-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

PD Data Emis/Non Dapodik Tidak Bisa Ditarik Ke Dapodik?
author photo
By On
PD Data Emis/Non Dapodik Tidak Bisa Ditarik Ke Dapodik?

Sampai pada saat akhir cut off Dapodik per Agustus tahun 2023 ini masih terdapat masalah di aplikasi SP.datadik manajemen Dapodik yang dikeluhkan oleh beberapa operator karena peserta didik baru yang dari Emis atau non Dapodik tidak bisa ditarik ke localhost aplikasi Dapodik.


Tentu hal tersebut menjadi masalah bagi satuan pendidikan terutama pada operator karena data yang di sinkron akan menjadi acuan penetapan penerimaan BOSP setengah satuan pendidikan sendiri belum optimal dalam melakukan sinkronisasi karena penarikan data peserta didik baru yang dari non Dapodik atau Emis tidak bisa masuk ke localhost.


Keluhan tersebut diantaranya adalah lambatnya loading aplikasi Manajemen SP.datadik dan serta ketika ada operator yang sudah berhasil mendaftarkan peserta didik baru yang dari data emis namun ketika dilakukan tarik data atau sinkronisasi data tersebut tidak masuk.


Untuk mengatasi masalah tersebut apakah ada solusinya sehingga satuan pendidikan yang terdapat kendala tersebut bisa melakukan tarik data PD Emis atau non Dapodik dan bisa melakukan sinkronisasi data.


Melalui tulisan ini admin akan berbagi pengalaman bagaimana melakukan trik tarik data dari Emis atau non Dapodik supaya masuk ke localhost.


Perlu diketahui bahwa di satuan pendidikan kami hampir 70% peserta didik baru terdaftar dari Emis atau non Dapodik dan Alhamdulillah 100% sudah berhasil melakukan beberapa kali sinkronisasi data.


Sekolah kami termasuk sekolah kecil dengan kapasitas 6 kombel yang berjumlah 142 siswa di setiap rombel-nya terisi kurang lebih 25 siswa. Pada awalnya untuk mengamankan data kami melakukan sinkronisasi pada data yang sudah ada yakni jumlah siswa kelas 11 dan 12 artinya 4 rombel kami lakukan sinkronisasi data awal tanpa membuat rombel baru untuk kelas 10.


Setelah sukses sinkronisasi pada tahap yang pertama selanjutnya kami melakukan penarikan data peserta didik baru baik yang dari Dapodik maupun yang dari Emis.


Penarikan data peserta didik baru yang dari Dapodik tidak terdapat kendala dan masalah karena semua peserta didik bisa didaftarkan dan ditarik dengan mudah masuk ke localhost Dapodik. Namun untuk peserta didik baru yang berasal dari data emis terjadi beberapa kendala pada waktu itu.


Masalahnya hampir sama dengan masalah anda yakni ketika mendaftarkan beberapa peserta didik baru dari data emis yang masuk tidak lebih dari 3 siswa saja yang bisa masuk ke localhost Dapodik.


Pernah juga sampai beberapa kali data siswa yang kami daftarkan tidak bisa masuk karena terfokus hanya pada satu satuan pendidikan saja. Untuk mengatasi hal tersebut kami lakukan pendaftaran silang data. Karena siswa yang terdaftar pada sekolah kami dari beberapa satuan pendidikan maka kami lakukan silang data yakni 1 siswa dari sekolah A dan 2 siswa dari sekolah B sehingga pendaftaran peserta didik yang dari non Dapodik atau Emis bisa masuk pada menu siswa terdaftar.


Agar peserta didik baru yang didaftarkan dari data emis bisa ditarik ke localhost Dapodik maka tandanya pastikan terlebih dahulu bahwa ketika setelah mendaftarkan peserta didik yang dari data emis kita lihat di menu "siswa terdaftar". Jika di menu siswa terdaftar tersebut ada tampilan daftar siswa yang kita daftarkan maka artinya ketika kita melakukan penarikan data, daftar siswa tersebut lah yang bisa ditarik masuk ke localhost Dapodik.


Tarik data peserta didik baru dari data emis ini hanya bisa kita lakukan 1x24 jam. Artinya setelah daftar peserta didik Baru bisa ditarik masuk ke localhost dapodik maka tunggu sampai 1 hari dan kita lakukan cara seperti sebelumnya. Yakni mendaftarkan peserta didik baru kemudian melihat di menu siswa terdaftar setelah itu kalau sudah tampil lakukan tarik data.


Selanjutnya untuk mengamankan data peserta didik, jika dirasa cukup satu rombel maka buat 1 rombel baru kemudian melakukan mapping dan sinkronisasi data terlebih dahulu. Setelah itu selanjutnya melakukan aktivitas pendaftaran dan tarik data siswa lagi untuk pemenuhan rombel selanjutnya.


Jika kita melakukan input data peserta didik baru non Dapodik maka setelah melakukan input data kita harus memastikan bahwa peserta didik baru tersebut masuk dalam menu antrian. Menu antrian peserta didik ini nanti akan hilang jika sudah disetujui oleh operator dinas. Biasanya kita menunggu 1 sampai 2 hari setelah itu kita lakukan sinkronisasi atau tarik data maka siswa tersebut akan masuk ke localhost Dapodik.


Jika masalahnya itu terjadi pada Aplikasi Manajemen SP.datadik yang loading-nya itu masih lambat maka kita harus bersabar dan terus melakukan beberapa kali reload data.


Untuk sekarang ini aplikasi SP.datadik bisa diakses dengan sangat lancar dan bisa melakukan pendaftaran beberapa peserta didik baru sekaligus dari data emis.


Mumpung masih ada waktu turn off dan mumpung hari ini aplikasi Manajemen SP.datadik sangat lancar silakan lakukan pendaftaran peserta didik baru. Semoga berhasil bisa melakukan tarik data dan sinkronisasi.

Click to comment