-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Bagaimana Cara Cetak sertifikat NPSN?
author photo
By On
Bagaimana Cara Cetak sertifikat NPSN?
Sertifikat NPSN sebenarnya tidak bisa dicetak langsung melalui akun lembaga satuan pendidikan atau sekolah masing-masing. Yang bisa mencetak sertifikat NPSN adalah akun lembaga pembina satuan pendidikan Kab/Kota.


Pada postingan sebelumnya admin menginformasikan bagaimana cara mengajukan NPSN bagi sekolah yang belum memiliki NPSN. Kali ini, admin akan berbagi informasi Cara cetak sertifikat NPSN melalui laman vervalsp.kemdikbud.go.id.


Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek menetapkan NPSN berdasarkan pengajuan dari Lembaga Pembina Satuan Pendidikan dan dinas pendidikan melalui mekanisme pengajuan NPSN.


Setelah NPSN diterbitkan, lembaga pembina satuan pendidikan dapat mencetak sertifikat NPSN. Sertifikat NPSN dapat dicetak melalui aplikasi VervalSP. Setelah sertifikat NPSN dicetak, lembaga pembina satuan pendidikan bisa menyerahkannya kepada satuan pendidikan.


Langkah Cetak Sertifikat NPSN

#1. Login

Lembaga pembina satuan pendidikan Kab/Kota melakukan login pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ (khusus untuk akun lembaga pembina satuan pendidikan).

#2. Pilih Menu Sertifikat 

Setelah itu, klik menu “Konten Sertifikat” dan memastikan nama Penanggung Jawab (misal kepala dinas pendidikan) telah tercantum.

#3. Unggah Logo

Usai memastikan nama Penanggung Jawab telah tercantum, lembaga pembina dapat mengunggah logo pemerintah daerah atau logo Lembaga Pembina Satuan Pendidikan dalam format file .jpg atau .png. Setelah itu, lalu klik simpan.

#4. Pilih menu rekap dan filter

Kembali ke beranda dan klik menu Rekapitulasi, kemudian pilih kecamatan. Pilih satuan pendidikan yang ada dalam kecamatan tersebut, lalu klik ikon sertifikat pada kolom paling kanan. 

#5. Unduh sertifikat NPSN 

Setelah sertifikat NPSN muncul pada laman baru, klik ikon unduh pada bagian pojok kanan atas untuk mengunduh sertifikat NPSN. File sertifikat NPSN yang diunduh akan berbentuk pdf.


Penting!. Sebagai catatan, satuan pendidikan yang belum memperbaharui SK Izin Operasional maka pada kolom sertifikat akan kosong. Maka dari itu, penting bagi satuan pendidikan untuk memperbaharui SK Izin Operasional.


Dokumen sertifikat NPSN yang telah diunduh selanjutnya dapat dicetak oleh lembaga pembina satuan pendidikan. Tak lupa untuk ditandatangani dan diberi stempel oleh penanggung jawab lembaga pembina satuan pendidikan yang bersangkutan.


Semoga informasi ini bermanfaat.

Source: https://www.instagram.com/p/Ccef88aL3Pb/?igsh=MWdkOGZjZXdid3Z1NQ==

Click to comment