. Jika Anda yakin dengan kevalidan data Anda yang di inputkan pada Dapodik maka hanya menunggu waktu saja, karena proses validasi dilakukan dari pusat dan bertahap mengingat banyaknya data yang ditampung pada server pusat. Namun sebaiknya jika data Anda pada aplikasi Dapodik belum valid maka segera lakukan validasi dan kemudian sinkron ulang.

Berbicara tentan validasi data TPP, mungkin pertanyaan umum berikut akan mewakili kegundahan hati Anda. Apasih yang menyebabkan data menjadi invalid? Padahal data di Dapodik sudah benar?.
Sudah yakin datanya benar?? coba Anda periksa lagi dengan seksama, jika yakin benar kenapa masih muncul belum vald?. Berangkat dari sebuah pengalaman ada beberapa faktor yang menyebabkan data menjadi invalid.

  1. Update aplikasi dapodik yang terbaru namun belum sinkron data terbaru.
  2. Adanya perubahan tabel pada aplikasi Dapodik. yakni tabel siswa, guru, pembelajaran, jadwal, dll.
  3. Biasanya setelah ganti semester operator tidak melakukan lanjut ke semester tetapi membuat tabel semester baru, terutama bagi operator yang baru.
  4. Seringnya melakukan sinkron karena ada perubahan pada tabel pembelajaran dan jadwal.
Selain temuan diatas mungkin masih ada beberapa kasus lagi diluar sana yang saya rasa semuanya adalah sama ujungnya menjadikan data invalid.

Bagaimana cara mengatasi data invalid tunjangan guru.

Semua laman web yang memberikan informasi seputar data pokok pendidikan pangkalnya ada di aplikasi dapodik sekolah masing-masing. Oleh karena itu setiap ada perubahan dan pembaharuan data pastikan bahwa semuanya sudah mengikuti sesuai dengan aturannya.

#Cara mengatasi tanggal sinkron yang belum berubah di info GTK.
Mustahil jika operator bisa mengatsi perubahan tanggal sinkron yang belum berubah di laman info guru. yang pasti adalah guru harus menunggu dan bersabar. Setiap kali operator melakukan sinkronisasi semua jejaknya akan terekam. Perhatikan gambar berikut;
Sudah sangat jelas bahwa perubahan tanggal sinkron di info GTK akan mengikuti setiap tanggal update sinkron di dapodik. Biasanya update Dapodik membutuhkan waktu 2x24 jam ke server pusat dari server pusat akan menditribusikan 2x24 jam ke laman info GTK, palin9 lama adalah 7 hari.

Ingat! ini hanyalah solusi yang pernah saya lakukan dan saya tidak menjamin pada data Anda akan berhasil berubah atau tidak, jika kasusnya data tetap tidak berubah maka data guru pada aplikasi dapodik tidak mengalami perubahan. Lakukan perubahan sedikit pada salah satu tabel guru tersebut namun tidak mengubah apapun. save lakukan validasi kemudian sinkron ulang.

#Cara mengatas Jjm 0 di info gtk, padahal di dapodik sudah 24 jam... Koq bisa gt ya???
JJM pada dapodik sudah mengikuti struktur tabelnya artinya tidak boleh melebihi dari JJM yang sudah ditetapkan namun boleh kurang. Seperti kasus diatas sudah dipastikan bahwa JJM melebihi batas dan dianggap tidak wajar sehingga JJM tidak linier dan tidak diakui dan kasus ini bisa berdampak pada semua jam guru. Bisa juga kerana sedang proses validasi maka tunggu saja. namun jika bukan karena itu, Solusinya atur ulang JJM lihat alokasi perminggu JJM maksimum baik seluruh mata pelajaran maupun per-mata pelajaran pada K13 dan KTSP.

Jika ada pertanyaan lainnya mengenai data belum valid pada laman info GTK silahkan komentar.

17 komentar

avatar

cara mengatasi jjm produktif melebihi batas maksimum jam perminggu pada kurikulum 2013, ini solusinya bagaimana ya pak

avatar

Misalkan jaka total dari seluruh jjm matpel maksimalnya 48 perminggu tidak boleh melebihi jjm tersbut harus ada jjm matpel yg dikurangi tapi usahakan bukan jjm guru yang sertifikasi.

avatar

Ya pak bisa dicoba cara yang diatas coba baca juga panduan jjm dapodik untuk smk. Terimakasih

avatar

Assalamualaikum, boleh saya tanya bagaimana prosedur melakukan pembetulan SK Inpassing yang salah, yaitu penulisan TMT yang salah, seharusnya tahun 2004 tetapi di SK ditulis 2012. Terimakasih

Imron

avatar

diubah pada tebel record inpassing ptk yg ada di aplikasi dapodik.lakukan sinkron ulang.

avatar

Minta tanggapannya segera mengapa data tugas tambahan tidak terbaca di dapodik terimakasih

avatar

Tugas tambahan sudah fix terbaca. Dan diakui seperti wali kelas. Pramuka. Kalab. Kapus dll. Jika belum fix masih menunggu ekuivalen.

avatar

Sy ingin bertanya jam 24sudah valid d tamba 2 jam walikelas tp status sertifikasi d nonaktifkan mohon bantuan solusix terimakasih

avatar

SUDAH VALID ITU DI DAPODIKNYA ATAU DI LEMBAR INFO GTK NYA.

KALAU SUDAH VALID DI INFO GTK NYA COBA LIHAT DATA TERBIT SKTP NYA JIKA SUDAH MAKA BIARKAN.

DI DATA DAPODIK PADA TABEL RECORDNYA SERTIFIKASI BARANGGKALI BERUBAH. COBA DI CEK.

avatar

Salam kenal semuanya..
Saya mau tanya, data guru di sekolah saya belum valid.. padahal saya sudah cek dan perbaiki di info GTK yg menyatakan mengajar tidak linier/syarat jumlah siswa tidak tercukupi..tapi pas saya cek di info GTK lagi yg sesuai tgl sinkronisasi setelah perbaikan,masih belum valid jg..kira2 saya bisa mengetahui masalah dimana lagi ya? Mohon infonya.. makasih

avatar

Di operator dinas Pak..saya juga pernah mengalami hal itu JJM di info GTK sudah 24 jam tetapi belum terbit SKTP akhirnya saya konfirmasi sama OPS dinas untuk dilihatkan bagian mana yang masih kurang valid dengan mengirim NUPTK dan anama guru tersebut dan ternyata memang kurang JJM nya di simtum masih terdeteksi 22 JJM kemudian saya rubah lagi JJM di Dapodiknya. Alhamdulillah sudah cair pak untuk guru tersebut.

avatar

Pak boleh nanya,,, sertifikasi utk 2 periode ini pak belum dibayar,,karena JJM DAN PENGISIAN LAINNYA,,tapi sudah valid sengaja pihak operator dan kepala sekolah sekongkol tidak memprint dan mengisi NUPTK,JJM nya dll,,dan mereka minta 1000.000 agar cair sertifikasi,,kemana ya ngadu ya pak atas permasalahan nya,,boleh share pak ke email saya,trims

avatar

Pengaduan Anda bisa mengunjungi laman http://ult.kemdikbud.go.id/ atau datang langsung ke kantornya baca prosedurnya

avatar

Mau tanya pak...data saya sudah benar semua tapi belum valid juga...masalahnya data tidak sesuai dgn BKN,tapi dicek semua sama.Bagaimana ya pak solusinya

avatar

Tidak sesuai dengan data BKN harus konfirmasi ke operator dinasnya pak.Mungkin ada perubahan SK. Jika dinyatakan sudah valid maka tinggal menunggu saja. Intinya harus bersabar

avatar

Bagaimana mengatasi Stattus Data dgn Kode 2 (Belum lolos verifikasi dan validasi perlu perbaikan) padahal semua ketengan sdh bercontreng tidak ada yg tanda silang dan di dapodikpun sdh sinkron..mohon pencerahannya

avatar

Bapak Braboet'z, Anda bisa lihat jumlah 7 poin status validasi, jika jumlah status validasi GTK Anda hanya menampilkan 6 poin maka Anda bisa lihat di status JJM tidak tampil, kemungkinan Anda menggunakan tugas tambahan selain waka. Artinya JJM Anda masih dalam proses validasi meskipun tidak ada tanda silang merah namun status validasi JJM Anda belum terbaca.

Saran saya gunakan JJM 24 mapel murni atau JJM 12 + Waka/kalab/kapus. jika Anda menggunakan tugas tambahan pembina kemungkinan validasinya terakhir itupun jika memenuhi syarat rasio rombel.

Click to comment